Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CVT Mobil
20 Mei 2022
Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CVT Mobil

Siapa sih yang tidak nyaman dengan kendaraan bertransmisi CVT? Ya, transmisi yang tidak menggunakan girboks ini memang lebih ringan dan banyak digemari oleh pengendara, apalagi pengendara yang baru belajar mobil.

Sayangnya, umur transmisi CVT dikenal lebih pendek dibandingkan dengan transmisi lainnya sehingga perlu perawatan yang baik untuk menjaga performa kendaraan Anda. Jika mengalami kerusakan, maka Anda perlu segera melakukan perbaikan pada transmisi CVT mobil Anda. Bagaimana caranya? Mari, intip tips hemat memperbaiki transmisi CVT mobil berikut ini!

Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CTV Mobil dengan Mudah

Membongkar girboks transmisi CVT

Agar jauh lebih hemat dalam memperbaiki CVT mobil, maka Anda bisa membongkar transmisi CVT mobil Anda untuk dilakukan perbaikan.

Hal ini sebenarnya sama dengan transmisi otomatis konvensional yang bisa overhaul dibongkar untuk perbaikan, maka transmisi CVT mobil pun demikian. Jadi, saat ada kerusakan transmisi CVT, biasanya akan diganti dengan assy.

Mengganti bagian yang rusak secara parsial

Tips hemat memperbaiki transmisi CVT mobil lainnya adalah dengan mengganti bagian yang rusak secara parsial. Penggantian ini termasuk pada seluruh komponen yang berada di dalam girboks, seperti sabuk baja atau belt yang sudah putus, maka perlu diganti beltnya saja.

Sabuk baja atau belt ini biasanya bisa rusak karena usia atau cara pemakaian yang terlalu berlebihan. Untuk itu, Anda perlu lebih memperhatikan komponen ini agar dapat menjaga keseimbangan mobil Anda.

Menghaluskan kembali permukaan pulley set

Tips selanjutnya adalah dengan menghaluskan kembali permukaan pulley set kendaraan Anda. Hal ini bisa dilakukan jika permukaannya sudah kasar dan bisa dihaluskan kembali, asalkan masih dalam batas toleransi. 

Jadi, jika permukaannya sudah tergerus cukup kasar, maka Anda perlu mengganti komponen ini segera untuk memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. 

Mengganti bagian yang rusak dengan sparepart original

Saat harus ada penggantian komponen pada transmisi CVT pada mobil Anda, maka pastikan Anda selalu menggunakan sparepart original sesuai pabrikan mobil Anda. Tujuannya adalah untuk menjaga keawetan part  CVT yang digunakan.

Jika Anda menggunakan part bekas atau copotan, maka dikhawatirkan kualitasnya tidak terukur, justru Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi jika selama penggunaan terjadi kendala pada mobil Anda.

Ikuti saran perawatan dari pabrik

Mobil dengan transmisi CVT memang didesain untuk melewati medan yang lurus dan lancar sehingga saran perawatannya pun berbeda dengan transmisi lainnya. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengikuti saran perawatan mobil transmisi CVT yang telah disarankan oleh pabrik.

Jika dirawat dengan baik, maka transmisi CVT bisa lebih awet dan bebas masalah. Untuk itu, penting bagi Anda agar tidak memaksakan mobil CVT Anda melewati medan yang berat, muatan mobil sesuai kapasitas, dan rutin mengganti oli transmisi CVT secara berkala. 

Hal ini bertujuan untuk menjaga performa kendaraan Anda agar tetap nyaman dikendarai dalam jangka waktu yang panjang. 

Saat Anda mengalami kerusakan pada transmisi CVT mobil Anda, maka penting bagi Anda untuk segera melakukan perbaikan. Nah, agar lebih hemat dan tidak menghabiskan banyak biaya, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas ya!

Untuk melakukan perbaikan maupun perawatan mobil transmisi CVT Anda, maka Anda bisa datang ke bengkel Daihatsu terdekat di kota Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kebutuhan.

Dapatkan layanan booking service online dengan mengisi form pada website resmi Daihatsu melalui link ini. Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala! 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor