Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tidak Perlu Panik, Begini Alur Proses Sidang Tilang
27 September 2020
sidang tilang

Operasi zebra memang kerap kali dilakukan, apalagi ditambah dengan hadirnya E-Tilang. Dengan gencarnya operasi tersebut, ternyata masih banyak orang yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Alhasil, banyak pula yang harus ditilang dan melakukan sidang di pengadilan negeri.

Meskipun sidang ini tergolong merupakan sidang yang sering terjadi, namun masih banyak orang yang masih belum paham mengenai jalannya sidang tilang tersebut. ada pula yang masih berpikir berlebihan mengenai sidang ini. bukannya datang, namun banyak orang yang justru memilih untuk membayar di tempat saja. Sahabat harus tahu, bahwa hal ini adalah illegal. Sidang kasus tilang pun sebenarnya sangat mudah untuk dijalankan dan denda yang diberikan umumnya tidak melebihi 250 ribu.

Langkah Ketika Sidang Kasus Tilang

Bagi Sahabat yang belum pernah menjalani sidang kasus tilang ini, maka ada baiknya untuk mengetahui setiap langkah yang akan terjadi pada sidang tersebut. Berikut langkah yang harus dilakukan ketika melanggar lalu lintas dan mendapatkan denda tilang. 

Datang ke Pengadilan Negeri sesuai jadwal

Ketika Sahabat ditilang baik karena operasi zebra atau E-Tilang, tentu Sahabat akan mendapatkan surat tilang dengan warna merah atau bisa juga dalam warna biru. Dalam surat yang Sahabat terima, berisi nomor tilang beserta jadwal yang tercantum di dalamnya. Sahabat perlu ingat, bahwa Sahabat diwajibkan datang sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan. Sahabat tidak bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari jadwal yang sudah tertulis.

Selain itu, Sahabat juga wajib datang ke pengadilan negeri yang alamatnya sudah diberikan si surat tilang ini. Contohnya, jika Sahabat mendapatkan surat tilang di semarang, maka Sahabat tentu harus datang ke pengadilan negeri semarang. Walaupun, KTP Sahabat sebenarnya berada di luar kota tersebut.

Ambil nomor antrian

Setelah Sahabat mengetahui nomor tilang tersebut, maka Sahabat juga akan memperoleh nomor antrian guna masuk ke dalam ruang sidang. Jika nomor sudah Sahabat dapatkan, maka Sahabat harus menunggu di depan ruang sidang dan tidak diperkenankan untuk pergi kemana pun. Alasannya, karena proses jalannya sidang kasus tilang begitu cepat, jika Sahabat terlambat, bisa jadi Sahabat ditegur oleh petugas.

Mengikuti sidang

Ketika berada di ruang sidang, Sahabat tidak akan sendirian. Pasalnya akan ada banyak orang yang juga menjalani proses sidang tersebut. Biasanya dalam waktu satu hari, sidang tersebut dapat mencapai ratusan orang. Jadi demi menghemat lebih banyak waktu, hakim nantinya akan memanggil 10 hingga 20 orang secara langsung. Sahabat nantinya akan diberitahu pelanggaran sesuai dengan urutannya. Sahabat juga perlu menjawab “Ya” atau bisa juga menjawab, “baik, tidak akan diulangi” atau jawaban lainnya sesuai dengan pernyataan yang diberikan.

Bayar denda di kasir dan ambil STNK

Setelah proses sidang ini selesai, maka Sahabat akan diarahkan untuk membayar denda di kasir. Jumlah besarnya nominal denda ini tentu relative. Hal ini tergantung pada jenis pelanggaran yang Sahabat lakukan. Misalnya, jika Sahabat tidak dapat menunjukan SIM, maka umumnya denda yang diberikan berkisar 50 ribu rupiah. Jika sudah membayar, maka Sahabat akan mendapatkan kembali STNK yang ditahan sebelumnya.

Jika sudah membayar denda yang ditentukan dan STNK sudah dikembalikan, maka Sahabat bisa kembali ke aktivitas Sahabat. Kini, Sahabat tak perlu ragu untuk mengikuti sidang tersebut. Jangan membayar denda di tempat karena perbuatan tersebut merupakan tindakan ilegal. Ikutilah setiap prosedur dengan benar dan baik.

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor