Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Mengenal Tipe Kondensor AC Mobil dan Jenis Zat Pendinginnya
11 Januari 2021
tipe kondensor ac mobil

Mobil merupakan salah satu moda transportasi pribadi yang kini wajib dimiliki oleh semua keluarga. Selain memberikan kenyamanan, satu unit kendaraannya mampu menampung beberapa orang sekaligus. Salah satu kenyamanan berasal dari AC yang berhasil membuat kabin terasa sejuk dan menyegarkan. Berikut tipe kondensor AC mobil yang wajib Anda ketahui. 

1. Kondensor dengan Pendingin Air (Water Cooled Condenser)

Sesuai dengan pemberian namanya sendiri, dimana AC memanfaatkan air untuk kemudian diubah menjadi udara yang mampu memberikan kesejukan. Dengan kata lain, AC satu ini cocok digunakan di lokasi yang mudah mendapatkan air bersih. Mengapa demikian ? Sebab pipa air akan tersumbat akibat penumpukan kotoran dan kerak dari air yang digunakan. 

Jika kualitas air tidak layak digunakan, tentu saja udara sejuk yang dihasilkan tidak sehat untuk dihirup. Bahkan dalam beberapa kasus, penggunaan air kotor dapat menurunkan kinerja AC atau merusak komponen di dalamnya. Inilah alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli kendaraan yang menggunakan AC dengan water cooled condenser.

Namun bukan berarti tipe kondensor AC mobil  ini tidak menarik untuk dimiliki. Justru karena memanfaatkan bahan alami yang terjaga kualitasnya, maka seluruh penumpang bisa mendapatkan segudang kebaikan selama menghirupnya. Water Cooled Condenser umumnya digunakan untuk keperluan komersial dengan skala yang cukup besar.  

Baca Juga: Tips Supaya AC Mobil Tetap Dingin

2. Kondensor dengan Pendingin Udara (Air Cooled Condenser)

Sesuai pemberian namanya, sendiri Air Cooled Condenser memanfaatkan sebuah fan motor untuk meniupkan udara di sekitarnya. Selain disematkan pada pendingin udara kendaraan, ternyata Air Cooled Condenser juga ditemukan pada lemari es baik berukuran mini maupun yang lemari es dengan ukuran jauh besar. 

Namun yang membedakan keduanya yaitu lemari es kecil akan menggunakan kondensor statis, sedangkan lemari es lebih besar menggunakan kondensor yang dibantu fan motor. Fan motor merupakan komponen di dalam pendingin udara, yang memiliki fungsi untuk meniupkan udara di sekitarnya menuju arah kondensor.

Jumlah udara yang dialirkan cukup melimpah, maka secara otomatis kapasitas kondensor tentu lebih besar. Anda juga bisa menemukan tipe kondensor AC mobil ini di beberapa tempat seperti AC rumah tinggal, hingga lokasi dengan pengadaan air bersih sulit ditemukan atau bahkan mahal. Seiring berjalannya waktu, penggunaan Air Cooled Condenser terus meningkat. 

3. Kondensor dengan Pendingin Campuran (Evaporative Condenser)

Dilihat dari namanya saja, Anda pasti memahami bahwa Evaporative Condenser merupakan kombinasi water tower serta water cooled condenser. Sistem kerjanya cukup unik, karena kondensor satu ini akan mengeluarkan panas yang mengandung gas refrigerant. Gas panas tersebut kemudian dilepaskan ke udara dan air.

Pendingin campuran ini membuat udara menjadi sejuk serta menyegarkan. Sedangkan dalam pengoperasiannya sendiri, pompa nantinya akan mensirkulasikan air pendingin yang berasal dari water pan ke coil condenser

Dari penjelasan singkat tersebut, apakah Anda masih bingung membedakan tipe kondensor AC mobil?

Baca Juga: Perawatan Kompresor AC Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku