Logo Daihatsu
Menu

10 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek & Solusinya

Otomotif

2022-08-10

mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek

Hampir semua orang pasti pernah merasakan pengalaman mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek, terutama pada saat mobil terlalu lama diparkir. Hal tersebut biasanya baru akan Anda sadari ketika mobil akan di starter.

Sebelum distarter dan ketika kunci mobil dalam posisi ON seakan-akan tidak terjadi masalah karena bagian lampu indikator masih menyala terang.

Namun, ketika distarter maka lampu indikator akan meredup dan keluar bunyi tek-tek. Jika Anda juga pernah mengalami masalah ini, berikut ini adalah penyebab dan solusi dari masalah tersebut.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek-tek

Baik mobil manual maupun mobil matic pasti pernah mengalami mobil tidak bisa distarter, tapi lampu masih menyala.

Sebenarnya apa yang penyebabnya? Ada 10 penyebab kenapa mobil tiba-tiba tidak bisa distarter dan bunyi tek-tek. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Kondisi Aki Mobil Mulai Tekor

Penyebab mobil tidak menyala dan susah distarter hingga mengeluarkan bunyi tek-tek diakibatkan karena kondisi aki mobil mulai tekor.

Biasanya aki mobil terasa tidak kuat untuk starter. Aki tekor disebabkan karena setrum di dalam aki sudah berkurang atau bahkan habis. 

2. Korosi Pada Busi

Ketika Anda mengalami mobil tidak bisa distarter tapi aki mobil masih bagus, biasanya ada masalah dalam busi mobil Anda.

Busi merupakan komponen mobil yang berperan sebagai komponen pengapian pada mesin mobil dan berfungsi untuk membakar bahan bakar dan udara melalui kinerja piston untuk menyalakan mobil.

Apabila busi sudah korosi maka akan menghambat proses pengapian mesin sehingga sulit distarter.

3. Dinamo Starter dan Relay Bermasalah

Dinamo starter mobil merupakan komponen yang pertama kali berfungsi sebagai pemutar mesin agar mudah menghidupkan mesin ketika distarter.

Sedangkan, relay starter mobil berfungsi menyalakan dinamo. Sehingga apabila dinamo starter mulai lemah dan bermasalah maka mobil tidak bisa distarter meski mesin mobil sudah panas.

4. Timing Belt Bermasalah

Timing belt merupakan alat yang berfungsi menjaga jarak katup dan piston sehingga tidak saling bersentuhan. Jika timing belt bermasalah maka mobil tidak akan bisa distarter dan keluar bunyi kasar.

5. Alternator Rusak

Kenapa mobil terkadang tidak bisa distarter? Ini bisa diakibatkan karena alternator rusak.

Alternator memiliki fungsi sebagai alat pengisi setrum aki untuk memenuhi kebutuhan sumber listrik pada saat kondisi mesin mobil hidup. 

6. Oli Belum Naik

Penyebab lainnya karena disebabkan oleh oli yang belum naik ke mesin sehingga bagian atas mesin kering dan mesin tidak bisa berjalan secara optimal. 

7. Dinamo Starter Longgar

Kenapa dinamo starter mobil bisa rusak? Hal ini karena dinamo starter yang longgar. Maka dari itu pastikan dinamo starter sudah pas dan tidak longgar.

Fungsi dinamo starter ini sebagai penggerak keempat piston di dalam mesin mobil. Apabila dinamo longgar maka bisa menyebabkan bunyi tek-tek saat mobil dihidupkan. 

8. Gigi Pinion Motor Starter 

Perlu Anda ketahui, bahwa sistem starter tidak akan luput dari keberadaan komponen gigi pinion. Pada dasarnya, komponen ini adalah roda gigi kecil yang terpasang di antara flywheel dan dinamo starter. 

Fungsi dari gigi pinion ini adalah menautkan roda gigi pada flywheel dan dinamo starter. Sehingga kedua komponen tersebut akan berputar berbarengan. 

Umumnya, masalah yang terjadi adalah roda gigi pinion ini mengalami aus dan rusak. Sehingga tidak bisa membantu menautkan dinamo dan flywheel

Hal ini menyebabkan perputaran dinamo dan flywheel tidak berjalan normal dan hasilkan suara tek tek.

9. Oli Yang Belum Naik 

Mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek ternyata juga disebabkan oli yang masih belum naik, atau belum masuk ke dalam mesin. 

Permasalahan dengan oli ini juga bisa terjadi karena bagian atas mesin tidak teroles oli, sehingga kering dan tidak berjalan optimal. Hal tersebut bisa saja terjadi karena oli masih tetap terkumpul di oil pan atau bagian carter mobil. 

Karena sistem tidak bisa menarik oli dengan baik, maka tidak terjadi pelumasan yang benar. Akibatnya, pergesekan dan mekanisme katup mesin menghasilkan suara tek tek.

Biasanya, masalah berkaitan dengan oli tidak perlu diambil pusing. Tunggu saja hingga oli mesin naik kembali, kemudian lakukan starter lagi untuk melihat apakah oli sudah naik. 

Baca Juga : Yuk, Simak Cara Starter Mobil yang Benar dan Aman

10. Gangguan Pada Engine Mounting 

Engine mounting sebenarnya adalah peranti yang berfungsi sebagai dudukan mesin. Meski tidak berkaitan langsung, tapi bisa saja mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek karena ada yang tidak beres dari komponen ini. Perlu Anda ketahui bahwa Mounting ini akan membuat posisi mesin stabil dan meredam getar saat mobil running. 

Peredam itulah yang akan membuat peredaman getar dan suara. Namun jika karet dan juga lokasinya tidak tepat, maka bisa hasilkan suara tek tek.

Pada umumnya, masalah ini bisa terjadi karena karet peredam sobek dan terjadi benturan dari komponen mesin lainnya. Anda harus cek kondisi ini secara rutin. 

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek-Tek

1. Isi Ulang Daya Aki Mobil atau Ganti dengan yang Baru 

Aki merupakan komponen yang berfungsi layaknya mesin penyimpan dan penyuplai daya listrik pada sebuah kendaraan.

Sehingga berdampak besar sebagai penyuplai listrik untuk berbagai komponen lainnya seperti fuel pump dan untuk starter mobil. 

Bila aki mengalami masalah seperti daya sudah mulai berkurang atau tekor sebaiknya Anda bisa mengisi ulang kembali aki atau mengganti aki dengan yang baru.

Cek terlebih dahulu sebelum melakukan proses penggantian atau penyetruman aki, Anda bisa menggunakan avometer untuk mengecek tegangan aki pastikan tegangannya minimal berkapasitas 12,6 Volt.

2. Cek Selalu Kondisi Busi Mobil dan Perhatikan Kebersihannya

Pastikan Anda selalu rajin memperhatikan kondisi kebersihan busi, bila perlu gosok bagian yang kotor dengan cairan pembersih karat.

3. Cek Bagian Dinamo dan Relay Starter

Pastikan dinamo starter Anda tidak longgar, lakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui apakah dinamo dan relay starter mobil mengalami kerusakan. 

4. Ganti Timing Belt Secara Berkala

Pastikan Anda mengganti timing belt mobil secara tepat waktu sesuai buku petunjuk perawatan mobil dari pabrikan. Normalnya timing belt diganti 5 tahun sekali atau setara dengan jarak tempuh 60.000 mil.

5. Cek dengan Rutin Bagian Alternator

Cara mengecek apakah alternator berfungsi dengan baik atau tidak, Anda bisa putar bagian sabuk pemutar pada alternator, apakah muncul suara ketika diputar bila ada berarti rusak.

Jangan lupa cek juga bagian karet alternator apakah berbau seperti terbakar atau tidak.

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin

6. Pastikan Oli Mobil Naik ke Mesin

Nah, itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi mobil tidak bisa di starter bunyi tek-tek yang perlu Anda perhatikan.

Apabila semua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah yang terjadi, sebaiknya konsultasikan masalah mobil Anda dengan teknisi ahli atau bawa ke bengkel Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Persneling Mobil Matic yang Tidak Bisa Pindah Gigi

2022-08-10

Persneling mobil matic tidak bisa pindah gigi merupakan satu tanda kalau ada kerusakan pada

thumbnail

Peraturan Baru Berkendara Selama Masa PSBB Transisi

2022-08-10

Selama masa pandemic Covid-19 seperti sekarang, banyak daerah yang menerapkan karantina wilayah atau yang lebih dikenal dengan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Pemb

thumbnail

Deretan Warna Cat Mobil Paling Aman dari Risiko Kecelakaan

2022-08-10

Bukan hanya performa, ada yang perlu mendapat pertimbangan sebelum membeli kendaraan. Warna cat mobil paling aman dari kecelakaan, salah satunya.Produsen kendaraan banyak mengeluarkan produk

thumbnail

5 Cara Mengusir Tikus Di Mesin Mobil

2022-08-10

Tikus termasuk salah satu hama yang sangat meresahkan masyarakat, karena hewan pengerat satu ini dapat menularkan sejumlah penyakit berbahaya.