Logo Daihatsu
Menu

Rem Mobil Bunyi Mendesis? Mungkin Ini Sebabnya!

Otomotif

2020-11-17

rem mobil bunyi mendesis

Rem mobil bunyi mendesis adalah salah satu masalah yang lazim dialami pada rem mobil. Jangan sampai menyepelekan masalah ini saat menimpa mobil Sahabat. Sebab, hal itu bisa menimbulkan sejumlah dampak negatif. Entah itu berupa rem yang rusak, atau kecelakaan lalu lintas.

Rem mobil bunyi mendesis sendiri tidak terjadi begitu saja. Pasti ada sebab yang melatarbelakanginya. Lalu, apa yang menjadi penyebab dari rem mobil bunyi mendesis?

Cakram dan Tromol yang Tidak Merata

Penyebab pertama dari rem mobil bunyi mendesis adalah cakram dan tromol yang tidak merata. Penyebab ini biasanya muncul akibat cakram dan tromol yang terlalu sering bergesekan.

Cakram dan tromol yang tidak rata akan menimbulkan mobil bergetar saat hendak direm. Selain bergetar, rem juga akan mengeluarkan bunyi mendesis saat dipakai.

Untuk mengatasi hal ini, Sahabat bisa membubut cakram dan tromol tersebut. Itu pun jika kondisinya tidak terlalu parah. Kalau kondisinya parah, Sahabat harus membawanya ke bengkel resmi.

Sistem Rem yang Macet

Sistem pengereman yang macet adalah penyebab lainnya. Penyebab ini biasanya muncul akibat piston pada rem mengalami kerusakan. Bila dibiarkan, hal itu bisa bikin kampas tak bisa menekan dengan baik, serta tentu saja menimbulkan bunyi mendesis. Hal itu juga bikin mobil terasa berat saat di rem, karena piston susah kembali ke posisi semula. 

Rem yang Kotor

Selain macet, rem yang kotor juga bikin mobil mengeluarkan bunyi mendesis.Rem yang kotor sendiri muncul dari berbagai sebab. Entah itu karena terkena air hujan, debu, ataupun kotoran.

Bila dibiarkan saja, rem tersebut akan mengeluarkan bunyi yang lebih keras. Untuk mengatasinya, Sahabat bisa membersihkan rem secara rutin dengan cairan khusus. Bila kondisinya cukup parah, tak ada salahnya untuk membawa mobil Sahabat ke bengkel resmi.

Tetesan Oli Saat Pengereman Berlangsung

Tak jarang, oli pada mobil menetes saat kita hendak melakukan pengereman. Oli tersebut biasanya akan menetes di bagian kampas dan disc brake. Jika dibiarkan, hal itu bisa bikin rem menimbulkan bunyi mendesis, serta mengganggu kenyamanan saat mengerem mobil.

Cara mengatasinya sendiri tidaklah sulit. Sahabat hanya perlu melakukan pengecekan oli secara rutin agar oli tidak lagi menetes, serta tidak merembes ke bagian lain.

Booster Pada Rem Mengalami Bocor Angin

Booster rem adalah bagian rem yang berfungsi untuk meringankan tenaga injak pada kaki saat menginjak pedal rem. Booster rem sendiri menggunakan kevakuman udara yang terhubung langsung dengan mesin mobil.

Akan sangat berbahaya bila kevakuman tersebut mengalami bocor angin. Selain bikin rem bunyi mendesis, hal itu juga bakal bikin pedal rem terasa berat saat diinjak. Tak jarang, pedal rem jadi susah diinjak saat hal itu terjadi.

Jangan memaksakan diri untuk menginjak rem saat hal itu terjadi. Selain tak akan menghilangkan bunyi mendesis pada rem, memaksakan diri juga bakal merusak pedal rem mobil Sahabat. Segeralah bawa ke bengkel atau memanggil ahli mekanik untuk mengatasinya.

Rem mobil bunyi mendesis adalah salah satu masalah yang lazim dialami pada rem mobil. Jangan sampai menyepelekan masalah ini saat menimpa mobil Sahabat. Sebab, hal itu bisa menimbulkan sejumlah dampak negatif. Entah itu berupa rem yang rusak, atau kecelakaan lalu lintas.

Rem mobil bunyi mendesis sendiri tidak terjadi begitu saja. Pasti ada sebab yang melatarbelakanginya. Enam penyebab di atas adalah di antaranya. Dengan mengetahui sebab-sebab itu, semoga Sahabat bisa lebih paham dan mawas diri saat rem mulai mengeluarkan bunyi mendesis.

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Jenis Mobil LCGC? Simak Rekomendasi Terbaik dari Daihatsu

2023-10-06

Jenis mobil LCGC memang digandrungi oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Bahkan, mobil jenis ini sudah menjadi program dari pemerintah RI. Meski begitu

thumbnail

Cara Mengenakan Sabuk Pengaman Mobil Yang Dengan Benar

2020-12-07

Prosedur berkendara kendaraan roda empat diberikan untuk menjaga dan menjamin keselamatan pengendara. Salah satunya adalah mengenakan safety belt atau seat bel

thumbnail

Yuk, Simak Cara Memperbaiki Solenoid yang Rusak dengan Mudah

2021-01-14

Setiap komponen yang ada di mesin sangat vital bagi kinerja kendaraan roda empat. Salah satu bagian penting yaitu komponen karburator. Pada karburator sendiri terdapat k

thumbnail

Daftar Produk untuk Mengkilapkan Cat Mobil yang Bisa Sahabat Pilih

2021-01-06

Produk untuk mengkilapkan cat mobil adalah barang yang mesti Sahabat punya, jika mau menjaga cat mobil Sahabat. Kebetulan, sekarang sudah banyak produk semacam itu di pa