Logo Daihatsu
Menu

Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Sahabat Kunjungi

Travel

2020-10-28

wisata jakarta

Sebagai ibu kota, Jakarta menjadi destinasi liburan yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan banyaknya perkembangan yang mungkin belum menjamah kota-kota lain di Indonesia. Begitu Sahabat mencari di internet apa saja tempat wisata di Jakarta, Sahabat akan langsung disuguhkan dengan informasi tentang Ancol dan Dufan. Seolah liburan di Jakarta terasa kurang lengkap jika tidak menginjakkan kaki ke dua tempat wisata tersebut.

Namun tahukah Sahabat bahwa di Jakarta ada begitu banyak tempat lain yang bisa Sahabat eksplorasi jika ingin melakukan rekreasi dengan cara yang berbeda dan tidak itu-itu saja. Maka dari itu, artikel ini akan menyuguhkan beberapa wisata yang mungkin dapat Sahabat coba selagi melancong di Jakarta, ibu kota negara tercinta. Berikut adalah ulasannya.

Tempat Wisata di Jakarta untuk Sahabat Pencinta Seni

1. Alive Museum

Lokasi museum satu ini berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang dibuka pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam. Jika hari libur nasional jatuh di hari senin, maka museum akan tetap beroperasi. Tidak seperti museum kebanyakan yang menyajikan berbagai artefak sejarah, tetapi Alive Museum justru memberikan visualisasi unik dari beberapa tokoh terkenal di dunia yang dibuat menjadi patung lilin.

Tokoh-tokoh tersebut mulai dari politisi, orang-orang berpengaruh, penyanyi, hingga pemain film Hollywood semuanya ada di museum ini. Jadi sekarang Sahabat tidak perlu lagi ke luar negeri hanya untuk berfoto bersama artis impian. Oh ya, bagi para Kpopers, disini juga disediakan banyak patung lilin artis-artis Korea yang bisa Sahabat jadikan objek foto. Selain patung lilin, spot-spot di museum ini cocok pula menjadi pelengkap di media sosial pribadi Sahabat.

2. Museum Wayang

Berlokasi di kawasan Kota Tua, museum Wayang ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam setiap hari kecuali Senin. Tempat ini sangat cocok buat Sahabat yang senang dan ingin melihat kesenian Wayang khas Indonesia dari berbagai daerah. Tidak hanya melihat wayang Indonesia saja, Sahabat juga akan disajikan berbagai wayang dari negara tetangga seperti Thailand, China, India, Malaysia, Kamboja, hingga Vietnam.

Bangunan Museum Wayang yang masih kental dengan gaya Eropa di era kolonial masih dipertahankan hingga kini dengan kesan rumahan yang bisa membuat semua orang nyaman berada di dalamnya. Selain melihat wayang, Sahabat dapat menyaksikan teater dan kursus singkat tentang proses pembuatan wayang yang di sini. Jadi Sahabat seperti mengunjungi tempat wisata untuk rekreasi sekaligus mengedukasi.

3. Museum Tekstil

Museum ini berlokasi dekat sekali dengan Tanah Abang. Sahabat bisa berkunjung setiap harinya kecuali Senin, dari pukul 9 pagi hingga sekitar 3 sore. Di museum ini Sahabat akan disuguhkan dengan berbagai kain tradisional dari Sabang sampai Merauke hingga perkakas untuk membuat kain tersebut, seperti alat tenunnya, perkakas membatik, hingga semua yang terkait dengan pembuatan kain.

Sahabat juga akan melihat berbagai koleksi tanaman yang dimanfaatkan sebagai zat pewarna pada benang kain tradisional tersebut. Jangan khawatir Sahabat akan bingung, sebab di sini Sahabat bisa menonton terlebih dahulu di teater mini bagaimana sejarah dan kebudayaan tekstil di Indonesia dari dulu hingga hari ini. Selepas mempelajari banyak hal, Sahabat juga dapat membeli buah tangan berupa buku hingga alat-alat pembuatan kain tersebut. Jika penasaran, Sahabat dipersilakan mengikuti proses pembuatan kain di area Paviliun Batik yang telah dibuka untuk umum. 

Tempat Wisata di Jakarta untuk Sahabat Pencinta Buku

1. Toko Buku Post Santa

Riuhnya ibu kota dan jalan raya yang padat mungkin sudah membuat Sahabat bosan untuk mengeksplorasi tempat wisata di Jakarta yang biasanya menjadi tujuan semua orang. Bagi Sahabat yang ingin menyendiri bersama dengan buku-buku bagus, maka Post Santa sepertinya cocok untuk menjadi destinasi Sahabat.

