Logo Daihatsu
Menu

Tips Ampuh Agar Mobil Bebas Berisik dengan Mudah

Tips & Trick

2020-11-24

bebas berisik

Pernah nggak kamu terganggu dengan kondisi kabin mobilmu yang menimbulkan suara berisik? Kondisi kabin yang berisik tersebut tentu berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara. Apalagi saat macet, bunyi berisik tersebut tentu akan semakin mengganggu bahkan membuat kesal.

Selain penting untuk mengetahui penyebabnya, kamu juga perlu untuk mengetahui cara mengatasinya. Nah berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kabin mobilmu yang berisik. Mudah loh, Sahabat. Simak yuk.

Memasang Peredam Suara

Mobil yang mengeluarkan bunyi berisik bisa diatasi dengan memasang peredam suara di dalam mobil. Peredam suara terbuat dari berbagai macam material, seperti karet yang dilapisi dengan alumunium foil. Ada pula peredam suara yang terbuat dari bahan glasswool. Selain itu, ada juga jenis peredam suara yang terbuat dari bahan aspal.

Selain dengan peredam suara yang terbuat dari bahan-bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan peredam suara yang berjenis semprotan. Apapun jenis dan bahannya, peredam suara bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bunyi berisik yang muncul di mobilmu.

Nah, untuk pemasangan peredam suara, kamu membutuhkan tenaga yang ahli dalam memasang peredam suara agar hasilnya maksimal.

Kamu juga bisa memasang peredam suara di bagian-bagian penting seperti di dasar mobil. Kegunaannya untuk mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air saat hujan turun.

Lumasi dengan Grease

Bunyi berisik di dalam kabin mobil bisa disebabkan karena adanya gesekan antarlogam yang ada di dalam kabin. Jika itu terjadi, segeralah periksa bagian luar atau bagian dalam untuk mengetahui asal sumber bunyi berisik tersebut. Tujuannya untuk menghindari kerusakan akibat gesekan yang akan semakin parah. Salah satu cara mengatasinya adalah melumasinya dengan menggunakan grease.

Mengganti Bagian-bagian yang Rusak

Penyebab mobil berisik lainnya bisa juga karena adanya masalah pada komponen mobil, terutama kaki-kaki mobil. Umumnya, bunyi berisik tersebut akan muncul saat mobilmu melaju di kecepatan tinggi, seperti 50km per jam atau bahkan bisa lebih dari 50km.

Penyebab bunyi berisik dari bagian kaki-kaki mobil, salah satunya adalah bushing arm yang sudah aus atau bahkan pecah. Tidak hanya bushing arm, bisa juga bagian lain seperti tie road, ball joint, shockbreaker. Cara mengatasinya tentu adalah dengan mengganti bagian-bagian yang rusak tersebut dengan yang baru.

Mengganti Oli Gardan Mobil

Apabila bunyi berisik di mobilmu bersumber dari gardan mobil, Sahabat bisa mengatasinya dengan mengganti oli dengan oli yang lebih kental. Cara ini tergolong cara yang mudah. Kamu tidak perlu mengganti gardan.

Namun cara tersebut tidak akan ampuh dan tidak akan bisa menghilangkan bunyi berisik apabila ada komponen pada bagian gardan yang rusak. Jika sudah rusak, kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Atau jika belum terlalu parah, kamu dapat menyetel ulang supaya gardan tersebut tidak semakin rusak.

Nah keempat cara tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi bunyi berisik yang ditimbulkan oleh komponen-komponen pada mobilmu. Namun, apabila dengan cara di atas, bunyi berisik di mobilmu masih juga belum hilang, sebaiknya kamu segera memperbaikinya di bengkel resmi.

Jangan biarkan bunyi berisik terus terdengar di mobilmu, ya, Sahabat. Selain mengganggu, itu juga dapat berpengaruh pada bagian-bagian mobil lainnya apabila terus dibiarkan. Sahabat nggak mau kan bagian mobilmu yang lain juga ikutan rusak?

Baca juga : Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jadi Cikal Bakal Sriwijaya, Ini Sejarah Kerajaan Kota Kapur

2021-03-31

Apakah Anda pernah mendengar tentang kerajaan Sriwijaya? Kerajaan dengan corak hindu tersebut, ternyata bermula dari eksistensi kerajaan Kota Kapur. Sejarah dari kerajaa

thumbnail

10 Tips Menabung Uang Agar Terkumpul Banyak

2020-11-06

Menabung itu gampang-gampang susah. Susah jika memang Sahabat tidak bisa mempertahankannya. Gampang jika memang kamu berniat untuk menabung. Kalau kamu selama ini menabu

thumbnail

Sejarah Kerajaan Pajajaran, Kerajaan Hindu Terakhir di Jawa

2021-03-31

Kerajaan Pajajaran merupakan awal mula keberadaan orang sunda di Pulau Jawa. Keteguhan dalam mempertahankan adat dan budaya yang enggan tunduk terhadap Kerajaan Majapahi

thumbnail

7 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Sekolah yang Mudah Dilakukan

2020-12-15

Cara mengurangi sampah plastik di sekolah adalah salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan dari limbah berbahaya.  Lingkungan sekolah merupakan salah satu lingkung