Logo Daihatsu
Menu

Tanda-tanda Selang Rem Perlu Diganti

Otomotif

2022-05-13

selang rem mobil perlu diganti

selang rem adalah salah satu komponen paling penting dalam sistem pengereman mobil, jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan maka efektivitasnya pun akan terganggu, sehingga berakibat fatal bagi pengendara dan penumpang.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu melakukan pengecekan berkala dan menggantinya bila ditemukan tanda-tanda kerusakan. Ketahui tanda-tanda selang rem perlu ganti pada artikel ini. 

Kapan selang Rem Perlu Diganti?

Bahan pembuatan pipa rem pada umumnya terbuat dari bahan yang tahan lama seperti logam dan tembaga, serta pada beberapa bagiannya terbuat dari selang karet yang fleksibel.

selang rem atau pipa rem bukan termasuk komponen yang sering diganti, namun seiring waktu selang rem tersebut bisa saja mengalami keretakan dan bocor. Walau hanya sebagai saluran minyak rem, akan tapi selang rem bisa mengalami kerusakan. Lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Kerusakan pada selang rem bisa terjadi sebagaimana usia pakainya. selang rem perlu ganti terlihat dari beberapa tanda berikut ini.

Selang Rem Sudah Pecah-pecah

Tanda selang rem perlu segera diganti yaitu ketika kondisi pada karetnya mulai pecah-pecah. Apabila karet selang rem pecah-pecah maka rem pun tidak bisa bekerja dengan baik. Jika hal ini dibiarkan maka selang rem pun akan mengalami kerusakan yang parah hingga terjadi kebocoran pada minyak rem Anda.

Benang Nilon Penguat Terlihat

Salah satu tanda selang rem perlu diganti yaitu bila benang nylon penguat terlihat, karena jika karet bagian luar selang rem terbuka maka benang nilon tersebut akan terlihat. Jika kondisi ini terjadi artinya segeralah mengganti baru selang rem mobil Anda.

Terjadi Kebocoran Pada selang Rem

Jangan menunggu selang rem bocor terlebih dahulu untuk menggantinya, apalagi jika saat itu mobil Anda akan segera digunakan. Hal ini sangat membahayakan dan berakibat fatal.

Anda dapat mengecek selang rem untuk mengetahui bocor atau tidaknya dengan meraba dan menekan pipa rem. Bila terjadi kebocoran kecil biasanya tidak selalu mengeluarkan banyak minyak rem. Namun, hal ini lama kelamaan dapat memperparah kebocoran yang ada.

Bila kebocoran selang rem semakin parah maka akan mengeluarkan minyak rem yang banyak yang terdapat di bawah roda mobil Anda.

Rem Tidak Bekerja Saat Diaplikasikan

Rem tidak bisa bekerja saat diaplikasikan mengidentifikasikan bahwa selang rem harus segera diganti. Saat diinjak, pedal rem terasa lebih ringan bahkan bila terjadi kerusakan parah pada pipa rem dapat mengakibatkan pedal rem mobil tidak dapat berfungsi karena tekanan yang terlalu rendah.

Jika selang rem yang rusak atau bocor dibiarkan, minyak rem pun akan keluar dengan sendirinya. Jika tidak ada minyak rem, maka rem akan menjadi blong saat digunakan. Pastikan selalu bahwa, selang rem atau pipa rem mobil Anda dalam keadaan baik agar keamanan mengemudi Anda bersama keluarga lebih maksimal.

Jika tanda-tanda di atas terdapat pada kondisi mobil Anda saat ini artinya jangan tunda lagi dan segeralah mengganti selang rem mobil Anda dengan yang baru agar perjalanan lancar tanpa kendala.

Selain itu, agar aman dan nyaman dalam berkendara, Anda perlu memilih kualitas kendaraan terbaik, salah satu rekomendasi produk terbaik yaitu Daihatsu, karena Daihatsu memiliki kualitas terbaik.

Kunjungi laman kami untuk informasi produk dan layanan dari Daihatsu, Anda juga bisa mengunduh brosur produk di sini. Dapatkan juga informasi seputar otomotif, seperti tips-tips dan lain sebagainya dengan mengunjungi laman ini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tipe Daihatsu Charade yang Masuk Pasar Indonesia

2021-03-15

Mobil klasik dengan spek menarik dan cerita unik tentu diburu oleh para kolektor. Tipe Daihatsu Charade adalah mobil mungil keluaran Daihatsu yang pernah menjadi primado

thumbnail

Cara Kerja Evaporator AC Mobil & Kenali Penyebab Kebocoran

2022-07-22

Evaporator merupakan sebuah komponen yang bekerja di sistem pendingin AC mobil. Umumnya, evaporator berada di katup ekspansi serta kompresor AC. Lantas, bagaimana cara kerja evaporator ini?P

thumbnail

Berbahaya! Kenali Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

2020-12-30

Kondisi rem blong bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat mengancam nyawa, bahkan tidak hanya

thumbnail

Penting! Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Beli Mobil untuk Taksi Online

2021-02-19

Tren penggunaan taksi online berbasis Aplikasi tiap hari kian ramai. Cara pesan yang mudah dan harganya yang bersaing, membuat layanan transportasi taksi online ini mamp