Logo Daihatsu
Menu

10 Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas & Mengatasinya

Otomotif

2022-09-23

10 Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas & Mengatasinya

Bicara pengalaman berkendara, pasti ada pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, seperti mobil hilang tenaga saat digas.

Hampir semua pengemudi mobil pernah merasakan momen ini. Bagi Anda yang sudah memiliki banyak pengalaman menyetir mungkin hal ini bukan menjadi masalah yang besar.

Namun, jika Anda masih baru belajar menyetir, mungkin Anda akan panik jika hal tersebut terjadi pada Anda. Lantas kenapa tenaga mobil berkurang saat di gas? Simak penyebabnya dibawah ini!

Baca Juga : Awas! Kenali Penyebab Mobil Brebet Saat Di Gas Beserta Solusinya

Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas

Berikut beberapa penyebab mobil tiba-tiba hilang tenaga saat digas dan cara mengatasinya. 

1. Pemakaian BBM yang Salah

Pemakaian BBM tanpa memperhatikan nilai oktan bahan bakar dapat mengganggu kinerja mobil, sehingga sering menjadi penyebab utama mobil hilang tenaga saat digas . Terutama jika Anda menggunakan BBM dengan nilai oktan yang terlalu rendah.

Penggunaan BBM dengan oktan rendah membuat proses pembakaran dalam mesin kurang optimal terutama jika mobil termasuk mobil keluaran tahun terbaru.

2. Busi yang Kotor Hingga Aus

Kenapa mobil hilang tenaga saat tanjakan? Penyebab utamanya adalah busi yang kotor dan aus. Seperti yang Anda ketahui, busi memiliki peranan penting dalam sistem pengapian mobil.

Oleh karena itu, komponen ini tidak boleh kotor atau aus, untuk menghasilkan percikan api yang sempurna dalam sistem pembakaran mesin. Busi yang aus atau kotor dapat mengakibatkan mobil hilang tenaga saat tanjakan karena percikan api busi gagal di produksi.

3. Ring Piston Rusak

Kerusakan pada ring piston mobil dapat menyebabkan kebocoran pada kompresi mesin. Hal tersebut membuat oli masuk ke dalam ruang bakar, dan membuat ruang silinder menjadi kering. Kondisi ini dapat menyebabkan gesekan besar dan menyebabkan mobil hilang tenaga saat di gas.

4. Blok Silinder Rusak

Blok silinder yang rusak atau aus dapat membuat mobil hilang tenaga layaknya ring piston aus. Tidak adanya proses pelumasan blok silinder yang sempurna dapat merusak komponen ini lebih cepat dari standar masa aus blok silinder.

5. Kebocoran Klep

Kenapa mobil di gas tidak ada tenaga? penyebab berikutnya karena terjadi kebocoran klep. Klep memiliki fungsi utama sebagai tempat masuk bensin dan udara, serta menjadi pintu pembuangan emisi gas. Jika komponen ini mengalami kebocoran, otomatis mobil akan sulit menanjak meski digas.

6. Kerusakan di Sekitar Area Switch Transmisi

Anda pengguna mobil matic dan sering mengalami tiba tiba hilang tenaga? Ketika Anda menggunakan mobil matic, maka salah satu penyebab mobil kehilangan tenaga saat digas adalah adanya kerusakan pada tuas transmisi.

7. Overloud

Penyebab mobil hilang tenaga saat digas selanjutnya karena overloud atau kelebihan muatan pada mobil. Hal ini tentu saja membuat beban kerja mesin semakin berat. 

8. Overheat

Mesin mobil yang overheat (terlalu panas) dapat membuat mobil kehilangan tenaga saat digas, khususnya pada mobil matic.

9. Penyumbatan Filter Udara

Filter udara yang tersumbat akibat banyaknya debu dan kotoran yang menempel dapat mengganggu kinerja mesin hingga mobil tak lagi bertenaga.

10. Filter Bahan Bakar Tersumbat

Adanya endapan kotoran dan partikel yang menumpuk pada filter bahan bakar dapat menyebabkan sumbatan. Hal ini membuat kinerja mesin mobil tidak maksimal.

Cara Mengatasi Mobil Hilang Tenaga Saat Digas

Apa yang harus dilakukan jika mesin mobil kurang bertenaga? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah mobil hilang tenaga meski sudah digas:

  1. Menggunakan BBM dengan kandungan oktan tinggi sesuai dengan standar mobil.
  2. Mengganti beberapa komponen yang aus atau bermasalah seperti busi, ring piston, klep, blok silinder, atau tuas transmisi mobil dengan komponen baru yang orisinil dan berkualitas seperti onderdil asli Daihatsu. 
  3. Rutin membersihkan bagian filter udara dan filter bahan bakar.
  4. Memastikan mobil tidak overheat atau overloud saat digunakan.
  5. Rutin mengecek kondisi mobil dan melakukan servis mobil secara berkala di bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat.

Baca Juga : 3 Penyebab Ketidakstabilannya Standar RPM Mobil Injeksi

Demikian pembahasan mengenai penyebab mobil hilang tenaga saat digas beserta cara mengatasinya. Semoga ulasan di atas bermanfaat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal ABS & EBD Sebagai Fitur Keselamatan Penting pada Kendaraan

2022-09-23

Fitur keselamatan pada mobil terus dikembangkan. Penelitian dilakukan untuk menemukan terobosan baru yang lebih baik dan menjanjikan. Salah satunya adalah piranti keselamatan canggih melalui rem AB

thumbnail

Cara Memilih Ban dengan Benar

2022-09-23

Sahabat, mobil kamu tidak mungkin bisa berjalan tanpa ban. Ban adalah salah satu faktor penting yang bisa membawa kamu naik mobil ke mana-mana, lho. Makanya, kalau ban m

thumbnail

Kendaraan Ogah Jalan? Ini Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

2022-09-23

Tatkala mengemudikan kendaraan, pastinya kondisi gigi persneling mobil akan masuk. Namun bagaimana jika kondisi persneling tidak bisa masuk? Tentunya akan hal ini nantin