Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Stang Piston Mobil Bisa Bengkok

Otomotif

2022-05-22

Penyebab Stang Piston Mobil Bengkok

Stang piston atau disebut dengan connecting rod pada setiap kendaraan memiliki fungsi yang penting. Memiliki fungsi sebagai lengan untuk mengubah gaya naik turun menjadi gaya putar. Kemudian juga berfungsi sebagai penghubung piston dengan crankshaft. Setiap komponen kendaraan memungkinkan mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut juga bisa berlaku pada komponen stang piston. Umumnya kerusakan yang dialami adalah stang piston yang membengkok. Apakah Anda sudah mengetahui penyebab stang piston mobil bengkok? Ada berbagai penyebab tertentu yang bisa membuat stang piston bengkok dan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Apa Saja Penyebab stang Piston Mobil Bengkok?

stang piston yang membengkok pada mobil tidak terjadi begitu saja tanpa adanya penyebab. Penyebab stang piston mobil bengkok tidak hanya karena satu hal tertentu saja, melainkan banyak faktor penyebabnya. Sebelum mengetahui penyebabnya, Anda harus mengetahui pertanda dari stang piston yang membengkok.

Umumnya, stang piston bengkok ditandai dengan keluarnya suara yang berisik dan tidak normal. Jika sudah begini, Anda harus mengecek stang piston tersebut dan cari tahu penyebabnya. Berikut penyebab mengapa stang piston bisa mengalami bengkok.

1. Mesin yang Overheat

Siapa ternyata mesin yang mengalami overheat menjadi penyebab stang mobil bisa bengkok. Hal ini bisa terjadi karena suhu yang terlalu panas pada mesin dapat membuat stang piston menjadi memuai. Jika memuai seperti ini memungkinkan dapat memberi efek melengkung dan menjadi bengkok.

Pada umumnya mesin yang overheat ini dapat terjadi karena beberapa faktor tertentu. Seperti karena kehabisan oli mesin maupun oli mesin yang masih kurang. Tidak hanya itu saja, penyebab overheat pada mesin juga bisa terjadi karena kekurangan air radiator. Bahkan kehabisan air radiator juga bisa menyebabkan stang piston berubah dan menjadi bengkok.

2. Terjadi Water Hammer

Kondisi water hammer bisa terjadi karena air yang masuk ke dalam ruang pembakaran hingga ke sistem pelumasan pada mobil. Keadaan water hammer ini ternyata bisa membuat stang piston mobil Anda menjadi bengkok. Adanya dorongan air yang berlebihan inilah mampu membuat stang piston bengkok.

Air yang masuk melalui celah seperti knalpot, air tersebut mampu menjangkau hingga mesin mobil.  Dengan begitu memungkinkan stang piston mengalami perubahan bentuk. Jika sudah mengalami water hammer, bisa dipastikan akan mengalami dampak berupa penurunan tenaga mesin mobil Anda. Bahkan bisa membuat meisn kendaraan menjadi jebol.

Air yang masuk ke dalam mesin bisa juga menyebabkan mesin tidak mau menyala. Apabila hal ini terjadi pada mobil Anda, maka segera menghubungi tukang bengkel. Jika tidak diatasi dengan cepat, mungkin saja mesin mobil Anda menjadi lebih parah. Jangan memaksakan diri untuk memperbaikinya apabila tidak mengetahui seluk beluk mengenai mesin pada mobil.

Apabila Anda melakukan hal tersebut, bisa saja kerusakan semakin parah karena tindakan yang Anda lakukan belum tentu benar. Lebih baik jika langsung diperbaiki oleh orang yang sudah ahli dalam memperbaiki stang piston yang bengkok.

Agar kerusakan tidak terjadi, pastinya hindari berbagai macam penyebab stang piston mobil bengkok. Jangan lupa untuk selalu merawat dengan baik stang piston pada mobil Anda. dengan begitu, mobil Anda bisa tetap dikendarai dengan nyaman dan aman.

Perbanyak wawasan mengenai dunia otomotif, dengan cara selalu membaca ulasan mengenai otomotif. Dapatkan banyak informasi yang bermanfaat dan terupdate setiap waktunya dengan cara mengunjungi  website kami. Adanya ulasan ini semoga bermanfaat untuk Anda.


Tag

Otomotif

Share This