Logo Daihatsu
Menu

Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CVT Mobil

Otomotif

2022-05-20

Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CVT Mobil

Siapa sih yang tidak nyaman dengan kendaraan bertransmisi CVT? Ya, transmisi yang tidak menggunakan girboks ini memang lebih ringan dan banyak digemari oleh pengendara, apalagi pengendara yang baru belajar mobil.

Sayangnya, umur transmisi CVT dikenal lebih pendek dibandingkan dengan transmisi lainnya sehingga perlu perawatan yang baik untuk menjaga performa kendaraan Anda. Jika mengalami kerusakan, maka Anda perlu segera melakukan perbaikan pada transmisi CVT mobil Anda. Bagaimana caranya? Mari, intip tips hemat memperbaiki transmisi CVT mobil berikut ini!

Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CTV Mobil dengan Mudah

Membongkar girboks transmisi CVT

Agar jauh lebih hemat dalam memperbaiki CVT mobil, maka Anda bisa membongkar transmisi CVT mobil Anda untuk dilakukan perbaikan.

Hal ini sebenarnya sama dengan transmisi otomatis konvensional yang bisa overhaul dibongkar untuk perbaikan, maka transmisi CVT mobil pun demikian. Jadi, saat ada kerusakan transmisi CVT, biasanya akan diganti dengan assy.

Mengganti bagian yang rusak secara parsial

Tips hemat memperbaiki transmisi CVT mobil lainnya adalah dengan mengganti bagian yang rusak secara parsial. Penggantian ini termasuk pada seluruh komponen yang berada di dalam girboks, seperti sabuk baja atau belt yang sudah putus, maka perlu diganti beltnya saja.

Sabuk baja atau belt ini biasanya bisa rusak karena usia atau cara pemakaian yang terlalu berlebihan. Untuk itu, Anda perlu lebih memperhatikan komponen ini agar dapat menjaga keseimbangan mobil Anda.

Menghaluskan kembali permukaan pulley set

Tips selanjutnya adalah dengan menghaluskan kembali permukaan pulley set kendaraan Anda. Hal ini bisa dilakukan jika permukaannya sudah kasar dan bisa dihaluskan kembali, asalkan masih dalam batas toleransi. 

Jadi, jika permukaannya sudah tergerus cukup kasar, maka Anda perlu mengganti komponen ini segera untuk memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. 

Mengganti bagian yang rusak dengan sparepart original

Saat harus ada penggantian komponen pada transmisi CVT pada mobil Anda, maka pastikan Anda selalu menggunakan sparepart original sesuai pabrikan mobil Anda. Tujuannya adalah untuk menjaga keawetan part  CVT yang digunakan.

Jika Anda menggunakan part bekas atau copotan, maka dikhawatirkan kualitasnya tidak terukur, justru Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi jika selama penggunaan terjadi kendala pada mobil Anda.

Ikuti saran perawatan dari pabrik

Mobil dengan transmisi CVT memang didesain untuk melewati medan yang lurus dan lancar sehingga saran perawatannya pun berbeda dengan transmisi lainnya. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengikuti saran perawatan mobil transmisi CVT yang telah disarankan oleh pabrik.

Jika dirawat dengan baik, maka transmisi CVT bisa lebih awet dan bebas masalah. Untuk itu, penting bagi Anda agar tidak memaksakan mobil CVT Anda melewati medan yang berat, muatan mobil sesuai kapasitas, dan rutin mengganti oli transmisi CVT secara berkala. 

Hal ini bertujuan untuk menjaga performa kendaraan Anda agar tetap nyaman dikendarai dalam jangka waktu yang panjang. 

Saat Anda mengalami kerusakan pada transmisi CVT mobil Anda, maka penting bagi Anda untuk segera melakukan perbaikan. Nah, agar lebih hemat dan tidak menghabiskan banyak biaya, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas ya!

Untuk melakukan perbaikan maupun perawatan mobil transmisi CVT Anda, maka Anda bisa datang ke bengkel Daihatsu terdekat di kota Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kebutuhan.

Dapatkan layanan booking service online dengan mengisi form pada website resmi Daihatsu melalui link ini. Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala! 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tanda-tanda Freon AC Mobil Minta Diganti

2022-04-28

Setiap tempat yang terdapat AC akan terasa dingin dan sejuk. Bahkan saat ini semua jenis mobil memiliki AC agar tetap dingin dan nyaman saat berkendara. Udara yang menja

thumbnail

Apakah Aki Basah Bisa Dicas? Ini Info dan Cara Mengatasinya!

2023-11-17

Apakah aki basah bisa di cas? Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan oleh orang yang awam mengenai dunia otomotif? Lantas apakah bisa? Yuk temukan jawaban selengkapnya

thumbnail

Plat DA Kota Apa? Simak Jawabannya di Sini!

2024-01-31

Apakah Anda sudah mengetahui plat DA berasal dari kota apa? Jika belum, mari perhatikan ulasan berikut. Plat DA dari Kota Apa?

thumbnail

Alasan Mengapa Saat Mengganti Fan Belt Ukurannya Harus Sama

2022-02-28

Fan belt merupakan komponen yang cukup penting pada mobil karena keberadaannya berhubungan langsung dengan beberapa komponen sekaligus seperti kompresor AC dan hidrolik