Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Nggak Bakal Rugi, Ini Lho Manfaat Ganti Oli Mobil Secara Berkala
04 Januari 2021
ganti oli mobil

Ganti oli mobil merupakan langkah perawatan mobil yang perlu dilakukan rutin, agar performa mobil tetap dalam keadaan prima. Sekalipun mobil jarang digunakan atau dengan kata lain lebih banyak di garasi, bukan berarti penggantian oli bisa ditunda atau malah nggak diganti sama sekali. 

Perlu Sahabat ketahui, mengganti oli mesin ini tujuannya untuk menjaga setiap komponen yang ada pada mesin dapat bekerja optimal. Oli mobil juga memiliki masa pakai yang tak cuma bergantung pada jarak tempuh kendaraan. 

Jika oli mobil tidak diganti dalam waktu tertentu, maka bisa merusak komponen mesin karena fungsi oli mobil tidak maksimal. Dampak paling nyata, mesin mobil bisa cepat panas bahkan bagian dalam mesin kotor dan berkarat, akibatnya kerusakan fatal bisa terjadi. 

Nggak mau hal itu kejadian pada mobil kesayangan? Oleh karena itu, yuk simak ulasan berikut ini terkait manfaat rutin ganti oli mobil secara berkala. 

Mesin mobil jadi lebih bersih

Jika oli mobil tidak diganti pada jangka waktu tertentu, maka mesin mobil bisa dipenuhi endapan debu, kotoran bahkan lumpur akibat gesekan komponen mesin. Kotoran ini merupakan musuh besar mesin yang bisa merusak kinerja mesin bahkan bisa merembet ke bagian lain. 

Dengan mengganti oli mesin mobil tepat waktu, maka sisa-sisa kotoran berbahaya itu bisa terbuang dan pelumas mesin jadi lebih bersih. 

Usia pemakaian mobil jauh lebih awet 

Fungsi oli mobil adalah sebagai pelumas dan pelindung banyak komponen penting di dalam mesin. Mengganti oli secara rutin dapat dipastikan pelumasnya tetap bersih. 

Kotoran-kotoran yang bisa berisiko mengganggu kinerja partisi mesin mobil dapat diminimalisir. Berbagai masalah seperti keausan dan kerusakan pun otomatis bisa dihindari, dampaknya usia pemakaian mobil jauh lebih awet. 

Tarikan gas jadi lebih enteng 

Tanpa perawatan yang tepat, seperti rutin mengganti oli mobil, maka semua kotoran yang ada di dalam mesin mobil bisa menyebabkan gesekan antar komponen. Otomatis kerja mesin akan lebih berat dan dampaknya bisa membuat tarikan gas jadi lebih berat. 

Dengan memastikan mobil selalu memiliki oli yang baru dan bersih, maka dampak buruk gesekan bisa dikurangi dan memungkinkan mobil melaju dengan kinerja dan jarak tempuh yang lebih baik. Tarikan gas pun akan terasa lebih enteng. 

Performa mesin lebih baik, harga jual pun tinggi 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggantian oli secara rutin berdampak besar pada performa mesin. Hal itu secara tidak langsung membuat harga jual mobil lebih tinggi, lho kok bisa? 

Meskipun nilai aset mobil dari tahun ke tahun cenderung menurun, tapi jika performa mesinnya masih bandel apalagi kalau punya riwayat servis yang bagus, maka harga jualnya bisa lebih tinggi. Penggantian oli mobil secara berkala ibaratnya satu bentuk investasi untuk memastikan mobil kesayangan masih layak digunakan di tahun-tahun mendatang. 

Nggak mau kan kalau lagi BU (Butuh uang) tapi mobil dibeli orang dengan harga ala kadarnya karena kondisinya yang juga apa adanya? 

Mengurangi polusi

Oli kotor bisa memicu terjadinya penumpukkan hidrokarbon yang kemudian dilepaskan ke udara melalui knalpot. Hidrokarbon ini tergolong sebagai polusi yang bisa mencemari kualitas udara. Mengganti oli secara rutin secara langsung bisa membuat Sahabat ikut serta dalam menjaga lingkungan dari polusi. 

Demikian beberapa manfaat mengganti oli mobil secara berkala. Jika dilihat dari banyak manfaatnya, tentu harga oli yang harus dikeluarkan rutin nggak bakal bikin rugi kan kalau bisa merasakan manfaatnya? Semoga ulasan ini bermanfaat ya Sahabat! 

Penulis : Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor