Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Serba-Serbi Oli Mobil, Mulai dari Jenis hingga Beberapa Rekomendasinya
21 November 2020
oli mobil

Oli mobil merupakan salah satu komponen penting dalam suatu mobil. Ada banyak fungsi oli pada suatu mobil. Melumas, melindungi, dan membersihkan mesin adalah beberapa di antaranya.

Oli mobil sendiri memiliki beragam jenis. Jenis-jenis oli itu akan kami sajikan di artikel ini. Tak hanya jenis, kami juga akan bagikan beberapa informasi lainnya yang terkait oli mobil. Semua itu bisa Sahabat simak sebagai berikut!

Jenis-Jenis Oli Mobil

Seperti yang dibahas sebelumnya, kalau oli mobil punya berbagai macam jenis. Adapun jenis-jenis oli mobil itu adalah:

Oli Mesin

Ini adalah jenis oli mobil yang paling populer di khalayak umum. Fungsi utama oli mesin sendiri adalah merawat dan menambah usia mesin mobil. Oli mesin sendiri terbagi lagi ke dalam tiga jenis, yakni oli full sintetik, oli semi sintetik, dan oli mineral.

Oli full sintetik merupakan oli yang murni dibuat oleh bahan-bahan sintetik. Sedangkan oli semi sintetik adalah oli yang bahan utamanya adalah sintetik dan mineral. Adapun oli mineral adalah oli yang bahan utamanya adalah mineral.

Oli Rem

Dari namanya saja sudah jelas kalau oli dipakai untuk komponen rem mobil. Oli ini membantu cakram pada rem menghasilkan jepitan maksimal saat proses pengereman berlangsung.

Oli ini biasanya lazim diganti setiap dua atau tiga tahun sekali, agar oli tidak menimbulkan dampak negatif ke rem mobil, Oli rem yang layak diganti sendiri punya ciri berupa warnanya yang coklat ataupun hitam. Warna tersebut biasanya muncul karena oli terlalu lama dipakai, serta bercampur dengan kotoran.

Oli Transmisi

Kalau yang satu ini lazim dipakai pada bagian transmisi mobil. Entah yang manual maupun matic. Fungsi oli ini adalah membantu transmisi gigi pada mobil, serta merawat komponen pada transmisi mobil.

Oli transmisi punya masa pakai yang lebih lama dibanding oli rem dan mesin. Makat tak heran, bila penggantian oli ini tergolong jarang dilakukan. Walau jarang, Sahabat harus mengganti jenis oli ini secara rutin, agar transmisi mobil tetap berfungsi.

Oli Power Steering

Setir mobil atau power steering pun punya olinya sendiri, yaitu oli power steering. Jenis oli ini sangat membantu Sahabat dalam menggunakan setir mobil. Setir yang diberi jenis oli ini akan terasa ringan saat digunakan.

Oli power steering yang bagus biasanya memiliki warna agak oranye atau agak sedikit merah muda. Kalau warnanya sudah mulai coklat atau menghitam, itu tandanya oli mesti segera diganti. Oli satu ini hanya bisa Sahabat pakai untuk jenis setir mobil non elektrik.

Oli Gardan

Jenis oli yang terakhir ini lazim dipakai pada bagian gigi gardan. Dengan oli ini, gigi gardan akan berputar secara mulus. Selain untuk gigi gardan, oli ini juga membantu meringankan beban kerja mesin dan transmisi yang terhubung dengan gigi gardan.

Oli ini harus rajin diganti saat mobil telah mencapai jarak tempuh 10.000 km - 20.000 km. Adapun tanda kalau oli ini wajib diganti adalah bunyi mendengung yang muncul pada mobil.

Tips Memilih Oli Mobil

Memilih oli mobil tak bisa sembarangan. Sahabat tentu tak ingin ‘kan mendapatkan oli mobil yang tak sesuai keinginan? Ada beberapa tips yang bisa Sahabat pakai saat hendak memilih sebuah oli. Terlepas apa pun jenis olinya. Tips-tips itu adalah:

Pilih Oli yang Telah Tersertifikasi

Tips pertama yang bisa diikuti adalah memilih oli berdasarkan sertifikasinya. Pastikan untuk memilih oli yang tersertifikasi dari sejumlah lembaga resmi. Semisal API, ILSAC, dan ACEA.

Oli yang tersertifikasi di lembaga resmi sudah punya kualitas terjamin. Sahabat pun jadi tak perlu khawatir saat menggunakannya.

Pilih Oli dengan Kekentalan yang Baik dan Sesuai Jenis Mobil

Tips kedua ini berlaku saat tengah membeli oli mesin. Oli mesin yang baik punya tingkat kekentalan yang stabil. Semakin stabil kekentalan oli, maka oli akan semakin mampu memberikan performa terbaik untuk mesin, serta mampu lebih tahan akan suhu tinggi.

Setiap jenis mobil punya kebutuhannya sendiri soal kekentalan mesin. Mobil diesel misalnya. Mobil satu ini sangat membutuhkan oli yang sangat kental. Beda halnya dengan mobil generasi baru yang lebih membutuhkan oli yang lebih encer atau cair.

Pilih Saja Oli yang Sesuai dengan Rekomendasi Pabrik

Kalau tak mau terlalu pusing, Sahabat bisa memilih oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. Caranya, Sahabat tinggal membuka manual book dari mobil milik Sahabat.

Di sana, biasanya terdapat berbagai rekomendasi oli yang cocok dengan mobil milik Sahabat. Terlepas apa pun jenis olinya. Memilih oli sesuai rekomendasi pabrik akan membuat Sahabat lebih tenang. Pasalnya, pihak pabrik pasti sudah tahu apa yang terbaik untuk mobil buatannya.

Rekomendasi Oli Mobil yang Berkualitas

Sebelum ditutup, kami akan memberikan beberapa rekomendasi oli mobil yang bagus, serta layak dicoba. Khusus di artikel ini, kami hanya akan memberikan rekomendasi oli mesin saja.

Sebab, mesin adalah komponen paling krusial dalam suatu mobil, sehingga perlu dirawat dengan oli mesin yang berkualitas.

Setidaknya ada tiga merk oli mobil berkualitas yang bisa Sahabat beli. Adapun ketiga merk oli tersebut bisa disimak sebagai berikut!

Castrol Magnatec SAE 10W-40

Rekomendasi yang pertama adalah Castrol Magnatec SAE 10W-40. Oli keluaran Castrol ini mampu melindungi mesin sampai ke sisi-sisi yang sulit dijangkau. Oli ini bisa melindungi mesin dalam waktu yang lama, karena mengandung sintetik murni.

Sintetik murni sendiri mampu menempel pada mesin dalam cukup lama, sehingga mampu melindungi mesin selama apa pun. Rekomendasi oli mobil ini sudah tersertifikasi oleh SAE, sehingga Sahabat tak usah meragukannya. Oli mobil ini bisa Sahabat dapatkan dengan kocek Rp 360 ribu.

Fastron Gold SAE 4L

Kalau yang satu ini merupakan oli dari Pertamina. Oli satu ini memiliki nano guard yang mampu menempel di mesin, serta melindunginya. Persis seperti oli sebelumnya.

Mobil jenis apa pun cocok dengan oli ini. Entah itu mobil standar maupun premium. Dibanding oli sebelumnya, harga oli ini cukup mahal. Sahabat harus mengeluarkan kocek hingga Rp 400 ribu untuk bisa mendapatkan manfaat dari oli mobil ini.

Eneos CVT Fluid Asia 1L

Kalau mau oli yang agak murah, oli mobil ini cocok untuk Sahabat. Dengan kocek Rp 150 ribu, Sahabat bisa mendapatkan manfaat dari oli satu ini. Oli ini sangat cocok dipakai untuk mobil dengan sistem transmisi CVT Metal Belt.

Demikianlah artikel soal serba-serbi oli mobil ini. Mulai dari jenis, tips, hingga beberapa rekomendasinya. Semoga bermanfaat untuk Sahabat yang ingin lebih mengenal berbagai macam jenis oli, atau ingin tahu apa saja oli yang layak dibeli. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor