Logo Daihatsu
Menu

Tempat Wisata Probolinggo yang Wajib Untuk Dikunjungi

Travel

2020-10-28

wisata probolinggo

Bagi Sahabat yang gemar berwisata pasti masih tidak asing bila mendengar nama Probolinggo. Kota kecil yang berada di provinsi Jawa Timur ini memang kurang dikenal selain dari keberadaan Gunung Bromo yang sering dijadikan lokasi wisata baik bagi turis lokal maupun turis mancanegara. Padahal, selain itu masih banyak tempat wisata Probolinggo yang tidak kalah menakjubkannya dari gunung Bromo. Bahkan, beberapa diantaranya kerap dijadikan tempat untuk berburu foto-foto menarik.

Mirip dengan daerah lain di Jawa Timur, Probolinggo banyak menyediakan wisata alam berupa pantai atau air terjun serta beberapa wisata budaya. Namun, seiring dengan semakin populernya media sosial saat ini pemerintah setempat mulai gencar membuat wisata lain seperti wisata edukasi serta wisata olahraga. Banyak dari tempat wisata Probolinggo terbaru sengaja dibuat untuk menarik minat kaum milenial yang tergila-gila dengan petualangan baru untuk ditunjukan di media sosial. 

Berikut tempat wisata di Probolinggo yang direkomendasikan untuk dikunjungi

1. Patung Kuda Cipta Wilaha

Patung kuda terbesar kedua di dunia ini sengaja dibangun guna menarik wisatawan agar datang berkunjung. Tempat ini sangat cocok dikunjungi ramai-ramai baik bersama teman-teman atau bersama keluarga. Anak-anak pun dijamin akan menyukai tempat wisata ini karena areanya cukup luas sehingga bisa bebas berlarian.

Selain patungnya yang unik, area sekitarnya yang dikelilingi oleh hutan bakau membuat suasananya semakin asri dan udaranya juga segar. Sangat cocok untuk bersantai. Selain desainnya yang tidak biasa, patung kuda ini ternyata memiliki ruang didalamnya yang bisa Sahabat gunakan sebagai spot foto. Untuk bisa datang ke sini Sahabat tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan 14 ribu rupiah saja untuk hari biasa serta 40 ribu rupiah saat akhir pekan Sahabat sudah bisa menikmati pemandangan indah serta spot foto yang menarik.

2. Taman Wisata Studi Lingkungan

Tempat wisata edukasi ini sejatinya dibuat untuk media pembelajaran masyarakat terhadap lingkungan. Mengusung konsep ruang terbuka hijau, tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas ramah anak yang dijamin akan membuat anak-anak Sahabat tidak cepat bosan. Selain memiliki koleksi beberapa tanaman, taman ini juga memiliki koleksi hewan-hewan yang menarik.

Tempat wisata ini sebenarnya sudah cukup maju dengan penggunaan R code scanner untuk memberikan informasi tentang koleksi makhluk hidup yang dimiliki tempat tersebut. Hal ini masih cukup langka di tanah air. Sahabat hanya perlu mendownload aplikasinya kemudian memindai R code yang tersedia guna melihat informasi yang dibutuhkan.

Selain QR code, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain seperti spot foto yang unik, kebun binatang mini serta taman bermain yang cukup bagus. Untuk bisa menikmati semua fasilitas tersebut Sahabat cukup membeli tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk anak-anak (2-12 tahun) dan 8 ribu rupiah untuk dewasa. 

3. Gili Ketapang

Tempat ini menjadi semakin terkenal sejak didatangi oleh mantan menteri kelautan Ibu Susi Pudjiastuti beberapa tahun lalu. Selain terkenal dengan kejernihan airnya, pulau ini juga terkenal memiliki pemandangan pantai yang indah. Sahabat bisa melakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling untuk melihat kondisi batu karang dan berbagai biota laut lainnya atau Sahabat hanya cukup berjalan-jalan di bibir pantai saja sambil menikmati angin laut.

