Logo Daihatsu
Menu

Penasaran Mobil Pertama Daihatsu Seperti Apa? Yuk Intip di Sini!

Otomotif

2023-10-10

Penasaran Mobil Pertama Daihatsu Seperti Apa? Yuk Intip di Sini!

Saat ini Daihatsu bisa dibilang sebagai salah satu raksasa pabrikan mobil di Indonesia maupun di dunia. Brand yang satu ini, telah banyak meluncurkan mobil-mobil berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau sehingga banyak diminati masyarakat. 

Sebagai pecinta mobil-mobil Daihatsu, tentunya Anda penasaran dengan mobil pertama Daihatsu. Lantas seperti apakah mobil pertama ciptaan dari Daihatsu tersebut? Daripada Anda semakin penasaran, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Mobil Pertama Keluaran Daihatsu di Dunia

Mobil Pertama Daihatsu

Jika dilihat dari sejarah brand Daihatsu, brand yang satu ini awalnya tidak memproduksi mobil. Brand ini awalnya fokus pada pembuatan mesin pompa untuk pengairan wilayah persawahan. Salah satu mesin pompa yang terkenal tersebut bernama LH25. Seiring berjalannya waktu, Daihatsu berubah menjadi produsen kendaraan bermotor roda tiga yang dikenal dengan Daihatsu Tsubasa. Banyaknya minat beli terhadap Daihatsu Tsubasa, membuat Daihatsu terus berkembang hingga menciptakan mobil pertamanya yakni Daihatsu Midget di tahun 1950 di Jepang.

Mobil Pertama Keluaran Daihatsu di Indonesia

Penasaran Mobil Pertama Daihatsu Seperti Apa Yuk Intip Di Sini!

Selain menjadi mobil pertama Daihatsu yang melalang buana di dunia, Daihatsu Midget juga menjadi mobil Daihatsu pertama yang mengaspal di Indonesia. Daihatsu Midget sendiri pertama kali di rilis di Indonesia pada tahun 1962. Sejak pertama kali dirilis, mobil ini sangat menyita animo masyarakat di Indonesia sehingga mobil ini memiliki sebutan unik yakni “Bemo”. Bahkan Daihatsu Midget ini, menjadi angkutan umum ajang bergengsi pesta olahraga Asia atau Asian Games IV yang dilaksanakan di Jakarta. 

Selain bentuknya yang unik, mobil beroda tiga ini memiliki spesifikasi yang mumpuni di zamannya. Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  • Panjang bodi keseluruhan: 2.540 mm
  • Tinggi bodi keseluruhan: 1.500 mm
  • Lebar bodi keseluruhan: 1.200
  • Daya angkut: untuk dua orang dewasa, yakni satu pengemudi dan penumpang ( atau setara dengan 300 kg) 
  • Mesin: dua langkah tipe ZA dengan sistem pendingin kipas
  • Maksimal tenaga: 10 Ps
  • Maksimal kecepatan: 65 km per jam

Di Indonesia sendiri, Daihatsu Midget terdiri dari dua tipe saat pertama kali dirilis yakni tipe Midget I dan Model MP4. Setelah beberapa tahun kemudian, baru di rilis lagi tipe selanjutnya, yakni Midget II sebagai mobil beroda empat pertama Daihatsu di Indonesia. Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa Daihatsu Midget merupakan cikal bakal mobil keluaran pabrikan Daihatsu. 

Setelah Era Midget Berakhir

Setelah era Midget berakhir, Daihatsu tidak berhenti mengeluarkan mobil-mobil terbarunya. Ada beberapa mobil yang dikeluarkan di penghujung era 60-an. Mulai dari Daihatsu Fellow L37, Daihatsu Fellow Max Hartop dan Non Hartop, Fellow Buggy, Fellow Max, hingga Daihatsu Max Cuore. 

Pada tahun 1977, Daihatsu kembali mendobrak pasar mobil di Indonesia dengan mengeluarkan Daihatsu Charade. Pada masa itu, bisa dibilang mobil merupakan mobil dengan desain paling modern dari Daihatsu. Mobil ini memiliki desain klasik mirip dengan mobil yang digunakan pada film James Bond 007. 

Untuk mesin mobil ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1.000 cc dengan 3 silinder. Dengan begitu, mobil ini bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 55 Ps per 5500 RPM, dan torsi maksimal 75 Nm pada 3.200 RPM. Mobil ini bisa dibilang cikal bakal mobil hatchback Daihatsu. Tingginya performa yang tinggi pada mobil ini, membuatnya bertahan hingga awal tahun 2000. 

Di era 2000 ke atas, Daihatsu terus mengembangkan desain, serta fitur pada mobil-mobil yang mereka produksi. Hal tersebut menghasilkan dampak positif sehingga menghantarkan Daihatsu sebagai raja mobil LCGC berkualitas dengan desain dan fitur terbaik. Jika Anda berminat untuk membeli mobil baru dari Daihatsu, jangan lupa beli di dealer resmi Daihatsu terdekat untuk mendapatkan harga yang menarik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Jenis Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi

2024-01-31

Sebagai pemilik mobil sudah semestinya mengetahui apa saja kerusakan mobil yang ditanggung asuransi. Sebab tidak semua kerusakan bisa Anda klaim di asuransi. Untuk m

thumbnail

Beberapa Penyebab Air Radiator Keruh

2022-03-05

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada radiator mobil adalah adanya air radiator keruh. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang terkadang tak terdug

thumbnail

Kenali Cat Mobil yang Bagus dan Cara Menggunakannya

2023-10-30

Pergantian cuaca, serta lamanya penggunaan mobil dapat menyebabkan cat mobil menjadi kusam dan baret. Kondisi tersebut tentunya membuat mobil kurang menarik untuk di

thumbnail

Jalan Tol di Sumatera yang Sudah Mulai Dioperasikan untuk Umum

2021-03-20

Akses jalan di Indonesia terbentang melewati kontur tanah perbukitan. Kontur yang berliku membuat adanya keterbatasan pertumbuhan industri di tanah air, terutama terkait