Logo Daihatsu
Menu

Nggak Bakal Rugi, Ini Lho Manfaat Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Otomotif

2021-01-04

ganti oli mobil

Ganti oli mobil merupakan langkah perawatan mobil yang perlu dilakukan rutin, agar performa mobil tetap dalam keadaan prima. Sekalipun mobil jarang digunakan atau dengan kata lain lebih banyak di garasi, bukan berarti penggantian oli bisa ditunda atau malah nggak diganti sama sekali. 

Perlu Sahabat ketahui, mengganti oli mesin ini tujuannya untuk menjaga setiap komponen yang ada pada mesin dapat bekerja optimal. Oli mobil juga memiliki masa pakai yang tak cuma bergantung pada jarak tempuh kendaraan. 

Jika oli mobil tidak diganti dalam waktu tertentu, maka bisa merusak komponen mesin karena fungsi oli mobil tidak maksimal. Dampak paling nyata, mesin mobil bisa cepat panas bahkan bagian dalam mesin kotor dan berkarat, akibatnya kerusakan fatal bisa terjadi. 

Nggak mau hal itu kejadian pada mobil kesayangan? Oleh karena itu, yuk simak ulasan berikut ini terkait manfaat rutin ganti oli mobil secara berkala. 

Mesin mobil jadi lebih bersih

Jika oli mobil tidak diganti pada jangka waktu tertentu, maka mesin mobil bisa dipenuhi endapan debu, kotoran bahkan lumpur akibat gesekan komponen mesin. Kotoran ini merupakan musuh besar mesin yang bisa merusak kinerja mesin bahkan bisa merembet ke bagian lain. 

Dengan mengganti oli mesin mobil tepat waktu, maka sisa-sisa kotoran berbahaya itu bisa terbuang dan pelumas mesin jadi lebih bersih. 

Usia pemakaian mobil jauh lebih awet 

Fungsi oli mobil adalah sebagai pelumas dan pelindung banyak komponen penting di dalam mesin. Mengganti oli secara rutin dapat dipastikan pelumasnya tetap bersih. 

Kotoran-kotoran yang bisa berisiko mengganggu kinerja partisi mesin mobil dapat diminimalisir. Berbagai masalah seperti keausan dan kerusakan pun otomatis bisa dihindari, dampaknya usia pemakaian mobil jauh lebih awet. 

Tarikan gas jadi lebih enteng 

Tanpa perawatan yang tepat, seperti rutin mengganti oli mobil, maka semua kotoran yang ada di dalam mesin mobil bisa menyebabkan gesekan antar komponen. Otomatis kerja mesin akan lebih berat dan dampaknya bisa membuat tarikan gas jadi lebih berat. 

Dengan memastikan mobil selalu memiliki oli yang baru dan bersih, maka dampak buruk gesekan bisa dikurangi dan memungkinkan mobil melaju dengan kinerja dan jarak tempuh yang lebih baik. Tarikan gas pun akan terasa lebih enteng. 

Performa mesin lebih baik, harga jual pun tinggi 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggantian oli secara rutin berdampak besar pada performa mesin. Hal itu secara tidak langsung membuat harga jual mobil lebih tinggi, lho kok bisa? 

Meskipun nilai aset mobil dari tahun ke tahun cenderung menurun, tapi jika performa mesinnya masih bandel apalagi kalau punya riwayat servis yang bagus, maka harga jualnya bisa lebih tinggi. Penggantian oli mobil secara berkala ibaratnya satu bentuk investasi untuk memastikan mobil kesayangan masih layak digunakan di tahun-tahun mendatang. 

Nggak mau kan kalau lagi BU (Butuh uang) tapi mobil dibeli orang dengan harga ala kadarnya karena kondisinya yang juga apa adanya? 

Mengurangi polusi

Oli kotor bisa memicu terjadinya penumpukkan hidrokarbon yang kemudian dilepaskan ke udara melalui knalpot. Hidrokarbon ini tergolong sebagai polusi yang bisa mencemari kualitas udara. Mengganti oli secara rutin secara langsung bisa membuat Sahabat ikut serta dalam menjaga lingkungan dari polusi. 

Demikian beberapa manfaat mengganti oli mobil secara berkala. Jika dilihat dari banyak manfaatnya, tentu harga oli yang harus dikeluarkan rutin nggak bakal bikin rugi kan kalau bisa merasakan manfaatnya? Semoga ulasan ini bermanfaat ya Sahabat! 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Noken As pada Mobil, Komponen dan Cara Kerjanya

2023-10-04

Di dalam sistem kerja mesin, ada beragam komponen penting yang membantu kinerja sistem tersebut, termasuk noken as. Komponen ini dalam dunia otomotif sendiri dikenal

thumbnail

Apa Itu Kaliper? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya Pada Mobil

2023-12-20

Sistem pengereman pada suatu mobil bisa dibilang bagian dari sistem keselamatan untuk pengguna mobil. Pada sistem pengereman terbagi menjadi dua sistem yaitu sistem

thumbnail

Ketahui Sebelum Celaka, Ini Ciri Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

2021-01-07

Lazimnya, pemilik mobil bijak akan memperhatikan performa kendaraannya terutama pada komponen yang dimilikinya. Misalnya saja kom

thumbnail

Perjalanan Jogja-Semarang Berapa Jam Naik Mobil? Ketahui Rutenya!

2023-09-29

Berlibur ke Jogja, kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke kota Semarang. Sebab kota