Logo Daihatsu
Menu

Tips dan Cara Tukar Tambah Mobil Syariah

Otomotif

2020-12-01

tips tukar tambah mobil secara syariah

Tukar tambah mobil syariah barangkali adalah salah satu langkah yang bisa Sahabat lakukan. Terutama, bila Sahabat ingin mendapatkan mobil baru dengan harga yang baik, Untuk melakukannya, Sahabat bisa mendatangi sejumlah dealer atau lembaga khusus yang menawarkan layanan tukar tambah mobil syariah.

Tukar tambah mobil syariah umumnya dilakukan dengan sejumlah langkah. Langkah-langkah tersebut adalah:

Mengisi Form Pendaftaran

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengisi form pendaftaran. Form pendaftaran sendiri biasanya tersedia secara offline ataupun online. Kalau mau yang praktis, Sahabat bisa mengisi form pendaftaran online yang tersedia di situs resmi dealer atau lembaga terkait.

Setelah mengisi form pendaftaran, biasanya Sahabat akan langsung dihubungi oleh pihak Customer Service dari pihak dealer. Entah lewat telepon maupun WhatsApp.

Pengecekan Mobil

Saat dihubungi, pihak dealer biasanya akan menanyakan sejumlah hal kepada Sahabat. Salah satunya adalah kapan mobil lama Sahabat bisa dicek oleh mereka. Bila ditanya demikian, beritahulah mereka hari atau tanggal berapa mobil Sahabat bisa dicek oleh mereka.

Setelah waktu ditentukan, pihak dealer akan mendatangi mobil Sahabat untuk melakukan pengecekan. Jika sekiranya mobil Sahabat dianggap layak, pihak dealer akan menawarkan harga jual yang cocok untuk Sahabat. 

Menentukan DP dan Melengkapi Data-Data Persyaratan Kredit Mobil Baru

Setelah harga jual disepakati, pihak dealer akan menawarkan kepada Sahabat berapa DP yang ingin Sahabat bayar. Apakah 50 persen, 75 persen, atau bahkan 100 persen.

Bila DP sudah ditentukan, Sahabat akan diminta mengisi data-data persyaratan untuk kredit mobil baru. Semisal KTP, NPWP, slip gaji, rekening koran, serta Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga: Keuntungan Kredit Mobil Syariah

Survei Cek Kelayakan dan Kedatangan Mobil Baru

Pihak dealer akan melakukan survei cek kelayakan setelah Sahabat memenuhi persyaratan yang sebelumnya telah diminta. Bila dianggap layak, pihak dealer akan membawa mobil lama Sahabat, lalu menggantinya dengan yang baru. Mobil baru sendiri akan datang sekitar 4-14 hari. Tergantung apakah Sahabat mau mobil baru tersebut datang dengan atau tanpa STNK.

Tips Melakukan Tukar Tambah Mobil Syariah

Agar proses tukar tambah mobil syariah berjalan mulus, Sahabat bisa melakukan beberapa tips dari kami. Tips-tips itu adalah:

Jagalah Kondisi Mobil Sahabat

Harga jual mobil sangat ditentukan oleh kondisi mobil tersebut. Terlepas apakah mobilnya mau dijual langsung atau bahkan ditukar tambah. Bila saat ini kondisi mobil Sahabat kurang baik, segeralah untuk memperbaikinya. Semakin baik kondisi mobil, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

Ketahuilah Berapa Harga Jual Mobil Sahabat

Bila sudah memastikan kondisi mobilnya, Sahabat jangan langsung menukar tambah mobil tersebut. Sahabat harus memastikan dulu berapa harga jual mobil Sahabat di pasaran. Mengetahui harga pasaran mobil Sahabat bisa membantu Sahabat dalam menentukan harga jual mobilnya ke dealer.

Pilihlah Dealer Syariah Terpercaya

Guna mengurangi risiko penipuan, pastikan untuk memilih dealer syariah yang bisa dipercaya. Sahabat bisa bertanya ke rekan atau mencari informasi di internet, bila ingin menemukan dealer syariah terpercaya.

Bila sudah menemukan dealer terpercaya, Sahabat mesti mendampingi pihak dealer selama mereka mengecek mobil mereka. Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah mereka betul-betul menjalankan pekerjaannya secara jujur atau tidak.

Seperti itulah langkah-langkah melakukan tukar tambah mobil syariah, serta tips untuk bisa melakukannya. Untuk Sahabat yang mau melakukan tukar tambah mobil syariah, semoga informasi kami itu bisa bermanfaat untuk Sahabat.

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

2023-11-22

Master silinder merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi penting dalam sistem pengereman mobil. Komponen ini memiliki cara kerjanya yang sederhana dalam menjala

thumbnail

Pahami Bagaimana Cara Kerja Sistem Starter Kendaraan

2020-11-27

Seiring berkembangnya teknologi, hampir di seluruh produk sepeda motor telah dilengkapi dengan starting system yang berfungsi sebagai tombol alternatif untuk meng

thumbnail

Fungsi Tang Snap Ring dan Penggunaannya dalam Perbaikan Mobil

2023-10-03

Memahami fungsi tang snap ring bagi pemilik mobil merupakan sebuah keharusan. Sebab,

thumbnail

Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Jenis & Ciri Kerusakannya

2022-12-05

Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai apa kegunaan dari oli shock absorber. Jika anda pernah melewati jalanan berlubang dan tidak rata saat mengendarai sebu