Logo Daihatsu
Menu

Tips Mengendarai Xenia di Daerah Pegunungan

Otomotif

2021-11-20

Tips Mengendarai Xenia di Daerah Pegunungan

Beberapa tips Xenia daerah pegunungan dalam ulasan ini merupakan rangkuman untuk Anda. Ya, khusus untuk Anda yang ingin menaklukkan pegunungan dengan tunggangan imut seperti Xenia.

Mungkin Anda akan bertanya dan sangat penasaran bagaimana kemampuan Xenia saat menjajaki daerah pegunungan. Apa iya mobil dengan cc imut ini bisa menaklukkan pegunungan. Simak terus ulasan dan tipsnya berikut ini.

Tips Xenia Daerah Pegunungan yang Patut Anda Coba

Mengendarai mobil di daerah pegunungan memang sangat menyenangkan. Anda dapat melihat kawasan hijau sepanjang mata memandang juga menghirup udara segar nan sejuk.

Tapi kondisi jalur pegunungan biasanya berkelok dan menanjak. Kondisi ini bisa berpengaruh pada kekuatan mobil yang Anda gunakan. Lalu bagaimana dengan mobil sejuta umat Xenia, mampukah mobil ini melewati tanjakan demi tanjakan.

Jawabannya adalah iya. Anda jangan meragukan kemampuan si mungil ini. Meski kapasitas cc termasuk kecil namun Xenia tentu saja bisa melewati rintangan berupa tanjakan yang ada di pegunungan.

Nah, beberapa tips berikut ini merupakan solusi yang bisa Anda coba saat mengendarai Xenia melewati jalan tanjakan di daerah pegunungan.

Isi Tangki Mobil Hanya ¼ Saja

Karena xenia termasuk imut dengan cc kecil maka ada baiknya jika Anda mengisi tangki hanya ¼ saat akan melalui tanjakan. Hal ini berguna untuk mengurangi beban mobil agar tidak terlalu berat saat melewati tanjakan.

Lakukan Ancang-Ancang Atau Start Awal Sebelum Menanjak

Untuk tips yang kedua ini memang merupakan solusi yang harus Anda lakukan agar mobil Anda dapat menaiki tanjakan tanpa kendala. Anda bisa mulai start gear 1 dan gas sampai dengan 3500 rpm.

Selanjutnya geser tuas transmisi ke gigi dua dan pertahankan pada rpm 3500 – 4000 hingga Anda tiba di atas.  Hal ini berguna supaya mobil tak kehabisan tenaga di tengah perjalanan menanjak.

Matikan AC

Anda juga melakukan tips Xenia daerah pegunungan yang ketiga ini bila ingin menanjak melewati pegunungan dengan menunggangi mobil Xenia. Mengapa, karena mematikan ac saat menanjak bisa menambah performa mesin.

Bagaimana bisa? Sudah pasti bisa karena kompresor AC yang bergerak menggunakan belt dalam posisi mati sehingga beban mesinnya berkurang. Dan ini berguna untuk menambah tenaga untuk menanjak.

Gunakan Gigi Rendah Bila Akan Melalui Tanjakan Ekstrim

Jika daerah pegunungan yang akan Anda lewati ternyata memiliki tanjakan yang ekstrim maka sebaiknya gunakan gigi rendah. Anda bisa menggunakan gigi satu dan tak perlu menginjak gas dalam-dalam.

Xenia memang memiliki cc yang kecil namun rpmnya tinggi. Sehingga yang harus Anda perhatikan adalah kendalikan gas dengan benar agar mobil tetap kuat dan melaju sampai ke atas.

Itulah Tips Xenia Daerah Pegunungan

Itulah 4 tips untuk melewati daerah pegunungan dengan aman menggunakan Xenia. Selain itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum dan saat melewati tanjakan pegunungan. Hal yang harus Anda perhatikan tersebut antara lain:

  1. Tak hanya kendaraan yang harus siap, diri Anda pun harus siap saat akan bepergian melewati daerah pegunungan. Artinya kondisi fisik Anda harus fit saat akan mengemudikan kendaraan.
  2. Bila ingin menyalip kendaraan lain pastikan kondisi aman terlebih dahulu.
  3. Kurangi kecepatan saat Anda akan melewati tikungan.
  4. Kondis jalan pegunungan biasanya banyak blind spot. Karena itu Anda harus tetap waspada jika pandangan terhalang blind spot seperti pepohonan dan lainnya.

Bila ingin mengetahui lebih jelas informasi mengenai kekuatan Xenia terutama dalam melewati pegunungan, Anda bisa menghubungi CS Daihatsu. Atau bisa juga langsung mengunjungi websitenya di website berikut ini.

Demikianlah ulasan dan tips Xenia daerah pegunungan. Tak perlu khawatir untuk melaju bersama Xenia karena sudah terbukti kuat menaklukkan tantangan dan tanjakan di daerah pegunungan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kenali Ciri-Ciri Pompa Solar yang Rusak

2021-01-12

Jenis mobil diesel saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat dalam negeri. Sedikit berbeda dengan mobil yang memiliki bahan bakar bensin. 

thumbnail

Fungsi Penting Oil Seal dan Jenisnya, Yuk Simak!

2023-07-31

Oil seal berfungsi untuk melindungi pelumas mesin agar selalu berada pada mesin mobil sehingga tidak terkontaminasi dengan kotoran. Dengan begitu, mesin terbebas dar

thumbnail

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bandung 2023, Cek Jadwalnya!

2023-10-07

Di tahun 2023 ini, Pemerintahan Provinsi Jawa Barat kembali mengadakan Program Pemutihan Pajak Kendaraan sehingga Pemutihan Pajak Kendaraan Bandung juga digelar. Ole

thumbnail

Kapan Ganti Kampas Kopling Mobil yang Tepat?

2020-12-03

Melakukan perawatan mobil jangan cuma memerhatikan mesin dan eksteriornya saja. Untuk kampas