Logo Daihatsu
Menu

5 Kelebihan Daihatsu Charade, Si Mungil yang Penuh Daya Tarik

Otomotif

2021-03-15

kelebihan charade

Saat ingin memiliki sebuah mobil, hal pertama yang dilihat adalah kelebihannya yang dibawa oleh mobil tersebut. Begitu juga saat ingin membeli mobil klasik seperti Daihatsu Charade. Melirik Daihatsu Charade tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menambah mobil klasik di garasi rumah.

Mobil mungil yang satu ini terbilang masih banyak diminati biarpun umurnya sudah lebih dari 20 tahun—bahkan ada varian yang hampir 40 tahun. Awalnya, Daihatsu tidak berminat membuat jenis sedan dalam lini mobil untuk konsumennya. Namun, semuanya berubah kala permintaan pasar akan mobil sedan hatchback sangat tinggi di Jepang dan negara Asia lainnya kala itu.

Terlebih lagi, Daihatsu Charade juga memiliki banyak varian yang dipasarkan di Indonesia. Mobil ini pertama kali masuk Indonesia pada akhir 1970-an. Kelebihan Daihatsu Charade adalah berbagai pembaruan yang terjadi seiring waktu mulai dari varian mesin turbo hingga facelift hingga awal 90-an silam. Yuk, simak kelebihan Daihatsu Charade berikut ini!

Performa mesin yang bagus

Varian awal Daihatsu Charade membawa mesin 1.000 cc dengan empat percepatan. Mesin ini tergolong masih sangat pas untuk disandingkan dengan bodi mungil dari Charade yang hanya berbobot tidak lebih dari 800 kg. Hal ini membuat mobil masih memiliki akselerasi yang baik.

Belum lagi jika memilih varian Daihatsu Charade yang memiliki mesin turbo di dalamnya. Varian yang lebih muda lagi, Daihatsu Charade Winner, malah sudah membawa mesin berkapasitas 1.300 cc dan bisa menghasilkan tenaga hingga 4.000 rpm. Pastinya, mobil yang satu itu bisa lebih kencang lagi saat dikendarai.

Irit bahan bakar

Bukan hanya performanya yang apik, mobil ini juga irit konsumsi bahan kabar. Mesin berkapasitas 1.300 cc yang dibawa oleh Daihatsu Charade Winner sudah menggunakan 4 silinder 16 garis dalam katup yang sama. Jika perawatan mesinnya masih baik, mobil klasik ini masih menjadi pilihan pada masa sekarang. Kalau hanya penggunaan normal saja, sahabat tidak perlu terlalu sering singgah di SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Perawatan yang mudah

Salah satu alasan mobil Daihatsu Charade masih bertahan hingga sekarang adalah perawatannya yang sangat mudah. Membersihkan mesin dan mengganti oli secara teratur saja sudah bisa membuat performa tetap terjaga. Bukan hanya kemudahan yang bisa didapatkan, mobil ini juga tidak akan menguras kantong. Biaya servis dan perawatannya terbilang sangat murah untuk hitungan mobil klasik.

Suku cadang yang mudah didapat

Daihatsu masih menyediakan berbagai sparepart untuk seri Charade dengan umur muda. Harga yang ditawarkan juga tergolong tidak terlalu mahal. Kelengkapan sparepart ini juga mudah didapat sehingga sahabat tidak perlu ragu jika ingin memiliki mobil ini. Cukup satu atau dua polesan saja, performa yang dibawa puluhan tahun lalu sudah bisa dirasakan kembali.

Harga terjangkau

Satu kelebihan Daihatsu Charade yang dibawa sampai sekarang adalah harganya yang sangat terjangkau. Mobil ini dibanderol dengan harga termurah sekitar Rp13—Rp15 jutaan. Biasanya, mobil dengan usia tua yang memiliki harga seperti itu. Harganya mungkin terjangkau, tapi sepertinya perlu banyak yang dilakukan untuk mendapatkan performanya kembali.

Di sisi lain, mobil Daihatsu Charade yang masih sangat terjaga memiliki harga yang lebih tinggi. Sahabat mungkin perlu merogoh kocek hingga Rp70 jutaan untuk meminangnya. Namun, mobil tersebut sudah bisa langsung digunakan tanpa perlu repot.

Itu dia kelebihan dari Daihatsu Charade yang dibawa hingga sekarang. Apakah sahabat tertarik untuk memiliki salah satu unitnya?

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membuat Bemper Mobil Sendiri

2020-12-03

Jika Sahabat ingin memiliki mobil dengan bemper sesuai selera, melakukan cara membuat

thumbnail

Jenis-Jenis Mobil di Indonesia, Yuk Ketahui Disini!

2022-09-14

Tahukah Sahabat, Apa saja jenis mobil di Indonesia? Tentunya jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan bermacam-macam. Untuk itu simak postingan ini sampai tuntas, ya!Keti

thumbnail

Begini Arti Kode Angka Pada Tutup Radiator Mobil

2022-04-07

Apakah Anda pernah mengganti tutup radiator? Ternyata tutup radiator ini perlu diganti secara berkala. Terlebih lagi saat kondisi pada klep karet atau bagiannya mengalam

thumbnail

Mengintip Fungsi Charcoal Canister Dan Cara Kerjanya

2021-02-25

Charcoal canister merupakan salah satu komponen mobil yang berkaitan erat dengan bensin. Agar mesin kendaraan roda empat Anda bisa melaju, maka bensin terlebih da