Logo Daihatsu
Menu

Tips Mengatur Sorot Lampu yang Tepat Agar Aman untuk Perjalanan di Malam Hari

Otomotif

2022-06-26

Mengatur Sorot Lampu yang Tepat

Sahabat pasti pernah mengalami keadaan disaat lampu kendaraan tidak tersorot dengan baik bukan? Untuk itu, pentingnya mengatur sorot lampu yang tepat sangat diperlukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Arah lampu yang kurang tepat tidak hanya berbahaya pada diri sendiri, tetapi juga bisa berbahaya pada orang lain. Sorot lampu kendaraan yang kurang tepat berakibat kepada diri sendiri seperti penglihatan dan kenyamanan akan terganggu. Orang lain yang berkendara di berlawanan arah juga akan terganggu dengan sorot lampu yang kurang tepat tersebut.

Tips Mengatur Sorot Lampu yang Tepat untuk Keselamatan Bersama

Untuk mengatur sorot lampu yang kurang tepat, sahabat bisa melakukan secara mandiri jika sahabat tidak sempat pergi ke bengkel untuk memperbaikinya. Segera lakukan penanganan yang tepat untuk kendaraan sahabat.

Jika sahabat sedang bingung bagaimana mengatur sorot lampu yang tepat, kami mempunyai solusi bagi sahabat untuk mengatur sorot lampu yang tepat apalagi untuk keselamatan bersama.

1. Parkir Kendaraan Di Tempat yang Rata dan Hadapkan Ke Tembok

Tips pertama yang bisa sahabat lakukan adalah dengan memarkirkan kendaraan sahabat di tempat yang rata. Jangan lupa untuk menghadapkan mobil ke arah tembok dan pastikan ruangan tersebut minim cahaya agar sorot lampu terlihat jelas.

Setelah kendaraan sahabat sudah terparkir dengan tepat, atur jarak kendaraan dengan tembok sekitar 7 hingga 7,5 meter. Pastikan setiap sisi kendaraan memiliki ketinggian yang sama.

2. Nyalakan Lampu Kendaraan dan Beri Tanda Arah Cahaya

Setelah sahabat memarkirkan kendaraan dengan tepat, selanjutnya adalah nyalakan lampu kendaraan dan melihat arah cahaya dua lampu yang ada di depan mobil. Lalu ukur titik fokus sebelah kanan dan sebelah kiri.

Jika sahabat bingung bagaimana cara memberi tanda, sahabat bisa melakukannya dengan menggunakan selotip hitam yang bisa sahabat tempel di tembok. Dengan begitu sorot lampu akan kelihatan apakah lampu sebelah kanan dan kiri memiliki ketinggian yang sama atau tidak.

3. Membuka Kap Mesin

Apabila setelah sahabat mengukur sorot lampu sebelah kanan dan kiri mengalami perbedaan, sahabat bisa langsung membuka kap mesin untuk mengatur arah cahaya secara manual.

Biasanya pengaturan di setiap mobil berbeda-beda, tetapi mayoritas mempunyai pengaturan yang terletak di balik lampu depan. Untuk mencari dimana letak pengaturan tersebut, sahabat bisa mencari dengan bantuan senter. Jangan lupa agar tetap waspada.

4. Atur Ketinggian Arah Cahaya

Setelah sahabat menemukan pengaturan di kap mesin, selanjutnya adalah mengatur ketinggian arah cahaya. Namun, setiap mobil memiliki cara yang berbeda. Ada yang melakukannya dengan menggunakan obeng, ada juga yang menggunakan kunci L atau kunci bintang.

Pengaturan tersebut memiliki dua buah yaitu untuk mengatur ketinggian dan untuk mengatur kanan kiri arah cahaya lampu tersebut. setelah itu sahabat bisa menentukan bagaimana arah cahaya yang tepat.

Untuk arah cahaya, disarankan agar arah sejajar dengan badan mobil. Begitu juga dengan ketinggian mobil jangan terlalu ke atas maupun ke bawah. Harus menyesuaikan dengan tepat dan sesuai agar mendapat sorot cahaya yang tepat.

Bagaimana sahabat setelah membaca beberapa tips tersebut, sangat mudah bukan? Namun, jika sahabat tidak sempat melakukannya sendiri, sahabat juga bisa menggunakan layanan service dari kami, Daihatsu untuk hasil yang lebih maksimal. Pastinya layanan yang kami sediakan ditangani oleh tenaga profesional dan harga yang sangat terjangkau. Segera hubungi kami untuk lebih lanjut.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk, Simak Cara Memperbaiki Solenoid yang Rusak dengan Mudah

2021-01-14

Setiap komponen yang ada di mesin sangat vital bagi kinerja kendaraan roda empat. Salah satu bagian penting yaitu komponen karburator. Pada karburator sendiri terdapat k

thumbnail

Pengertian Powertrain Control Module (PCM) & Cara Kerja

2022-08-15

Powertrain Control Module atau PCM menjadi salah satu bagian dari komponen mobil yang harus diketahui. Pada dasarnya, PCM merupakan bagian dari

thumbnail

Plat ED Daerah Mana? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini!

2024-01-31

Apakah Anda sudah mengetahui daerah asal kendaraan dengan plat ED? Jika belum, Anda perlu mengetahui asal daerah tersebut dengan memperhatikan ulasan di bawah ini.

thumbnail

Cara Paling Simpel Mengecek Mesin Mobil Bekas

2020-11-19

Cara mengecek mesin mobil bekas merupakan satu tips yang harus dipahami sebelum membeli mobil bekas. Nggak mau kan sudah keluar uang banyak tapi mobil bekas yang dibeli kondisinya meragukan? Apalag