Logo Daihatsu
Menu

Tips Mengendarai Mobil Saat Banjir

Otomotif

2020-11-17

tips mengendarai mobil saat banjir

Melewati jalanan yang banjir saat berkendara adalah hal yang gampang-gampang susah. Perlu langkah tersendiri supaya kita bisa melewati jalanan yang banjir, namun tidak bikin mobil kita terjadi masalah.

Untuk itulah, mengetahui tips mengendarai mobil saat banjir adalah hal yang penting buat diketahui. Untungnya, tips tersebut bisa Sahabat temukan di artikel ini. Adapun tips mengendarai mobil saat banjir sendiri adalah sebagai berikut!

Perhatikanlah Seberapa Tinggi Genangan Air

Sebelum memutuskan untuk melewati jalanan yang banjir, Sahabat harus memperhatikan tinggi dari genangan airnya. Adapun cara untuk melakukannya adalah melihat apakah airnya sudah mencapai ketinggian setengah ban atau tidak.

Jika tingginya sudah mencapai setengah ban atau lebih, kami sarankan untuk mencari jalan lain. Atau, menunggu hingga ketinggian airnya berkurang. Kalaupun terpaksa untuk melewati jalan tersebut, pastikan agar bagian filter udara pada mobil tidak kemasukan air banjir.

Jika itu yang terjadi, maka air bisa masuk ke dalam ruang pembakaran dan menimbulkan kerusakan pada bagian mesin. Selain memastikan filter udara, Sahabat juga mesti melakukan tips nomor 2 dan 3 yang ada di bawah ini!

Melajulah Secara Perlahan

Saat menemui jalanan yang banjir, cobalah untuk melaju secara perlahan. Melaju secara perlahan sangat membantu Sahabat terhindar parit atau jalanan berlubang yang terhalang oleh banjir.

Agar mobil bisa melaju secara perlahan, pastikan agar Sahabat memakai gigi rendah. Terlepas apakah mobil Sahabat memakai transmisi manual atau matic. Pastikan pula untuk tidak mengocok gas dan menaikkan kopling ke posisi setengah, agar mobil tidak menimbulkan riak air.

Gunakanlah Gear Satu

Kalau Sahabat tak sengaja melaju dalam kecepatan tinggi, Sahabat bisa memakai gear satu sekaligus memainkan bagian kopling. Hal itu dilakukan agar mobil tidak menimbulkan riak air.

Riak air yang dihasilkan mobil sendiri bisa mengenai bagian penting pada mobil. Semisal pompa bensin ataupun busi. Jika air sampai mengenai bagian-bagian itu, mobil Sahabat bisa-bisa akan mengalami mogok. Riak air juga bisa saja mengenai mobil atau motor lain yang melintas tak jauh dari mobil Sahabat.

Keringkanlah Rem Mobil

Tips ini dilakukan saat Sahabat berhasil melewati jalanan yang banjir. Mengeringkan rem sendiri sangat penting, agar remnya tidak rusak dan kehilangan fungsinya.

Ada beberapa tahap dalam mengeringkan rem mobil. Pertama, jalankan kendaraan dalam kecepatan rendah. Kira-kira sekitar 5 km/jam. Habis itu, injak pedal rem berkali-kali. Langkah tersebut untuk memastikan apakah rem masih berfungsi dengan baik atau malah sebaliknya.

Selain langkah di atas, Sahabat juga bisa melakukan langkah lain. Langkah tersebut tak lain adalah menginjak pedal rem dan pedal gas secara bersamaan selama 20 detik. Pastikan pedal rem dan gas diinjak secara perlahan.

Matikanlah Mesin Bila Mobil Mogok

Kalau yang ini harus dilakukan jika mobil Sahabat mogok akibat air banjir. Matikan segera mesin bila tanda-tanda mobil mogok sudah mulai terlihat. Hal itu untuk menghindari kerusakan parah pada mesin mobil.

Saat mematikan mesin, Sahabat bisa mengecek oli mesin, transmisi, serta minyak rem. Khusus untuk oli, pastikan untuk langsung menggantinya, bila warna olinya mulai keruh. Cara ini sebisa mungkin dilakukan di tempat yang bebas banjir.

Demikianlah tips mengendarai mobil terendam banjir. Mudah-mudahan bisa dipraktekkan saat Sahabat harus berkendara di tengah jalanan yang banjir. Sampai jumpa dan selamat berkendara, ya!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Penyebab Ketidakstabilannya Standar RPM Mobil Injeksi

2021-01-06

Ketika membicarakan otomotif pada kendaraan bermotor, pada bagian spesifikasinya Anda pasti akan menemukan istilah rpm. Meski begitu banyak orang yang masih belum mengen

thumbnail

Terasa Beda, Begini Cara Membuat Mesin Mobil Halus Kembali

2021-03-24

Anda mungkin sering mengira bahwa mobil dengan suara mesin kasar hanya dimiliki oleh mobil yang sudah lama. Namun, kondisi mobil baru juga ternyata bisa memiliki suara m

thumbnail

Penyebab Munculnya Kerak Karbon Pada Ruang Bakar

2022-04-12

Apakah Anda sudah mengetahui alasan mengapa performa mesin bisa semakin menurun? Penyebabnya karena banyaknya kerak karbon yang menumpuk pada ruang bakar. Selain perform

thumbnail

Pengertian dan Fungsi Resonator Pada Mobil

2021-02-15

Agar mobil bisa berjalan dengan baik, maka terdapat beberapa komponen penting yang disematkan di dalamnya. Salah satu komponen ya