Logo Daihatsu
Menu

Tips Memasang Peredam Kabin Agar Tidak Bising

Otomotif

2022-06-24

Peredam Kabin

Suara bising sudah pasti sangat mengganggu kenyamanan, dimanapun Anda berada. Begitu juga jika terdengar suara yang bising saat berada di dalam mobil. Kenyamanan dan ketenangan berkendara sudah pasti akan terganggu. Untuk mengatasinya, sangat penting memasang peredam kabin di dalam mobil Anda tersebut.

Penyetelan ulang ruang kabin dengan memasang peredam suara akan memberikan banyak dampak positif, salah satunya mengurangi kebisingan. Dengan peredam suara yang berfungsi untuk meminimalisir kebisingan yang masuk dalam kabin, sudah pasti perjalanan Anda saat berkendara menggunakan mobil akan jauh lebih menyenangkan.

Tips Penting untuk Memasang Peredam Kabin dengan Mudah

Di pasaran telah beredar cukup banyak jenis peredam suara. Berbagai jenis material dapat Anda pilih untuk dijadikan peredam di dalam kabin mobil kesayangan Anda. Tapi, untuk pemasangannya tidaklah bisa sembarangan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Seperti halnya melihat posisi terlebih dulu sebelum memasang peredam. Agar bisa mendapat hasil maksimal dalam meminimalisir kebisingan. Berikut ini adalah tips untuk memasang peredam kabin agar hasilnya bisa lebih maksimal!

1. Pasanglah Peredam di Kap Mesin

Mesin mobil sudah pasti akan mengeluarkan suara yang sedikit mengganggu. Anda bisa memasang peredam suara di posisi tersebut. Tipsnya Anda harus memilih peredam yang berbahan alumunium dengan lapisan busa. Mengapa?

Peredam berbahan alumunium yang berlapis busa mampu meminimalisir kebisingan dalam kap mesin yang panas dengan lebih ampuh. Biasanya peredam jenis ini akan dijual dalam bentuk lembaran. Pasanglah di kap mesin bagian dalam agar lebih efektif.

2. Pasang Peredam di Kabin Mobil

Pada bagian kabin mobil, tidak bisa Anda pasang hanya selembar peredam. Peredam kabin harus Anda pasang di hampir keseluruhan bagian. Seperti pada plafon atau langit-langit kabin, kemudian di pintu, lantai kabin, dan frame dashboard.

Jangan lupa menggunakan peredam yang berbahan tebal seperti aspal misalnya. Gunanya ialah untuk mendapatkan peredaman bising dengan lebih maksimal. Bukan hanya suara bising dari luar saja yang bisa diminimalisir dengan penggunaan peredam bahan aspal, tapi juga meminimalisir panas yang masuk ke dalam kabin.

Bahkan, ketika Anda mengaktifkan audio, suara yang dihasilkan akan jauh lebih jernih dan enak didengar. Rasa nyaman saat berkendara sudah pasti akan berada pada tingkat maksimal, dan kabin mobil pun akan terasa jauh lebih dingin.

Langkah-langkah Memasang Peredam Kabin dengan Tepat

Selain memperhatikan tips di atas, sangat penting pula untuk memperhatikan bagaimana cara memasang peredam kabin dengan tepat. Inilah langkah-langkahnya. Simaklah dengan cermat!

  1. Sebelum memasang peredam, Anda wajib melakukan pemilihan bahan. Pilihlah bahan dengan daya serap tinggi. Baik untuk menyerap gelombang suara, menghilangkan resonansi, maupun mengurangi getaran.
  2. Lepaskan terlebih dulu bagian-bagian di dalam kabin, seperti jok, karpet, konsol, dan semua benda yang ada di bagian dasar kabin mobil. Berhati-hatilah saat melepasnya. Sedikit kecerobohan saja bisa membuat kabel-kabel putus. Jangan lupa pula untuk mengingat dengan detail posisi kabel, kalau perlu, gambarlah di kertas.
  3. Bersihkan terlebih dulu bagian yang akan dipasang peredam. Agar peredam bisa menempel dengan erat dan tahan lama.
  4. Pastikan peredam terpasang dengan benar dan tidak akan terlepas.
  5. Jika peredam sudah dipasang pada keseluruhan posisi yang Anda inginkan, maka pasang kembali komponen yang ada di kabin mobil dengan benar.

Baca Juga:  Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri

Jika Anda merasa ragu untuk memasang peredam kabin secara mandiri, datanglah ke bengkel Daihatsu! Teknisi ahli akan membantu Anda memasangnya dengan tepat dan tanpa adanya celah. Tak hanya itu, kami juga melayani segala macam service yang mobil Anda butuhkan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman berikut!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Aerodinamika: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya pada Kendaraan

2021-02-18

Mendengar kata aerodinamika dalam otomotif mengantarkan Anda tentang bayangan suatu kendaraan. Teknologi yang satu ini pada mulanya dikembangkan untuk pesawat terbang.&n

thumbnail

Terlihat Lebih Mewah, Yuk Intip Cara Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam

2021-01-06

Mobil warna hitam seringkali menjadi pilihan oleh banyak orang, karena warnanya yang terlihat maskulin dan elegan. Namun untuk merawat body mobil dengan warna hitam tak

thumbnail

AC Mobil Serta Cara Kerjanya

2020-12-03

AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim

thumbnail

Cara Mencegah Piston Kaliper Rem Macet

2022-04-07

Kendaraan yang memiliki rem kurang pakem pastinya akan sangat membahayakan. Rem yang tidak berfungsi secara optimal bisa saja menyebabkan kecelakan yang tentunya sangatl