Tips Sahabat

Tingkatkan Performa, Ini 5 Sensor Penting di Sistem Bahan Bakar Injeksi

09 April 2025
5 Sensor Penting di Sistem Bahan Bakar Injeksi

Kini banyak pabrikan otomotif memproduksi kendaraan bermotor dengan menerapkan sistem bahan bakar injeksi. Apakah anda tahu bahwa motor bermesin injeksi ternyata telah dilengkapi dengan sensor canggih. Dimana sensor tersebut memiliki fungsi mengirim data ke ECU atau Electronic Control Unit. Penasaran apa saja sensor yang digunakan ? Simak ulasannya berikut

Beberapa Sensor pada Motor Injeksi

1. Sensor MAP (Manifold Air Pressure) atau Air Flow Meter (AFM)

Sensor bernama Air Flow Meter (AFM) biasanya diletakkan sebelum throttle body. AFM mengemban tugas untuk mendeteksi aliran udara yang masuk ke intake manifold. Untuk menunjang tugas tersebut, AFM dilengkapi dengan pegas pengembali dan measuring plate. Udara yang memasuki sensor Manifold Air Pressure ini akan berpengaruh pada putaran potensiometer.

Potensiometer sendiri berputar untuk menghasilkan tegangan output yang akan dikirim ke ECU melalui sinyal. Kemudian ECU akan mengkalkulasikan besar kecilnya tekanan udara yang masuk. Sehingga secara otomatis komponen kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi bisa menentukan berapa jumlah bahan bakar yang dibutuhkan demi mesin bisa beroperasi secara optimal.

2. Sensor IAT (Intake Air Temperature)

IAT atau Intake Air Temperature merupakan sensor yang memiliki tugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke dalam throttle body. Tak hanya itu saja, sensor IAT juga bertugas menyesuaikan rasio perubahan suhu pada intake. Setelah sensor MAP melakukan tugasnya, kemudian melalui sensor ini ECU akan menentukan kadar bensin yang dijadikan injeksi.

Kadar bahan bakar yang dikirim ke ECU tersebut telah disesuaikan dengan suhu mesin. Suhu yang telah dideteksi tersebut diubah menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Berkat kehadiran sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan oleh mesin kendaraan akan selalu berada di tingkat optimal. Sehingga kendaraan kesayangan anda akan memiliki performa yang lebih prima.

3. Throttle Position Sensor (TPS)

Sesuai dengan namanya, sensor pada sistem bahan bakar injeksi ini terpasang pada throttle body kendaraan dalam bentuk nilai tahanan. Tugasnya sendiri yaitu untuk mendeteksi sudut pembukaan katup di throttle body. Sama halnya dengan sensor Air Flow Meter, TPS juga memanfaatkan potensiometer. Ketika throttle berputar maka potensiometer akan ikut berputar dan nilai tahanan berubah.

4. Oxygen Sensor (OS)

Oxygen Sensor atau OS mengemban tugas untuk mendeteksi serta membandingkan campuran bahan bakar dan udara. Sensor oksigen diletakkan pada bagian exhaust manifold yang terdiri dari elemen berbahan dasar zirconium dioxide. Elemen pada sensor oksigen tersebut dibalut oleh lapisan tipis platina pada bagian dalam dan luarnya memiliki kegunaan tersendiri.

Tak hanya itu saja, sensor oksigen juga menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu optimal. Sensor oksigen akan memberikan informasi ke ECU mengenai campuran bahan bakar manakah yang lebih ideal. Alhasil, gas buang yang dihasilkan pada mesin sistem bahan bakar injeksi ini lebih ramah lingkungan dibandingkan pada sistem karburator.

Injeksi memang dipercaya sebagai salah satu terobosan yang sangat brilian. Dimana semua komponen mesin kendaraan bisa dijalankan secara otomatis, dan berbeda jauh dengan sistem karburator yang menggunakan komponen secara mekanis. Meskipun begitu, anda patut untuk selalu merawat kendaraan kesayangan anda agar mesinnya tetap optimal.

Tips Sahabat Lainnya
kode plat nomor belakang kendaraan
Kode Plat Nomor Belakang Kendaraan dan Daerahnya di Indonesia
Plat nomor kendaraan di setiap daerah di Indonesia memiliki kode yang berbeda-beda, baik itu dari lingkup wilayah maupun tiap kota. Nomor polisi atau nopol kendaraan ini berisi kode huruf depan, deret
Informasi terbaru Denda Tilang Tidak Pakai Helm
Berapa Denda Tilang Tidak Pakai Helm? Cek Info Terbaru
Setiap pengendara sepeda motor wajib memakai helm saat berkendara di jalan raya. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Selain itu,
cara daftar dan buat SIM Online baru 2025
Cara Daftar SIM Online dan Buat Baru Serta Biayanya 2025

Pembuatan SIM kini bisa dilakukan secara online dengan proses yang mudah dan cepat. Hadirnya layanan ini sangat membantu bagi Anda yang sibuk atau tidak sempat datang ke Satpas atau kanto

cara mengendarai mobil matic
Cara Mengendarai Mobil Matic yang Mudah Bagi Pemula
Sudah berapa lama Anda bisa ? Apakah Anda pernah mengendarai mobil matic? Jika belum, Anda bisa simak cara mudah mengendarai mobil matic pada pembahasan kali ini, ya. Kini banyak orang lebih memilih m
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami