Logo Daihatsu
Menu

Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas? Ini Penyebab & Solusinya

Otomotif

2022-10-24

Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas? Ini Penyebab & Solusinya

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan suara mesin mobil kasar saat di gas. Umumnya, hal ini erat kaitannya dengan AC, oli, serta komponen mesin lain. Biasanya suara ini terdengar seperti suara gesekan logam.

Bahkan, ketika mobil sudah dijalankan, suara berisik ini tetap terdengar ketika menginjak pedal gas. Bila hal seperti ini terjadi, pastikan segera mencari tahu penyebabnya kemudian melakukan perbaikan.

6 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas

Berkendara dengan suara mobil yang kasar tentu menjadi tidak nyaman. Berikut penyebab kasarnya suara mobil ketika di gas beserta dengan solusinya, antara lain:

1. Kompresor AC

Penyebab suara mesin mobil kasar saat di saat pertama kali dinyalakan bahkan saat mobil sudah berjalan dapat disebabkan karena kompresor AC yang bermasalah dan terlalu banyak kotoran atau kurang oli. Suara kasar ini akan terdengar sangat nyaring ketika mobil dinyalakan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan pembersihan atau flushing kompresor. Bila komponen sudah dibersihkan tetapi masih terdengar suara yang kasar, Anda dapat kembali mengecek karena bisa jadi terdapat komponen yang harus diganti. 

Baca Juga : 10 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek & Solusinya

2. Oli Mesin

Masalah lain yang menjadi penyebab kasarnya suara mobil ketika di gas adalah volume oli yang kurang, atau kualitas oli yang buruk. Untuk mengeceknya, Anda dapat mengecek dari dipstick tangki oli. 

Langkah ini juga dapat digunakan untuk mengecek kualitas oli. Tentu saja oli berkualitas memiliki warna yang bening, sedangkan oli yang memiliki kualitas buruk, memiliki warna kecokelatan dan menghitam karena kotoran telah tercampur dengan oli. 

Umumnya, suara mesin mobil kasar saat di gas ini juga dapat disebabkan karena masalah katup. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak. 

3. Pompa Oli Mesin

Masih erat kaitannya dengan oli. Bila kondisi oli masih dalam keadaan bagus, penyebab suara kasar bisa disebabkan karena pompa yang bermasalah. Cara kerja pompa oli ialah memompa dari saringan bawah ke semua komponen mesin. 

Pompa yang bermasalah umumnya tidak dapat mengalirkan oli ke seluruh komponen dalam mesin. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengecek komponen ini. Bila terdapat kerusakan, komponen harus segera diganti. 

4. Sabuk Kendaraan

Jangan salah, sabuk kendaraan juga bisa menjadi akar penyebab dari suara kasar pada mesin mobil. Sabuk kendaraan merupakan tali kipas penghubung antara satu pull dengan pull lain. 

Umumnya, masalah yang terjadi disebabkan karena sumbatan debu, ukuran yang tidak pas dan tali kipas yang kering. Jika tali kipas kering atau memiliki ukuran yang kurang pas, suaranya akan terdengar seperti decitan. 

5. Pembakaran yang Tidak Sempurna

Masalah pembakaran tidak sempurna juga dapat menimbulkan suara ngelitik dan membuat suara mesin menjadi kasar. Untuk memperbaiki suara kasar karena tidak sempurna, Anda harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan nilai oktan serta sesuai dengan anjuran pabrik. 

Baca Juga : Daftar Nilai Oktan Bahan Bakar yang Ada di Indonesia

6. Adanya Celah pada Katup Mesin

Penyebab lain suara mesin mobil menjadi kasar adalah adanya celah pada katup mesin. Celah katup seharusnya tidak begitu rapat dan tidak begitu renggang. Tetapi, jika sering digunakan, celah katup akan longgar.

Bila berbagai cara di atas tidak dapat mengatasi suara mobil kasar saat di gas, Anda dapat segera membawa kendaraan ke bengkel resmi.

Pastikan membawa mobil Anda ke bengkel resmi Daihatsu untuk memperoleh penanganan yang lebih lanjut. Dikerjakan oleh mekanik profesional, seluruh masalah pada mobil Anda akan terselesaikan dengan baik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Arti dan Kode Ukuran Velg Mobil

2021-01-05

Ukuran velg mobil adalah perhitungan yang bisa dijadikan referensi saat memilih velg hingga mobil yang cocok. Ukurannya harus pas atau sesuai agar velg mobil yang baru s

thumbnail

Manfaat Pasang Peredam di Pintu Mobil Saat Modifikasi Audio

2022-02-28

Peredam audio di dalam mobil memang sangat penting untuk mengurangi kebisingan sehingga suasana kabin menjadi lebih senyap. Dengan adanya peredam audio di pintu mobil, t

thumbnail

Jenis Pajak yang Disetorkan untuk Jasa Sewa Mobil

2021-03-12

Peluang bisnis jasa sewa mobil memang cukup m

thumbnail

Yuk Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

2023-12-15

Ingin membeli kendaraan pribadi guna penuhi kebutuhan mobilisasi? Hal ini bisa saja Anda lakukan sesuai keinginan. Namun apakah Anda tahu, bahwa setiap kendaraan yang A