Logo Daihatsu
Menu

Pentingnya Fitur Intermittent pada Wiper Mobil, Ini Fungsinya!

Otomotif

2023-07-31

Pentingnya Fitur Intermittent pada Wiper Mobil, Ini Fungsinya!

Bicara mengemudikan mobil ketika musim hujan, tentu tidak terlepas dengan komponen bernama wiper. Komponen ini berfungsi membersihkan cucuran air hujan serta kotoran yang menempel pada kaca mobil sehingga jarak pandang pengendara tidak terganggu meski hujan. Pada wiper sendiri terdapat fitur penting yaitu intermittent. Fitur ini ditandai dengan kode INT yang terletak pada tombol atau tuas wiper. Lantas intermittent pada wiper berfungsi untuk apa? Mengapa fungsinya begitu penting? Yuk ketahui jawabannya dengan memperhatikan ulasan di bawah ini.

Mengapa Fitur Intermittent pada Wiper Mobil Begitu Penting? 

Sebelum mengulas seberapa penting fitur intermittent pada wiper mobil, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu sejarahnya fitur tersebut terlebih dahulu. Fitur intermittent pada wiper mobil diciptakan pada tahun 1963 oleh Robert Kearns. Penemuan tersebut terjadi, akibat Robert Kearns kesal mematikan dan menyalakan wiper secara terus-menerus ketika mengendarai mobil pada musim hujan. Kekesalan Robert Kearns tersebut membuahkan hasil yang positif, sehingga pabrikan mobil di Prancis memproduksi penemuannya secara besar-besaran di tahun 1970. 

Dengan adanya fitur intermittent berfungsi untuk para pengemudi mobil dapat mengontrol sapuan atau gerakan wiper sesuai dengan intensitas air hujan pada kaca mobil. Jadi, pengemudi bisa memilih jeda waktu sapuan wiper terhadap kaca mobil sesuai kebutuhan secara otomatis. Apakah menggunakan jeda waktu 6 detik sekali, 4 detik sekali, 2 detik sekali, atau hanya satu kali sapuan. 

Faktor efisiensi penggunaan dari fitur tersebut, menjadi alasan utama mengapa fitur ini penting digunakan oleh para pengemudi. Dan menjadi alasan utama, mengapa hingga saat ini fitur tersebut digunakan oleh semua pabrikan mobil. 

Baca Juga : 5 Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Wiper Mobil dan Cara Mengatasinya

Fungsi Fitur Intermittent pada Wiper Mobil 

Ada beberapa fungsi dari intermittent pada wiper mobil yang perlu diketahui. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Menyesuaikan sapuan wiper dengan intensitas hujan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari fitur intermittent pada wiper mobil untuk menyesuaikan sapuan wiper pada kaca mobil dengan intensitas hujan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot memainkan tombol atau tuas wiper ketika gerimis atau hujan melanda. Anda bisa mengatur jeda sapuan wiper dengan intensitas hujan yang turun. Apakah Anda ingin menyapu kaca mobil setiap 4 detik sekali, 6 detik, ataupun 2 detik sekali.

2. Menjadi lebih fokus

Penggunaan fitur intermittent pada wiper, dapat membuat pengemudi lebih fokus ketika mengemudikan mobil pada musim hujan. Pengemudi hanya perlu mengubah mode atau jeda sapuan wiper sesekali saja ketika intensitas hujan ringan menjadi tinggi. Jika intensitas hujan tidak berubah, pengemudi tidak perlu mengubah mode atau jeda sapuan. Dengan begitu, pengendara menjadi lebih fokus karena tidak repot memainkan tombol atau tuas wiper.

3. Berkendara menjadi lebih nyaman

Selain lebih fokus, kenyamanan berkendara juga akan bertambah ketika hujan. Pengemudi dapat mengatur jeda sapuan sesuai kebutuhan. Jika gerimis, Anda bisa mengatur sapuan wiper 6 detik sekali paling lambat. Jika hujan deras, Anda bisa mengatur sapuan wiper paling lambat 2 detik sekali. Dengan begitu jarak pandang berkendara Anda tidak terganggu, sehingga kenyamanan dan keselamatan Anda juga terjamin. 

4. Memperpanjang usia keausan wiper

Fitur intermittent juga dapat memperpanjang usia keausan wiper karena wiper digerakkan secara otomatis sesuai intensitas hujan. Jadi ketika gerimis, wiper tidak bekerja keras layaknya ketika hujan deras. 

Mengingat fungsi fitur intermittent dan wiper yang begitu penting bagi keselamatan pengemudi. Sebaiknya, Anda selalu cek kondisi komponen tersebut. Apabila bermasalah, segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Buruk Memposisikan Tuas di D Saat Mobil Matic Berhenti

2022-01-10

Memposisikan tuas di D saat berhenti pada mobil matic, masih menjadi perdebatan, apakah memang memperburuk mobil atau tidak.Bagi pemilik mobil matic pasti mengetahui bahwa persneling mobil m

thumbnail

Cara Mengurangi Emisi Gas Buang

2021-03-01

Emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin.

thumbnail

Cara Membuat Dudukan Ban Serep pada Mobil dengan Mudah

2023-01-02

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat dudukan ban serep pada mobil. Padahal ban serep ini penting digunakan. Apalagi ketika Anda sedang melakukan per

thumbnail

Perbedaan Strobo dan Rotator Pada Kendaraan

2021-01-12

Warna lampu ternyata memiliki arti tersendiri pada kendaraan khusus, termasuk strobo dan rotator. Penggunaan lampu tersebut sengaja dibedakan untuk penanda kendaraan yan