Logo Daihatsu
Menu

Yuk, Cari Tahu Fungsi Dinamo Starter Beserta Cara Kerjanya

Otomotif

2021-01-13

fungsi dinamo

Dinamo termasuk salah satu komponen vital kendaraan yang memiliki peran penting sebagai penggerak pemutar roda ketika mesin dinyalakan. 

Ketika komponen ini mengalami kerusakan akibat beberapa faktor, tentu mesin kendaraan tidak dapat menyala dan menghasilkan tenaga maksimal. 

Untuk mengenalnya lebih dekat, berikut fungsi dinamo dan cara kerjanya. 

Fungsi Utama Dinamo Starter

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dinamo starter, merupakan suatu komponen yang berperan sebagai penggerak roda saat mesin dinyalakan. 

Dengan kata lain, dinamo yang akan memutar mesin untuk pertama kalinya, sehingga pengendara tidak perlu mendorong atau ngengkol terlebih dahulu agar mesin mau menyala. 

Dinamo starter memiliki resiko kerusakan yang cukup tinggi akibat beberapa faktor seperti aki soak akibat kekurangan aliran listrik, karbon brush habis, gulungan pada starter terbakar, serta solenoid starter yang mengalami kerusakan. 

Beruntungnya ada beberapa tips jitu untuk menghindari dinamo mengalami kerusakan. Tips menjaga dinamo agar tidak mudah rusak yaitu memberikan perawatan berkala. 

Selain itu, Anda juga perlu memastikan jika kabel aki positif dan negatif terpasang dengan tepat agar resiko kerusakan pada dinamo dapat ditekan. 

Bahkan terputusnya kabel dinamo membuatnya tidak dapat berfungsi. Padahal fungsi dinamo sendiri sangat penting bagi kendaraan. 

Baca juga: Serba-Serbi Kelistrikan Mobil, Mulai Sistem hingga Skemanya

Cara Kerja Dinamo Starter

Pertama tama, silahkan atur starter switch atau dikenal sebagai kunci kontak dalam posisi start. Kemudian aliran arus listrik akan menuju ke pull in coil yang akan menghubungkan terminal 30 menuju terminal C ketika berada di ground. 

Umumnya tidak ditemukan arus terputus dari pull in coil menuju ground.Jika sambungan arus listrik terputus, hal tersebut dikarenakan carbon brush telah habis. Carbon brush sendiri dapat ditemukan di sebelum dan sesudah armature. 

Dengan kata lain, pull in coil tidak dapat beroperasi jika starter kendaraan saja tidak dapat dinyalakan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tanda-tanda karbon habis.

Pertanda relay starter telah kehabisan carbon brush yaitu terdengarnya suara kontak pada relay ketika terhubung ke starter

Dalam kondisi normal, pull in coil otomatis menarik kontak serta plunger dan shift level yang mendorong pinion agar terhubung dengan putaran dinamo dan flywheel

Ketika pertanda kerusakan terlihat, bawa ke bengkel mengingat fungsi dinamo sangat penting. Ketika terminal 30 dan terminal C berhasil terhubung, kemudian pull in coil berhenti bekerja karena voltase pada terminal 50 dan terminal C hampir serupa. 

Sedangkan ketika dinamo sedang memutar roda flywheel, hold in coil yang akan memegang peranan untuk menahan kontak agar tetap terhubung dengan terminal 30 dan terminal C. 

Pada saat yang bersamaan, hold in coil juga berperan sebagai penahan gigi pinion yang nantinya akan memutar flywheel hingga pada akhirnya mesin hidup. 

Meski rangkaian cara kerja dari dinamonya cukup panjang, namun hal tersebut dapat terjadi secara singkat dan memudahkan penggunanya. Itulah fungsi dinamo beserta cara kerjanya yang perlu Anda tahu. 

Baca juga : Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Penyebabnya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Denda Tilang Elektronik? Ketahui Sesuai Jenis Pelanggarannya!

2023-10-30

Berapa denda tilang elektronik? Pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan oleh para pengguna kendaraan bermotor, khususnya yang masih bingung dengan penerapan s

thumbnail

6 Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

2022-09-01

Aki merupakan bagian krusial dalam sebuah kendaraan yang bertugas untuk menghidupkan mesin. Apabila aki mengalami keausan, maka mobil tidak bisa distarter dan dikemudikan. Kondisi ini sering kali m

thumbnail

4 Cara Mengatasi Mual Saat Berkendara Mobil Paling Ampuh

2020-11-09

Melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua seakan menjadi salah satu opsi paling mudah untuk bepergian bersama keluarga. Namu

thumbnail

Manfaat Menyalakan Wiper Baru Saat Kondisi Kaca Mobil Kering

2022-01-30

Menyalakan wiper baru pada kondisi kaca kering ternyata memiliki banyak manfaat. Meski lebih banyak yang mengatakan bahwa tidak boleh menyalakan wiper saat