Beralamat di Post Bookshop, Jalan Cipaku 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, disini Sahabat bisa bersembunyi dari kepenatan sembari membaca buku-buku bagus yang kiranya ingin Sahabat beli dan bawa pulang. Berbagai koleksi seperti buku literatur, esai, hingga cerita pendek segala usia karya penulis Indonesia dan mancanegara bisa Sahabat temukan. Jika beruntung, Sahabat akan menyaksikan bedah buku, peluncuran buku, atau diskusi kecil yang diadakan oleh sepasang suami istri pemilik Post Santa. 

2. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Ketika membaca kata perpustakaan, maka mungkin yang ada dibenak Sahabat adalah sebuah tempat dengan buku-buku tua dan berdebu lengkap dengan ibu penjaga yang berkacamata tebal. Anggapan seperti itu mungkin bisa terpatahkan bila Sahabat berkunjung ke perpustakaan yang satu ini.

Lokasi perpustakaan ini berada di daerah Kuningan, tepatnya di Jalan HR Rasuna Said Kav C Nomor 22 yang terkenal sebagai salah satu pusat bisnis di Jakarta lengkap dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Berbagai fasilitas akan Sahabat dapatkan di dalam perpustakaan, seperti koleksi bacaan lengkap untuk segala usia, komputer untuk mencari ketersediaan buku, dilengkapi dengan AC dan wifi yang kencang.

3. The Reading Room

Sahabat yang suka dan sedang menggeluti dunia sastra pastinya akan suka dengan tempat yang satu ini. Berlokasi di Jalan Kemang Timur Nomor 57, Jakarta Selatan, The Reading Room cocok menjadi destinasi wisata dan rekreasi Sahabat yang benar-benar berbeda. Sebab di sini Sahabat akan menemukan berbagai buku bagus yang dapat dibaca, dipinjam, bahkan dibeli dengan harga khusus. Waktu kunjungan di hari Kamis hingga Sabtu mulai pukul 10 pagi sampai 02 malam dan hari Minggu hingga Rabu dimulai pukul 10 pagi hingga 12 malam. 

Selain membaca, Sahabat juga bisa menyeruput secangkir kopi atau minuman lainnya. Sebab ternyata The Reading Room tidak sekadar reading room saja, tetapi juga ada kafe di dalamnya. Jadi Sahabat bisa membaca dan menulis dengan ditemani oleh makanan dan minuman tanpa harus merasa lapar. Bahkan tidak jarang The Reading Room juga melakukan berbagai kegiatan sastra di sini, seperti peluncuran buku dan pembacaan puisi.

Tempat Wisata di Jakarta untuk Sahabat Pencinta Alam

1. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Mengambil lokasi di sekitar Pantai Indah Kapuk, taman wisata yang satu ini bisa Sahabat kunjungi setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore. Di sini Sahabat akan masuk ke dalam hutan bakau yang luas dengan perairan yang mengelilinginya.. Untuk sensasi yang lebih nature, Sahabat bisa menyewa perahu dan pemandu untuk menemani Sahabat mengelilingi sekitar hutan bakau.

2. Allianz Ecopark atau Ocean Ecopark

Ocean Ecopark ini berada dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Ketika mimpi Sahabat untuk berlibur ke Jakarta adalah ingin menghirup udara segar, maka destinasi ini akan sangat cocok. Sebab di dalamnya banyak sekali pepohonan rindang dengan sungai dengan nuansa asri yang mengelilinginya. Selain berwisata, Sahabat bisa mengedukasi keluarga dengan ikut bermain di Rumah Lebah, Rumah Energi, dan Fauna Land.

Itulah tadi berbagai rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang bisa Sahabat kunjungi jika bosan bepergian ke tempat yang itu-itu saja untuk berekreasi. Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan kolega untuk menikmati keindahan ibu kota. Selamat berlibur!

Baca juga : Yuk, Cobain 12 Kuliner Malam Jakarta yang Endes Banget!


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Taman Nasional Manusela Layak Disebut Surga Dunia Tropis

2021-01-20

Sahabat pernah dengar destinasi wisata Taman Nasional Manusela? Kawasan konservasi ini terletak di pulau Seram, kepulauan Maluku, Indonesia dengan luas 189.000 hektare d

thumbnail

Terkenal Kelezatannya! Berikut List 31 Makanan Khas Lombok Yang Wajib Dicicipi

2021-01-31

Berkunjung ke Lombok tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut.Ada berbagai macam olahan hidangan yang dibuat dengan bumbu rempah pilihan dan menjadi andalan di Lombok

thumbnail

Yuk, Liburan! Ini 5 Alasan Kenapa Traveling Bisa Meredakan Stres

2020-10-28

Halo, Sahabat. Tahukah kalian bahwa tanpa disadari, traveling bisa mengubah hidup seseorang, lho? Semakin jauh dan semakin sering orang tersebut trav

thumbnail

Wajib Dicoba! Ini 35 Makanan Khas Jakarta yang Paling Dicari Sedunia

2021-01-31

Ibu kota Jakarta selalu menjadi persinggahan menarik yang patut dijelajahi. Kebudayaan Betawi yang kental di wilayah setempat, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.&