Logo Daihatsu
Menu

Tak Hanya Makin Jos, Ini Manfaat Tune Up Mobil Secara Rutin

Otomotif

2021-01-11

tujuan / manfaat tune up mobil

Setiap kendaraan yang digunakan dalam waktu lama, tentu akan mengalami penurunan performa dan kinerja kendaraan itu sendiri. Oleh karena itu, setiap kendaraan memerlukan perawatan seperti tune up secara rutin. Lantas, apa manfaat tune up mobil agar kinerjanya tetap prima? Mari simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut.

1. Memaksimalkan Performa Mesin

Memaksimalkan performa mesin bisa dibilang sebagai tujuan utama dalam melakukan tune up. Seperti yang Anda ketahui, mobil yang terus menerus dioperasikan tentu akan mengalami penurunan performa mesin. 

Jika hal tersebut dibiarkan, kendaraan akan mengalami kerusakan yang menjalar ke bagian komponen mesin lain.

Tak bisa dipungkiri, perawatan mobil merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi agar kendaraan pribadi tetap aman dan nyaman ketika digunakan. Dengan melakukan tune up mobil, performa dan kinerja kendaraan akan meningkat dan mesin akan bekerja secara maksimal. Tune up juga dilakukan dengan tujuan untuk menjaga mesin tetap awet.

Baca Juga: Performa Jadi Lebih Optimal, Begini Tips Merawat Mobil Injeksi

2. Menghindari Kerusakan Yang Lebih Parah

Tujuan tune up mobil yang selanjutnya adalah menghindari kerusakan yang lebih parah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika terdapat komponen mesin yang mengalami kerusakan dan tidak segera diperbaiki, maka kerusakan bisa lebih parah.

Jika Anda menemui adanya permasalahan ketika mobil sedang digunakan, sebaiknya langsung bawa mobil tersebut ke tempat servis. Nyatakan permasalahan yang dirasakan kepada mekanik servis tersebut. Kemudian, pihak bengkel akan langsung mendeteksi bagian yang bermasalah atau rusak dan melakukan perbaikan secara profesional.

3. Memastikan Mesin Dalam Kondisi Baik

Selain itu tune up mobil juga membantu memastikan bahwa kondisi mesin baik. Tune up merupakan sebuah perawatan yang dapat mendeteksi kondisi mobil. Memastikan mesin dalam kondisi stabil dan terhindar dari kerusakan.

4. Menghemat Biaya Perawatan 

Biaya Tune up mobil lebih rendah jika dibandingkan jenis perawatan mobil lainnya. Hal tersebut terjadi karena tune up mobil memeriksa komponen yang rusak secara berkala. Jadi, perawatan jenis ini akan menghindarkan kendaraan dari kerusakan secara menyeluruh. Otomatis harga perawatan jadi rendah.

5. Menghindari Mesin Macet

Penggunaan mobil dalam waktu yang panjang dan jalanan terjal yang dilalui, memaksa mesin untuk bekerja secara maksimal. Hal tersebut tentu akan merusak dan menurunkan kinerja mobil. Parahnya, mesin kendaraan akan macet atau mati secara tiba tiba ketika sedang digunakan. Kondisi demikian tentu akan mengganggu kemudi.

Setelah memahami tujuan tune up, Anda perlu melakukan perawatan tersebut agar kondisi mesin tetap terjaga. Lakukan tune up dengan mengunjungi bengkel resmi agar mendapat penanganan yang maksimal dan terbaik.

Tune up merupakan jenis perawatan mobil yang bertujuan untuk menjaga performa mobil itu sendiri. Ada banyak sekali manfaat dan tujuan yang bisa dirasakan ketika melakukan tune up. Mulai dari memaksimalkan performa mesin hingga menghindari mesin yang macet, semua bisa didapatkan dengan melakukan tune up mobil.

Baca Juga: Tingkatkan Performa, Ini 5 Sensor Penting di Sistem Bahan Bakar Injeksi


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Perlengkapan Road Trip dengan Mobil Pribadi, Yuk Simak!

2023-06-28

Road trip dengan mobil pribadi merupakan opsi terbaik ketika ingin melakukan perjalanan darat. Sebab Anda bisa dengan bebas berhenti atau berkunjung ke destinasi wis

thumbnail

5 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu

2021-01-07

Para pengendara kendaraan bermotor tentunya tidak asing dengan lampu sein. Lampu yang dapat berkedip untuk memberikan sinyal kepada pengendara lainnya ini, memiliki pera

thumbnail

Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Berkualitas

2021-01-06

Minyak rem merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan yang berfungsi sebagai pelumas komponen cakram dan kampas rem. Dala