4. Bukit Bentar

Tempat yang juga dikenal dengan nama bukit selfie ini merupakan spot foto terbaik. Sahabat akan bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah dan keren terutama saat matahari terbenam. Namun sayangnya, bukit yang berada di Jalan Panglima Sudirman desa Curahsawo ini belum memiliki akses jalan yang memadai. Sahabat harus melalui jalur tracking yang cukup menantang untuk bisa sampai kesana.

5. Pantai Bentar

Bagi para penggemar hewan-hewan eksotis atau memiliki hobi memotret keindahan alam maka tempat ini dijamin akan menjadi surga. Selain karena pemandangannya yang indah dan airnya yang jernih berbagai fasilitas penunjang pun sudah mulai dibangun untuk memudahkan para wisatawan. 

Di tempat ini Sahabat berkesempatan untuk bisa berenang dan bertemu dengan hiu tutul atau hiu paus yang cukup besar. Jika Sahabat berminat untuk mengunjungi pantai ini maka sebaiknya dilakukan pada bulan Januari-Maret karena pada saat-saat tersebut kedua binatang tersebut sering muncul untuk bermigrasi.

6. Arung Jeram Sungai Pekalen

Bagi penggemar olah raga air maka kegiatan ini tentu sangat direkomendasikan. Sahabat bisa melakukan olahraga arung jeram di sungai yang mengairi 3 kecamatan ini. Karena arung jeram merupakan olahraga kelompok maka Sahabat sebaiknya datang bersama teman-teman atau keluarga. Semakin banyak yang ikut tentu suasananya akan semakin ramai.

7. Danau Ronggojalu

Sebenarnya danau ini memiliki fungsi sebagai sumber air untuk pertanian serta sebagai sumber air bersih bagi industri dan rumah tangga sekitar. Akan tetapi, suasana di sekitar danau yang tenang, sejuk dan rimbun kerap dijadikan tempat rekreasi oleh warga sekitar. Tempatnya yang asri dan hijau menjadikan tempat ini cocok dijadikan tempat piknik dan refreshing menyegarkan pikiran.

8. BJBR Probolinggo

Walaupun sudah cukup lama dibuka, kawasan wisata hutan bakau ini masih menjadi primadona masyarakat Probolinggo. Fasilitasnya yang lengkap serta aksesnya yang mudah menjadikan tempat ini ramai di hari libur dan akhir pekan. Sahabat bisa memperoleh banyak spot foto menarik di sini karena pemandangannya yang indah.

Itulah deretan wisata Probolinggo yang bisa Sahabat jadikan alternatif liburan bersama teman ataupun keluarga. Namun, ada yang perlu Sahabat ingat yaitu tetap menjaga kebersihan lingkungan di tempat yang Sahabat datangi. Kebanyakan tempat wisata di atas merupakan wisata alam sehingga tidak boleh dicemari dengan berbagai limbah manusia terutama limbah plastik.

Baca juga : Ini Berbagai Tempat Wisata di Manado yang Tidak Kalah Indahnya


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jembatan Suramadu : Sejarah hingga Jadi Ikon Wisata

2020-11-03

Jembatan Suramadu merupakan jembatan nasional Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Dinamakan Suramadu karena titik penghubungnya adalah dari Surabaya (Sura) dan Bangkalan yang

thumbnail

20 Makanan Khas Jambi yang Memikat Rasa

2021-01-31

Jambi merupakan sebuah daerah di Pulau Sumatera yang memiliki ragam kuliner khas penggoyang lidah. Kuliner khas Jambi dominan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.&nb

thumbnail

15 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Wajib Dicoba

2021-02-27

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Sulawesi Tenggara juga memiliki kekayaan kuliner yang melimpah. Ada berbagai macam hidangan unik dan tidak bisa ditemukan di da

thumbnail

5 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah yang Wajib Anda Ketahui

2021-08-08

Ketika merencanakan liburan ada banyak sekali hal yang harus Anda persiapkan, salah satunya kendaraan. Jika Anda berencana untuk pergi liburan ketempat yang jauh, maka A