Logo Daihatsu
Menu

Persiapan Mudik Membawa Bayi agar Selama Perjalanan Lebih Nyaman

Otomotif

2020-12-15

persiapan mudik membawa bayi

Persiapan mudik membawa bayi merupakan satu hal yang perlu diperhitungkan matang agar si kecil betah selama perjalanan. Tak cuma faktor kenyamanan saja yang perlu diperhatikan, tapi juga keselamatan. 

Setidaknya ada beberapa tips menyiapkan perjalanan mudik saat membawa bayi. Tips di bawah ini cocok diterapkan bagi Sahabat yang hendak membawa mobil sendiri untuk pulang ke kampung halaman. Agar lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Cek kondisi mobil 

Sebelum berangkat ke kampung halaman, pastikan kendaraan sudah diperiksa dan tidak bermasalah. Lebih baik cek kondisi mobil secara keseluruhan mulai dari mesin mobil, kondisi rem, kopling untuk transmisi manual, hingga sistem kelistrikan yang bisa memengaruhi berbagai fitur lain selama perjalanan. 

Pastikan AC juga dalam kondisi baik. Hal ini bisa memengaruhi kenyamanan bayi selama perjalanan. Tak jarang bayi jadi rewel saat mobil terasa gerah. Hal ini dapat merepotkan penumpang lain hingga  mengalihkan fokus pengemudi. 

2. Wajib bawa camilan 

Selama perjalanan mudik sepertinya wajib untuk membawa camilan yang disukai si kecil. Seperti kita tahu, bayi akan lebih mudah bosan. Membawa camilan kesukaan si kecil bisa jadi cara ampuh mengusir kebosanan. 

Sebaiknya hindari membelinya di jalan, karena jelas camilan yang dibawa dari rumah jauh lebih bersih, sehat dan tentunya hemat. Berikan camilan itu di saat bayi mulai rewel tanpa sebab. 

Sahabat bisa menyiapkan camilan berupa buah seperti apel, anggur atau jeruk yang lebih awet jika disimpan pada wadah khusus. Makanan berupa rice crackers atau roti isi juga disarankan karena lebih praktis dan mengenyangkan. 

3. Cegah bayi mabuk perjalanan 

Tak cuma anak-anak usia 2 sampai 12 tahun, bayi juga bisa merasakan mabuk perjalanan. Kondisi ini sering disebut dengan motion sickness yang merupakan gangguan kesehatan pada bayi saat menempuh perjalanan panjang. 

Sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi bayi, sirkulasi udara pada kendaraan, hindari menghibur bayi dengan gadget selama perjalanan serta mendengarkan musik cukup membantu mencegah bayi mabuk perjalanan. 

 4. Siapkan perlengkapan bayi 

Perlengkapan yang dibutuhkan bayi selama perjalanan mudik sepertinya akan lebih banyak daripada pergi liburan biasa. Bayi butuh barang yang mendukung kenyamanan serta diperlukan tips khusus biar mengemasnya jadi lebih ringkas. 

Setidaknya beberapa perlengkapan tambahan yang dibutuhkan bayi selama mudik adalah sebagai berikut; 

- Popok dan alas diaper sekali pakai 

- Kantong plastik untuk mengemas barang dan pakaian kotor

- Selimut 

- Tisu kering dan basah 

- Botol susu lebih banyak (Karena tidak mungkin mencuci dot yang sudah dipakai selama perjalanan) 

- Losion bayi agar kulitnya tidak kering 

- Mainan favorit si kecil

- P3K

- Pakaian yang nyaman dan menyerap keringat 

5. Car seat

Saat mudik bersama bayi, keselamatan bayi penting untuk diutamakan. Pastikan bayi bisa duduk tenang dan nyaman di car seat. Pentingnya penggunaan car seat ini masih sering dipandang sebelah mata, padahal fungsinya amat penting menjaga keselamatan bayi selama perjalanan. 

Seperti kita tahu, selama perjalanan setiap penumpang diwajibkan memakai seat belt termasuk bayi (yang sudah bisa duduk tegak). Pilihlah car seat yang alasnya empuk dan kuat, bisa menopang tubuh dan leher si kecil. pastikan pula seat belt pada car seatnya berfungsi dengan baik. 

Menggunakan car seat untuk dudukan bayi juga bisa membuat mudik terasa jadi lebih ringkas dan praktis. Tangan dan paha jadi nggak pegal kalau terus-terusan menggendong atau memangku bayi selama perjalanan. 

Demikian beberapa persiapan mudik membawa bayi agar perjalanan lebih nyaman, aman dan menyenangkan. Semoga membantu! 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ketahui Kekentalan Oli Power Steering yang Bagus, Simak di Sini!

2023-11-17

Kekentalan oli power steering sangat berperan penting terhadap kenyamanan berkendara karena memudahkan kendali kemudi mobil. Oleh karena itu, setiap pemilik mobil wa

thumbnail

Bagaimana Posisi Jarum Temperatur Mobil yang Normal? Yuk Cek!

2023-09-29

Mengetahui posisi jarum temperatur mobil yang normal merupakan hal yang wajib diketahui pemilik mobil. Dengan begitu, permasalahan mobil seperti kebocoran sistem pen

thumbnail

Dengan MiFi Sahabat Bisa Pasang WiFi di Mobil

2021-02-19

Di zaman sekarang ini, internet menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Internet bisa berfungsi sebagai sarana hiburan, memesan makanan, penyedia akomodasi, bahkan ke

thumbnail

Apakah Mobil Penyok Bisa Diperbaiki? Berikut Penjelasannya!

2021-01-20

Apakah mobil penyok bisa diperbaiki adalah pertanyaan yang mungkin ada di benak Sahabat. Terutama, jika ada bagian mobil yang mengalami penyok. Entah karena terbentur at