Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Penting, Ketahui Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang
31 Agustus 2021
lampu mobil kurang terang

Sistem penerangan pada mobil tak hanya sekedar digunakan sebagai hiasan saja. Melainkan lampu mobil tersebut berfungsi sebagai active safety system. Lampu mobil kurang terang dapat menimbulkan resiko kecelakaan Anda saat mengemudi.

Apalagi jika Anda mengemudi mobil di malam hari dan penerangan jalan sangat minim, tentu lampu mobil yang terang akan lebih bermanfaat untuk menjaga keselamatan Anda. Maka dari itu, penting untuk kenali penyebab lampu mobil kurang terang.

Inilah Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang

Ada beberapa jenis lampu yang bisa digunakan sebagai lampu mobil. Yang paling sering digunakan adalah jensi halogen (bohlam). Biasanya masalah yang sering terjadi pada lampu bohlam adalah filamen yang putus.

Selain itu ada jenis lampu yang sedang populer dan banyak digunakan adalah LED. Lampu LED lebih terang karena menggunakan rangkaian dioda. Akan tetapi penyebab kedua lampu tersebut menjadi redup adalah kekurangan arus listrik. Penyebab kekuragan arus listrik adalah sebagai berikut.

1. Relay lampu rusak

Relay pada lampu berfungsi sebagai jembatan arus listrik utama yang terhubung dari baterai langsung ke lampu. Pada relay ini terdapat dua rangkaian yaitu rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar dan rangkaian arus utama yang masuk ke lampu.

Rangkaian utama pada relay dapat terhubung karena saklar telah dinyalakan, sehingga lampu bisa nyala terang. Nah, masalah yang sering terjadi pada lampu yang tidak bisa menyala adalah kelonggaran kontak di dalam relay.

2. Soket lampu karatan

Karatan bisa menjadi hambatan yang menyebabkan lampu mobil kurang terang. Seperti halnya pada air, jika pada selang terdapat hambatan maka volume air yang keluar jadi lebih sedikit.

Pada lampu, soket yang mengalami karatan dapat menurunkan tegangan yang masuk ke lampu. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan penerangan lampu jadi kurang maksimal.

3. Soket lampu meleleh

Soket lampu yang meleleh menjadi penyebab lampu mobil kurang terang. Lelehan di area soket ini menjadi penghambat aliran listrik yang masuk ke lampu.

Penyebab soket lampu bisa meleleh bisa diawali dengan soket yang kurang masuk ke dalam terminal lampu. Sehingga terjadi loncatan elektron dari dua konduktor yang memiliki gap.

Akibat loncatan elektron yang meninggalkan panas, melelehkan area soket yang terbuat dari bahan plastik.

4. Aki lemah

Aki yang lemah menandakan bahwa tegangan yang dihasilkan juga akan lemah. Tak hanya lampu, kelistrikas yang dihasilkan kurang maksimal. 

Seperti misalnya pada proses starting dan klakson yang ikut melemah. Kondisi seperti ini sering terjadi pada mobil yang mati. Akan tetapi jika mobil sudah dinyalakan maka alternator sanggup menyuplai kebutuhan arus listrik.

5. Mika lampu kusam

Kaca lampu atau mika lampu dalam kondisi masih baru biasanya masih sangat bening. Berbeda jika kaca lampu sudah dipakai selama tiga tahun, kondisinya akan terlihat kusam dan bahkan buram.

Dengan kondisi seperti itu maka cahaya yang dihasilkan lampu tidak akan terang secara maksimal. Anda bisa membersihkan kotoran pada kaca lampu agar lebih bersih. Namun untuk membuka kaca lampu membutuhkan alat khusus karena biasanya terpasang cukup kuat.

Nah, itulah berbagai penyebab lampu mobil kurang terang. Segera ganti lampu mobil jika penerangannya sudah tidak maksimal. Tentunya keselamatan Anda saat mengemudi menjadi prioritas utama.

Jika Anda ingin mobil dengan kualitas terbaik dan penerangan yang maksimal, Anda bisa beli mobil dari Daihatsu. Kunjungi website kami, Daihatsu, untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Anda yang ingin memiliki kendaraan dengan lampu mobil yang cukup terang, pastikan untuk membeli produk mobil dari Daihatsu. Yuk, berkendara nyaman dengan produk kami!

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor