Logo Daihatsu
Menu

Unik dan Menarik, Ini 4 Inspirasi Kerajinan Budaya Lokal

Travel

2021-03-31

kerajinan budaya lokal

Indonesia bisa dikatakan sebagai  gudangnya budaya dan kearifan lokal. Jika Anda datang ke suatu wilayah, mereka pasti memiliki berbagai keunikan yang membedakannya dengan daerah lainnya. 

Ini adalah salah satu warisan yang sudah sepatutnya kita lestarikan. Banyak pengrajin yang mulai mengembangkan karya dengan inspirasi kerajinan budaya lokal, simak contohnya sebagai berikut.

1. Batik Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Batik mulai dikembangkan oleh pengrajinnya dengan menyadur unsur budaya mulai dari cerita rakyat, symbol, dan bahkan mitos yang ada di daerah tersebut. 

Setiap pengrajin juga dapat mengembangkan gayanya sendiri untuk memproduksi sebuah motif yang sangat menarik. Semakin beragam dan rumit corak yang dilukis maka harga batik juga semakin mahal.

Tahukah Anda jika batik sudah di sahkan menjadi salah satu warisan budaya Indonesia? Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO sebagai salah satu organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dibawah naungan PBB telah mengukuhkan hal tersebut. Tak heran jika batik sudah semakin dikenal dan menjadi inspirasi kerajinan budaya lokal Indonesia. 

2. Kerajinan Ukir atau Seni Pahat

Jika Anda pernah datang mengunjungi candi, tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya relief. Relief merupakan salah satu bentuk kerajinan ukir yang dibuat untuk menceritakan kondisi pemerintahan, mitos, atau ajaran keagamaan pada jamannya. 

Hingga saat ini, seni ukir masih terus berkembang dan masih banyak yang mengangkat unsur budaya.

Seni ukir bisa dilakukan di berbagai media. Media yang bisa digunakan diantaranya adalah logam, batu dan juga kayu. Salah satu hal yang mengesankan, kerajinan ukir masih dapat terus berkembang dan malah semakin banyak pengrajin yang menggabungkan unsur budaya dengan nuansa modern sehingga seni ukir masih dapat dinikmati dan tidak ketinggalan jaman.

Baca juga: Belajar Budaya Bali di 5 Desa Ini

3. Kerajinan dari Seni Anyaman

Menganyam adalah salah satu bentuk kerajinan budaya lokal Indonesia yang tak kalah menarik. Anyaman dulunya merupakan teknik yang banyak digunakan karena memang kondisinya saat itu belum banyak media dan alat seperti mesin jahit. 

Teknik mengunci satu bahan dengan bahan lainnya secara tumpang tindih menjadi salah satu cara yang umum digunakan.

Jika Anda ingin membuat sebuah karya seni, Anda dapat menggunakan teknik yang satu ini. Teknik tersebut dapat Anda gunakan jika Anda ingin membuat sebuah kerajinan dari bahan tumbuhan. 

Sebenarnya apa alasan teknik ini banyak digunakan untuk kerajinan dari tumbuhan? Alasannya karena tumbuhan memiliki model yang cukup lentur sehingga mudah dibentuk.

4. Kerajinan Tenun Khas Indonesia

Tak hanya batik, kerajinan yang menghasilkan kain motif menarik dan unik adalah kerajinan tenun. Kerajinan yang satu ini sangat berkembang dan menjadi salah satu hal yang dapat dibanggakan karena teknik tenun sangat menggambarkan kebudayaan Indonesia. Wilayah yang terkenal dengan hasil tenunnya adalah Palembang, NTT, dan NTB. 

Daerah tersebut mengembangkan berbagai motif yang berbeda beda sehingga menjadi ciri khas kain tenun produksi daerah tersebut. 

Jika Anda pernah melihat motif kain tenun dengan model bintang berantai dan nago bersaung, artinya Anda telah melihat motif khas kain tenun khas Palembang. Sangat beragamnya motif membuat tenun menjadi salah satu inspirasi kerajinan budaya lokal.

Baca Juga: Selain Batik! Ini 5 Oleh-oleh Khas Pekalongan Ini Tak Kalah Menarik

Demikianlah 4 jenis kebudayaan yang dapat Anda angkat dan Anda jadikan inspirasi dalam berkarya. Karya yang akan Anda hasilkan akan erat dengan unsur lokal jika Anda berhasil memadukan ide yang Anda punya dengan jenis kebudayaan yang telah disebutkan sebelumnya. Walaupun zaman sudah berkembang, bukan berarti kebudayaan lokal tidak bisa turut eksis.

 

cc image: Yan Arief flickr


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

17 Tempat Wisata di Maluku, Kekayaan Alam dan Sejarah yang Memukau Wisatawan

2021-01-18

Maluku adalah provinsi di bagian timur Indonesia dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Tidak jarang, banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang men

thumbnail

Paling Bikin Kangen, Berikut 25 Makanan Khas Solo yang Ingatkan Memori Tempo Dulu

2021-01-31

Solo menjadi kota yang tujuan destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah. Bagaimana tidak, kota yang kental dengan adat Jawa ini juga memiliki beragam kekayaan termasuk pad

thumbnail

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Bagi Kaum Backpacker

2020-12-08

Tempat wisata di Surabaya merupakan daftar tempat yang bisa kamu kunjungi ketika plesir di Surabaya alias kota pahlawan. Sekarang ini menjadi seorang backpacker merupaka

thumbnail

Berikut Ini 4 Tips Traveling untuk Wanita yang Ingin Bepergian Sendiri (Solo Traveling)

2021-08-08

Ada kalanya seorang wanita ingin bepergian seorang diri, karena mencari sarana healing dan refreshing pikiran dari segala penatnya kehidupan. Jika Anda ter