Logo Daihatsu
Menu

Mengetahui Penyebab Asap Mobil Bau Bensin dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2021-03-01

asap mobil

Saat menggunakan kendaraan, hal yang paling mudah diidentifikasi dari mesin adalah aroma. Ya, komponen mesin yang tertutup bodi sulit terlihat secara kasat mata sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi dari indra penciuman. Biasanya, aroma yang tercium berasal dari asap kendaraan atau komponen mesin tertentu.

Hal yang paling krusial pada komponen mesin mobil adalah sistem pembakaran. Bahan bakar yang menjadi sumber energi pada mobil akan sangat dipengaruhi oleh kualitas sistem pembakaran. Masalah pada sistem pembakaran juga akan ditandai oleh beberapa gejala berbeda, salah satunya asap mobil bau bensin yang bisa mengindikasikan masalah berikut.

Penggunaan zat aditif yang tidak sesuai

Seperti produk-produk lain yang dijual di pasaran, bahan bakar atau bensin juga dimodifikasi dengan beberapa penyesuaian. Salah satu strategi pemasaran yang dibuat adalah memberikan tambahan zat aditif. Biasanya, produk bahan bakar yang dipasarkan diklaim lebih hemat saat digunakan, lebih ramah lingkungan, dan sebagainya.

Sayangnya, tambahan zat aditif yang tidak tepat malah bisa menyebabkan proses pembakaran kurang optimal. Asap mobil bau bensin adalah salah satu indikasi yang menandai adanya masalah pada sistem pembakaran atau mesin. Jika hal tersebut terjadi, cobalah hentikan penggunaan zat aditif dan perhatikan perbedaan bau asapnya.

Masalah pada tangki bahan bakar

Bau bensin yang tercium bisa jadi bukan disebabkan dari asapnya, tapi justru dari masalah kebocoran pada tangki. Bensin memiliki aroma menyengat sehingga aromanya bisa saja tercium bersamaan dengan asap yang dibuang melalui knalpot. Indikasi ini juga bisa jadi penanda salah satu komponen pompa, selang, atau filter bahan bakar yang perlu diganti.

Karburator mobil bermasalah

Kemungkinan selanjutnya adalah kerusakan pada karburator. Biasanya, masalah kerusakan yang satu ini juga bisa teridentifikasi saat mobil sulit distarter. Masalah yang paling sering terjadi ini muncul saat campuran antara bahan bakar dan udara tidak homogen. Sebaiknya, sahabat segera melakukan pemeriksaan baut dan memastikan tidak ada bensin tumpah.

Jika penyebab kerusakan adalah kebocoran yang tidak diakibatkan oleh baut longgar, sahabat sebaiknya datang ke bengkel. Ya, kalau masalahnya sudah serius, karburator harus ditangani oleh ahlinya. Sahabat harus berhati-hati karena kesalahan membongkar tanpa memiliki keahlian khusus malah bisa mengakibatkan mobil mati total, loh.

Selang bensin mengalami kerusakan

Selain masalah pada tangki, bagian selang bahan bakar juga perlu diperhatikan. Selang yang terdapat di dalam mobil mengarah langsung pada karburator. Jika ada kebocoran yang terjadi pada selang, sahabat bisa mengatasinya dengan mengamati bekas-bekas kebocoran di lantai garasi atau carport. Indikasi ini juga bisa dilihat sambil menghidupkan mesin mobil.

Jika sahabat menemukan tanda-tanda kebocoran tersebut, tangki bahan bakar perlu dibongkar. Hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius sehingga sahabat sebaiknya membawa mobil ke bengkel. Agar kondisi mobil tetap prima, lakukan pemeriksaan berkala sehingga masalah seperti asap mobil bau bensin tidak akan muncul selama berkendara.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan jika ada aroma bensin yang tercium pada asap mobil. Karena bau bensin biasanya cukup menyengat, mungkin akan ada aroma yang tertinggal meski akar masalah sudah diatasi. Jika ingin menghilangkan bekas aromanya, sahabat bisa menyimpan bubuk kopi atau baking soda di bagian kabin agar aroma menyengat dari bahan bakar atau asap tidak terhirup dan membuat mobil tidak nyaman.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jangan Langsung Tambah Freon, Penanganan Jika AC Kurang Dingin

2022-05-06

Pada saat mengendarai mobil, pastinya AC harus dinyalakan agar tidak merasa panas dan gerah saat di dalam mobil. Namun apa jadinya jika AC kurang dingin? Pastinya kondis

thumbnail

Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol

2020-12-04

Tahukah Sahabat bahwa rem mempunyai dua sistem yaitu sistem cakram dan sistem tromol? Sesuai dengan energi yang dihasilkan oleh mesin mobil, keduanya punya sistem kerja

thumbnail

Tips Mudah Mengetahui Kualitas Kampas Rem Cakram

2022-04-07

Sistem rem pada mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk mengendalikan mobil bahkan berkaitan erat dengan menjaga keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu,

thumbnail

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

2020-12-04

Indonesia mengenal surat perjanjian jual beli mobil atau akta jual beli mobil sebagai tanda bukti yang sah terkait transaksi jual beli yang sudah dilaksanakan. Bagi Saha