Logo Daihatsu
Menu

Tips Berkendara di Jalan Berkabut Agar Aman dan Selamat

Otomotif

2021-01-06

jalan berkabut

Tips berkendara di jalan berkabut adalah hal yang perlu diketahui, jika nanti terpaksa melewati jalan berkabut. Mengetahui hal itu bikin kita lebih siap saat melewati jalan semacam itu. Dengan begitu, Sahabat pun bisa berkendara di jalan berkabut dengan aman dan selamat. Lalu, apa saja tips berkendara di jalan berkabut?

Memperlambat Laju Kendaraan

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memperlambat laju kendaraan. Saat melaju di jalan berkabut, pandangan mata Sahabat akan terhalang. Sahabat jadi tidak bisa melihat kendaraan lain yang barangkali ada di depan Sahabat.

Jika memaksakan diri melaju dengan kencang, bisa saja Sahabat menabrak kendaraan yang terhalang kabut itu. Oleh karenanya, sebisa mungkin untuk memperlambat laju kendaraan saat berada di jalan berkabut.

Manfaatkan Lampu Kabut

Jika mobil Sahabat punya fitur lampu kabut, maka pakailah fitur itu saat berada di jalan berkabut. Fitur tersebut bisa membantu menerangi jalan yang ada di depan Sahabat. Dengan begitu, Sahabat bisa melihat kendaraan lain yang ada di depan Sahabat.

Pakai Lampu Depan dengan Sorotan Rendah

Kalau mobil Sahabat tak punya lampu kabut, Sahabat bisa memakai lampu depan yang ada di mobil Sahabat. Jika memakai lampu tersebut di jalan berkabut, mohon untuk tidak memakai mode sorotan tinggi.

Lampu depan dengan sorotan tinggi hanya akan memantulkan kabut ke pandangan mobil Sahabat. Agar hal itu tak terjadi, pakailah lampu depan dengan sorotan yang rendah.

Baca juga : Lampu Sorot - LED, Mobil, Motor, dan Merk Terbaik

Jangan Berhenti di Sembarang Tempat

Bila Sahabat mau berhenti sejenak di jalan berkabut, janganlah berhenti di sembarang tempat. Berhentilah di area yang betul-betul jauh dari jalan raya yang berkabut. Setelahnya, Sahabat harus mematikan lampu mobil, baik lampu depan maupun belakang. Hal itu dilakukan supaya pengendara lain tidak menyangka kalau lampu mobil Sahabat adalah penunjuk jalan.

Jangan Menyalakan Fitur Multimedia Pada Mobil Sahabat

Selama berkendara di jalan berkabut, mohon jangan menyalakan fitur multimedia sama sekali. Entah itu radio, MP3, atau fitur lain yang sejenis dengannya. Hal itu dilakukan agar Sahabat bisa mendengar suara dari kendaraan lain yang melintas. Agar suara tersebut makin terdengar, Sahabat bisa membuka sedikit jendela mobil Sahabat.

Nyalakan AC Mobil Bagian Depan

Jalan berkabut biasanya punya suhu yang dingin. Hal itu bisa bikin kaca depan mobil berembun. Guna mengatasi hal itu, Sahabat mesti menyalakan AC mobil Sahabat. Utamanya, pada bagian depan mobil. 

Udara yang dihasilkan AC bagian depan bisa mengurangi embun yang sewaktu-waktu muncul pada kaca depan mobil. Pastikan untuk melakukan tips ini saat kaca depan betul-betul mulai berembun.

Jangan Memaksakan Diri untuk Berkendara

Tips terakhir ini dilakukan, bila kabut sudah mulai terlalu tebal. Tunggulah sejenak sampai kabut betul-betul menipis. Memaksakan diri berkendara di tengah kabut sangat tebal hanya akan membahayakan diri dan mobil Sahabat. Selama menunggu kabut menipis, Sahabat bisa berhenti sejenak seperti yang sudah kami paparkan di tips sebelumnya.

Tips berkendara di jalan berkabut adalah hal yang perlu diketahui, jika nanti terpaksa melewati jalan berkabut. Mengetahui hal itu bikin kita lebih siap saat melewati jalan semacam itu. Dengan begitu, Sahabat pun bisa berkendara di jalan berkabut dengan aman dan selamat.

Sejumlah tips tersebut sudah kami paparkan di artikel kali ini. Semoga bisa diaplikasikan, terutama bila nanti Sahabat harus berkendara di jalanan yang tengah berkabut.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak Beserta Solusinya

2020-12-03

Kopling adalah salah satu komponen mobil yang cukup penting. Komponen ini bisa membantu mencegah mesin mati saat perpindahan gigi terjadi pada mobil berkecepatan rendah.Sebagaimana komponen

thumbnail

Cara Cek Tilang Elektronik Jakarta dengan Akurat, Apakah Benar Kena Tilang?

2023-10-30

Warga kota Jakarta perlu mengetahui cara cek tilang elektronik Jakarta yang tepat dan akurat. Sebab, jika Anda tidak mengetahuinya dan tidak menyadari Anda terkena t

thumbnail

Pedal Gas Mobil Matic: Fungsi dan Cara Penggunaannya

2023-07-31

Mengetahui cara penggunaan pedal gas mobil matic perlu bagi pengemudi mobil pemula. Sebab jika asal-asalan menginjak pedal gas dapat berpotensi besar menyebabkan kec

thumbnail

Penyebab Pintu Mobil Sulit Tertutup Rapat

2021-02-19

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada mobil yang sudah berusia di atas lima tahun adalah pintu mobil yang sulit tertutup rapat. Pernah nggak Sahabat mengalamin