Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Munculnya Karat di Pompa Radiator Mobil

Otomotif

2022-05-22

karat di pompa radiator mobil

Salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi penting adalah pompa radiator. Fungsi utamanya adalah untuk mensirkulasi air radiator agar berjalan dengan baik. Namun semakin berumur mobil yang Anda miliki, memungkinkan munculnya karat di pompa radiator mobil Anda. Hal ini memang menjadi keresahan bagi pemilik mobil.

Apabila pompa radiator mobil berkarat, sudah bisa dipastikan kinerjanya akan semakin berkurang. Bahkan jika dibiarkan saja, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Agar hal ini bisa dihindari. Anda perlu mencari tahu apa penyebab pompa radiator pada mobil Anda menjadi berkarat.

Inilah info selengkapnya dari kami!

Waspada Munculnya Karat di Pompa Radiator Mobil

Pompa radiator di setiap mobil membantu mengalirkan cairan dari reservoir ke radiator dan nantinya akan dialirkan ke mesin. Proses sirkulas ini bisa berjalan dengan baik apabila pompa radiator tidak berkarat. Nantinya karat yang ada pada pompa radiator bisa menimbulkan masalah kerusakan.

Kerusakan seperti ini dapat berimbas pada panas mesin yang berlebihan. Ini terjadi karena aliran coolant pada radiator tidak dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, air yang seharusnya aka didinginkan pada radiator suhunya tidak dapat semakin menurun. Untuk itu jangan sampai pompa radiator mobil Anda berkarat.

Penyebab dari karat di pompa radiator mobil Anda ternyata berasal dari air yang ada pada radiator itu sendiri. Pada dasarnya setiap pompa radiator telah dilapisi dengan lapisan anti karat. Namun lama-kelamaan lapisan ini bisa semakin menurun kemampuannya dan menyebabkan timbulnya karat.

Pompa radiator yang terbuat dari besi ini dapat berkarat seiring waktu. Apalagi jika pompa radiatornya tidak pernah Anda rawat dengan baik. Sudah bisa dipastikan proses pengaratan ini bisa berjalan lebih cepat. Jika dibiarkan saja, kerusakan pada komponen mobil Anda bisa saja terjadi.

Untuk mengetahui pompa radiator yang mengalami karatan, Anda bisa langsung mengeceknya. Karat akan terlihat semakin jelas saat Anda membuka bagian pompa radiatornya. Jika dibiarkan begitu saja, karat yang mulanya sedikit bisa semakin banyak. Hal ini lama-kelamaan dapat merusak pompa radiator mobil Anda sendiri.

Anda tidak perlu merasa khawatir, kini masalah karat di pompa radiator mobil bisa diatasi. Air pada radiator harus sering diganti. Anda harus menguras air radiator secara berkala agar menghindari karatan. Jika Anda malas melakukan hal ini, bisa dipastikan karat pada radiator mobil Anda akan muncul semakin banyak.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengganti air radiator dengan kualitas yang baik. Jangan lupa juga untuk menguras air radiator dan diganti dengan yang baru setiap 40.000 km.  Apabila hal ini Anda lakukan secara rutin, maka proses pengaratan bisa berjalan dengan lambat. Nantinya Anda bisa menggunakan kendaraan dengan normal seperti biasanya.

Itulah penyebab munculnya karat di pompa radiator mobil Anda. Tidak lain karena air yang ada di pompa radiator itu sendiri. Agar karat tidak semakin banyak, maka rajinlah menguras dan mengganti air radiator. Jangan anggap sepele hal ini, karena dampaknya tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan pompa radiator sja, melainkan juga komponen mobil lainnya.

Anda menyukai ulasan mengenai otomotif seperti ini? Ingin mendapatkan informasi menarik dan terupdate lainnya? Langsung saja kunjungi halaman lain website kami untuk mendapatkan berbagai informasi seputar otomotif yang juga bermanfaat. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda dan selamat untuk mencobanya.


Tag

Otomotif

Share This