Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Lebih Jauh Tentang PDR, Alat Untuk Memperbaiki Body Mobil yang Penyok

Otomotif

2022-06-26

PDR (Paintless Dent Remover)

Kendaraan memang dapat memudahkan perjalanan Anda  dan keluarga untuk bepergian kemana saja. Namun ada kalanya, sulit untuk menemukan perawatan yang cocok dan baik untuk kendaraan pasca terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Contohnya saja mobil, jika sudah pernah mengalami tabrakan dan penyok, tampilan mobil akan terlihat kurang bagus. Harga jual kembali di pasaran pun akan menurun. Oleh sebab itu, jika mobil Anda  menabrak sesuatu dan menjadi penyok, Anda  perlu segera memperbaikinya di service mobil terdekat dan terpercaya bagi Anda . Namun, tahukah Anda  tentang teknik terbaru untuk memperbaiki penyok mobil yang disebut dengan PDR (Paintless Dent Remover)?

Bodi mobil seiring perkembangan zaman menjadi semakin berkualitas, namun juga semakin ringan dan semakin lentur sehingga terkadang mudah penyok. PDR ini merupakan teknik baru selain untuk memperbaiki penyok, selain ketok magic. Yuk simak informasi dari kami mengenai alat untuk memperbaiki penyok mobil  yang disebut PDR tersebut.

Apa Itu Metode PDR (Paintless Dent Remover)?

Metode PDR (Paintless Dent Remover) adalah metode baru yang digunakan pada bahan bodi mobil untuk memperbaiki penyok dalam waktu singkat tanpa harus membutuhkan pengecatan bodi yang penyok sehingga mobil tampak kembali orisinal seperti saat sebelum penyok. Alat khusus untuk teknik PDR ini berupa besi panjang dengan bentuk kepala yang berbeda-beda, disesuaikan dengan bentuk dan lokasi penyok. Alat besi tersebut nantinya akan diputar di sekitar bagian yang penyok, sehingga penyok tersebut dapat kembali ke posisi semula.

Alat ini harus digunakan dengan hati-hati karena jika diputar terlalu kencang dan terlalu kuat, maka alat tersebut dapat merusak sisi panel mobil sehingga harus diratakan kembali dengan alat kecil dengan bentuk mirip pensil untuk meminimalisir kerusakan.

Metode-metode Penggunaan Alat PDR (Paintless Dent Remover)

Teknik PDR (Paintless Dent Remover) memiliki 3 metode yaitu dengan metode urut, vakum, dan pemanasan. Ketiga metode ini tergantung dari lokasi penyok pada bodi mobil.

1. Metode Urut

Teknik urut PDR (Paintless Dent Remover) ini adalah dengan cara memasukkan alat PDR yang berupa batang besi panjang, kemudian batang besi tersebut dimasukkan melalui celah pintu, selanjutnya didorong di bagian yang rusak secara cermat agar tidak menimbulkan masalah baru. Lakukan hal tersebut hingga penyok hilang dan bentuk bodi mobil kembali seperti semula. Metode urut ini biasanya digunakan jika lokasi penyok berada di dekat pintu.

2. Metode Vakum

Metode ini biasanya digunakan untuk penyok bodi mobil di bagian pilar mobil yang tidak memiliki lubang atau celah untuk memasukkan batang besi, yang digunakan di teknik urut. Sehingga cara memperbaiki penyok dengan metode ini adalah menempelkan alat PDR ke bodi mobil yang penyok dengan bantuan lem, kemudian alat tersebut ditarik hingga bodi mobil akan kembali seperti semula.

3. Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan listrik untuk memperbaiki penyok. Alat PDR (Paintless Dent Remover) akan dipanaskan dengan cara dialiri dengan listrik, kemudian alat yang panas tersebut dimasukkan ke bagian yang penyok. Hal ini akan membuat bagian penyok tersebut memuai. Sehingga mudah untuk diperbaiki kembali seperti semula.

Baca Juga: Perbaiki Bodi Mobil Penyok Dan Keropos, Intip 5 Cara Dempul Mobil Yang Tepat

Alat PDR (Paintless Dent Remover)ini bisa dibeli dan digunakan sendiri jika Anda  yakin bisa menggunakannya dengan baik, namun karena penggunaan nya harus hati-hati maka disarankan untuk mengunjungi service center mobil terpercaya untuk memperbaikinya, agar tidak menimbulkan masalah baru. Jika Anda  memiliki mobil dengan merk Daihatsu, Anda  dapat mengunjungi Daihatsu service center di kota Anda . Jika Anda  sibuk dan tidak punya waktu datang ke dealer, teknisi kami siap mengunjungi Anda  dengan menggunakan layanan Daihatsu Mobile Service.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tiga Cara Beli Mobil Bekas dari Jepang

2020-11-26

Setiap orang memiliki selera berbeda soal mobil pilihan. Ada yang suka mobil lawas, sedan, city car, SUV, MPV sampai mobil mewah. Bahkan tak heran jika model mobil yang ada di Indonesia nggak memua

thumbnail

3 Penyebab Mobil Tidak Bisa Menyala dan Susah Distarter

2021-01-14

Kendaraan kesayangan tak bisa dinyalakan terkadang membuat sang pemilik menjadi kebingungan. Apalagi bila Anda masih awam dengan berbagai masalah yang terjadi pada mobil

thumbnail

Alat Transportasi Masa Lalu yang Sempat Digunakan di Indonesia

2021-01-05

Alat transportasi masa lalu adalah kendaraan yang pernah menjadi andalan di masanya. Setiap negara pasti punya alat transportasi masa lalunya sendiri, termasuk Indonesia

thumbnail

Komponen AC Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui!

2021-02-18

Menurut sejarahnya, AC mobil pertama kali digunakan pada 1939 oleh pabrik mobil asal Amerika, Packard. Pada saat itu, AC masih menjadi perangkat opsional dalam mobil. Se