Logo Daihatsu
Menu

Tips Mengetahui Tanda-tanda Odometer Reset Pada Mobil Bekas

Otomotif

2022-07-06

Odometer Reset

Membeli mobil bekas kerap kali menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki sebuah mobil dengan harga yang miring. Sudah banyak mobil bekas yang dijual di pasaran. Mobil bekas tidak sepenuhnya buruk jika Anda lebih teliti. Salah satu yang harus diperhatikan adalah apakah mobil bekas tersebut mengalami odometer reset? Langkah mereset odometer sendiri kerap kali diambil oleh para penjual mobil bekas yang tidak jujur. 

Odometer Reset

Odometer sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai penunjuk jarak tempuh kendaraan. Dalam memilih mobil bekas, salah satu yang patut sahabat pertimbangkan adalah odometernya. Beberapa orang berpendapat bahwa odometer yang rendah pada mobil bekas menandakan mobil tersebut masih layak. Namun, ada saja pedagang nakal yang melakukan odometer reset agar harga jual menjadi lebih tinggi. 

Tanda-tanda Odometer Reset yang Perlu Diperhatikan

Agar Anda tidak salah memilih mobil bekas, simak beberapa tanda-tanda odometer yang mobil bekas telah mengalami reset. 

1 . Mobil bekas yang tidak mengalami odometer reset umumnya memiliki kondisi ban yang bagus

Hal pertama yang harus Anda perhatikan yakni kondisi ban mobil bekas yang hendak dimiliki. Jika jarak tempuh mobil bekas tersebut masih rendah, umumnya ban yang digunakan adalah ban bawaan mobil tersebut. Selain itu, ketebalan ban mobil juga masih bagus. Namun ada juga penjual yang sengaja mengganti ban mobilnya agar harga jual lebih tinggi. 

2. Amati kondisi pegangan setir pada mobil bekas

Amati kondisi pegangan setir mobil bekas yang Anda pilih. Apabila kondisi masih bagus, tidak mengkilap, serta tidak terkelupas, sudah dipastikan jarak tempuh mobil tersebut masih rendah. Namun jika mobil sering digunakan, maka akan terlihat pegangan setir yang mengkilap dan retak. Anda perlu waspada. Beberapa pedagang curang melakukan odometer reset untuk menutupi kekurangan pada interior mobil bekas. 

3. Kondisi rem tangan mobil bekas

Tidak hanya pegangan setir mobil saja yang perlu sahabat perhatikan. Lihat juga kondisi rem tangan mobil bekas yang Anda pilih. Apabila kulit rem tangan masih bagus, kemungkinan odometer mobil bekas tersebut masih rendah. Namun jika rem tangan dengan kondisi mengkilap atau bahkan mengalami sobek di bagian kulit namun jarak tempuh masih rendah, bisa saja mobil tersebut mengalami odometer yang telah di reset. 

4. Mengecek buku servis mobil

Tips terakhir yang paling ampuh untuk mengetahui tanda-tanda odometer reset adalah mengecek buku servis mobil tersebut. Buku servis pasti mencatat riwayat servis mobil bekas yang Anda hendak beli. Dari sana pula Anda dapat melihat jarak tempuh mobil tersebut. Anda bisa kunjungi bengkel tempat di mana mobil tersebut di servis untuk memastikan lebih jauh. Anda juga bisa melihat seberapa sering mobil bekas tersebut mengalami servis selama pemakaiannya. 

Anda ingin mencari mobil impian? Daihatsu jawabannya. Kami menghadirkan berbagai produk mobil yang pastinya kualitas terbaik. Dari segi harga juga bisa dipastikan bersahabat dengan kantong. Kami menghadirkan mobil Rocky, Ayla, Sigra, Xenia, All New Terios, New Sirion, Luxio, dan masih banyak lagi. Tentu setiap mobil dari Daihatsu  memiliki keunggulannya sendiri. Mobil keluaran Daihatsu tidak hanya unggul, tapi juga hadir dengan model yang trendy dan keren. Pilihan warna juga bervariasi, sahabat dapat menyesuaikan dengan selera. Demikianlah informasi tips  tanda-tanda odometer reset mobil bekas. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Penyebab Mesin Mobil Mati saat Injak Kopling

2020-12-03

Salah satu penyakit mobil dengan transmisi manual adalah soal kopling. Saat kopling dilepas atau diinjak, keduanya bisa membuat mesin mobil mati dan bikin panik si pengemudi. Ada dua hal yang berhu

thumbnail

Jangan Sampai Rusak, Berikut Fungsi Timing Belt Serta Perawatannya

2021-01-08

Timing Belt merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada mesin. Komponen tersebut berfungsi untuk menggerakkan beberapa bagian mesin lainnya agar ber

thumbnail

Bagaimana Posisi Jarum Temperatur Mobil yang Normal? Yuk Cek!

2023-09-29

Mengetahui posisi jarum temperatur mobil yang normal merupakan hal yang wajib diketahui pemilik mobil. Dengan begitu, permasalahan mobil seperti kebocoran sistem pen

thumbnail

Ciri-Ciri Selang Radiator Mobil Rusak dan Perlu Diganti

2021-08-31

Selang radiator sering tidak dianggap penting padahal termasuk salah satu komponen yang bermanfaat sebagai pendingin mesin mobil. Selang radiator berfungsi untuk mengali