Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Perbaiki Bodi Mobil Penyok Dan Keropos, Intip 5 Cara Dempul Mobil Yang Tepat
06 Januari 2021
cara dempul mobil

Membeli mobil bekas kerap menjadi opsi banyak orang. Pasalnya, pembelian mobil bekas dianggap lebih praktis dan cenderung lebih murah. Akan tetapi ada beberapa kekurangan dalam membeli mobil bekas. 

Salah satunya bodi mobil yang mulai keropos atau penyok. Untuk menyikapinya, simak cara dempul mobil berikut untuk kembalikan tampilannya.

1. Melakukan Pengamplasan

Langkah awal sebelum melakukan dempul mobil ialah pengamplasan. Langkah tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bodi mobil terbebas dari kotoran. 

Apabila masih ada bagian bodi mobil yang  berkarat, maka Anda perlu membersihkannya hingga mulus. Proses pendempulan tidak akan maksimal jika masih ada bagian yang tidak rata.

Periksa bagian bagian tertentu yang berpotensi terjadi gesekan. Pasalnya, penggunaan mobil yang terlalu lama dapat menyebabkan bodi terkelupas, sebagai akibat paparan sinar matahari dan hujan. 

Jika Anda menemukan lekukan pada bagian tertentu, maka Anda bisa merawatnya dengan menggunakan palu khusus sebelum diamplas.

2. Persiapkan Meni atau Basic Cat

Setelah melakukan pengamplasan dan memperbaiki permukaan tidak merata, Anda perlu menyiapkan primer atau meni terlebih dahulu. Siapkan basic cat dan thinner sebagai cara dempul mobil yang pertama. Sebagai informasi, perbandingan ideal pencampuran basic cat dan thinner adalah 1:1. 

Campuran meni dan thinner ini nantinya akan digunakan untuk mengecat bagian yang akan didempul. Jadi, usahakan untuk memilih basic cat yang berkualitas agar nanti merekat dengan sempurna. 

Perlu diingat, lakukan pengecatan meni pada bagian yang akan didempul saja. Hindari memberikan lapisan cat pada bagian yang masih baik agar tidak mengelupas.

3. Persiapkan Dempul dan Lakukan Pemolesan

Setelah mempersiapkan meni dan melakukan pengecatan, kini Anda perlu mempersiapkan dempul yang akan digunakan. Pastikan Anda mempersiapkan dempul sesuai dengan kebutuhan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah meratakan dempul dengan menggunakan alat sekrap. 

Pada tahapan ini, Anda harus bijak dan teliti dalam melakukan pendempulan. Aplikasikan dempul ke bodi mobil dengan menggunakan sekrap secara tipis tipis, cara dempul mobil ini untuk menghindari bagian yang bertekstur. 

Apabila proses pendempulan sudah selesai, maka saatnya Anda menunggu dempul dan polesan hingga kering. 

4. Pengamplasan Kembali

Jika dempul sudah benar benar kering, maka tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah pengamplasan ulang. Ratakanlah bagian bagian yang sudah diamplas hingga benar benar halus. 

Di tahapan ini, Anda bisa membuat bentuk bagian body mobil sesuai keinginan. Usahakan agar permukaan bodi mobil benar benar halus tanpa adanya tekstur kasar.

5. Ulangi Proses Pendempulan

Jika dirasa permukaan mobil sudah benar benar halus, maka langkah selanjutnya adalah mengulangi pendempulan. Perlu Anda ketahui, proses pendempulan pertama tentu akan meninggalkan bagian bagian yang belum merata. 

Oleh sebab itu, dempul ulang perlu dilakukan. Silahkan ulangi pendempulan dan tunggu hingga kering sebagai cara dempul mobil terakhir. 

Selain memperhatikan proses pendempulan seperti yang dijelaskan dalam ulasan tersebut, Anda juga harus memperhatikan pencampuran pengeras dan dempul sesuai stAndar. 

Usahakan jangan melewatkan satu langkah pun proses pendempulan. Dengan demikian, bodi mobil milik Anda akan terlihat seperti baru lagi. 

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku