Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Punya Usaha Bengkel? Wajib Punya Alat Pembuka Ban Mobil
21 November 2020
alat pembuka ban mobil

Membuka atau melepaskan ban mobil bukanlah satu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan alat bantu khusus yang sering disebut tire changer agar proses mengganti ban mobil jadi ini jadi lebih cepat dan praktis. 

Alat pembuka ban mobil ini merupakan salah satu aset berharga jika Sahabat tengah menggeluti bisnis bengkel. Alat ini sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat membuka ban mobil secara efisien. 

Baca juga: Merk Ban Mobil Terbaik

Dengan adanya tire changer, proses membuka ban mobil bakal mempercepat mekanik bengkel dalam membuka ban mobil. Coba bayangkan jika proses membuka ban saja memakan waktu lama, pelanggan harus menunggu berapa jam sampai mobilnya beres dibenahi? 

Jika Sahabat tengah menggeluti bisnis bengkel, pasti nggak mau kan bengkelnya dicap lelet? Oleh karena itu, memiliki alat pembuka ban mobil tampaknya wajib diperhitungkan. 

Kelebihan dari tire changer 

Selain dapat membuka ban dengan cepat dan efisien. Ada beberapa kelebihan jika Sahabat investasi ke alat pembuka ban mobil. 

1. Pengait ban yang aman agar saat proses penggantian ban mobil tidak ada yang sobek. 

2. Alat pembuka ban mobil ini bisa digunakan untuk mengganti ban dalam, velg, hingga ban lama. 

3. Harga yang relatif terjangkau.

4. Memiliki fitur yang cukup beragam. 

Saat ini, bukan hal sulit untuk menemukan alat pembuka ban baik di toko sparepart sampai toko online. Bahkan merek dan harganya pun bervariasi. Tapi perlu diketahui, biasanya jenis tire changer itu ada dua, yaitu tire changer manual dan mesin. Apa bedanya? 

Alat pembuka ban mobil manual 

Biasanya tire changer ini didesain khusus serta tidak merusak cat. Alat ini terbilang praktis dan efektif untuk bongkar pasang ban mobil mulai dari ukuran ring 15-21 inchi. 

Alat pembuka ban mobil manual juga cenderung lebih hemat karena bisa digunakan tanpa listrik dan angin kompresor. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sistem manual menggunakan dua atau tiga pedal. 

Pedal-pedal itu memiliki fungsi kontrol klem untuk membuka dan memasang velg mobil. Setelah pedal diinjak, maka piston pneumatik menggerakan keempat klem menjadi satu atau terpisah secara bersamaan. Alat ini memiliki kontrol putaran roda mobil saat hendak dibuka atau dipasang serta tiang press ban mobil. Dalam penggunaannya, alat pembuka ban mobil manual ini perlu dua besi panjang atau disebut alat pencongkel ban. 

Mesin pembuka ban mobil 

Kehadiran alat ini menjadi pertanda akan kemajuan teknologi di industri otomotif. Memang, mesin pembuka ban mobil bukan satu hal yang baru, tapi fungsinya jauh lebih efisien dalam membuka hingga memasang ban mobil ketimbang manual. 

Cara kerjanya cukup berbeda dengan alat pembuka ban mobil manual karena menggunakan prinsip pneumatik, butuh listrik dan kompresor udara biar fungsinya maksimal. 

Prinsip pneumatik merupakan sistem penggerak yang memanfaatkan tekanan udara sebagai tenaga penggeraknya. Sistem pneumatik bisa dikatakan mirip sistem hidrolik, yang bikin beda hanya tenaga penggeraknya saja. Jika hidrolik menggunakan oli sebagai penggerak, lain hal dengan pneumatik yang memanfaatkan tekanan udara.

Keuntungan dari mesin pembuka ban mobil ini adalah lebih praktis. Sehingga saat digunakan tidak terlalu memerlukan tenaga mekanik yang kuat. Begitu mesin dinyalakan, maka proses penggantian ban lebih cepat ketimbang yang manual. 

Bicara soal harga dari mesin pengganti ban sendiri cukup bervariasi tergantung spesifikasi, fitur dan mereknya. Dari banyaknya pilihan, Sahabat hanya tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.

Penulis: Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku