Logo Daihatsu
Menu

Untuk Diet hingga Menjaga Mental, Inilah 7 Manfaat Rutin Bersepeda

Family

2020-12-15

bersepeda

Rutin bersepeda adalah solusi terbaik untuk memiliki tubuh sehat dan meningkatkan daya imun. Tidak perlu terlalu lama, berkeliling di area sepi seperti kompleks perumahan atau jalan dekat rumah selama setengah jam pun sudah memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Bersepeda memang memiliki banyak manfaat. Olahraga yang ramai diperbincangkan di tengah pandemi ini tidak dapat dimungkiri mampu melatih kebugaran dan kesehatan tubuh, terlebih jika dilakukan dengan rutin.

Berikut adalah 7 manfaat bersepeda secara rutin. Tidak hanya untuk kesehatan fisik loh, Sahabat. Bersepeda secara rutin juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Yuk simak!

Melatih Kinerja Otot

Jika seseorang mengalami cedera atau bahwa patah tulang di bagian kaki, ketika sudah dioperasi dan menjalani fisioterapi, pasien akan diberi pelatihan menggerakkan kaki seperti mengayuh sepeda. Hal tersebut dikarenakan gerakan mengayuh sepeda adalah gerakan yang pas untuk melatih otot kaki supaya lebih kuat. Maka dari itu, ketika seseorang rutin bersepeda, otot pada kakinya akan lebih baik kinerjanya dibanding mereka yang tidak.

Mengontrol Berat Badan

Diet tidak hanya mengenai bentuk tubuh ideal supaya terlihat ramping. Diet juga tentang menjaga berat badan supaya risiko terkena penyakit berat seperti kolesterol tidak terjad. Bersepeda secara rutin sudah pasti akan memberi manfaat tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bersepeda selama satu jam akan membakar sekitar 300 kalori. Jika begini, bersepeda secara santai bersama keluarga bisa menjadi kegiatan asyik, untuk rekreasi sekaligus menjaga berat badan karena kalori banyak yang dibakar.

Jantung Tetap Sehat

Satu penyakit paling mematikan di dunia adalah serangan jantung. Alat vital satu ini memang sangat berharga bagi manusia sehingga harus dijaga kesehatannya.

Tidak hanya otot kaki yang banyak mengayuh pedal, ketika bersepeda, otot jantung juga akan lebih aktif dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Aktifnya kinerja otot jantung membantu kesehatan jantung tetap terjaga karena lemak dalam darah berkurang.

Mengikis Risiko Diabetes

Rajin beraktivitas fisik akan membuat tubuh lebih sering bergerak dan organ-organ di tubuh terjaga fungsinya. Bersepeda bisa menjadi kegiatan olahraga yang patut dicoba untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebuah riset yang dilakukan di universitas di Finlandia menyebutkan bahwa bersepeda selama setengah jam bisa mengurangi risiko terkena diabetes hingga 40% loh, Sahabat.

Meningkatkan Fokus dan Tidur Lebih Nyenyak

Melakukan kegiatan fisik seperti bersepeda akan meningkatkan kadar dopamin, norepinefrin, hingga serotonin di otak. Dengan demikian, fokus akan meningkat sehingga ketika bekerja atau belajar akan lebih mudah loh, Sahabat.

Dengan fokus yang tetap terjaga selama belajar dan bekerja, Sahabat tidak akan mudah merasa mengantuk. Kegiatan di siang hari tetap terlaksana dengan lancar sehingga ketika malam akan merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Jika begini, tidur akan lebih nyenyak.

Meningkatkan Endorfin

Ketika bersepeda, jantung bekerja dengan baik. Jantung akan memompa darah ke seluruh bagian tubuh secara lancar, terutama ke otak. Hormon endorfin yang dihasilkan oleh otak akan meningkat karena aliran darah yang lancar tersebut.

Meningkatkan produksi endorfin membuat tubuh terasa nyaman dan rasa bahagia meningkat. Di titik ini, orang yang rajin bersepeda akan mengalami penurunan rasa stres dan emosi berlebih.

Itulah 7 manfaat bersepeda yang bisa dirasakan tubuh jika dilakukan secara rutin. Yang pasti, dengan meningkatkan kegiatan fisik seperti berolahraga akan menimbulkan sikap gaya hidup sehat.

Karena sedang masa pandemi, sebaiknya Sahabat tetap mematuhi protokol kesehatan ya. Jangan berkerumun sehingga sebaiknya jika tidak mau bersepedea sendiri, maksimal lakukan bersama 4 orang saja. Tidak lupa memakai masker dengan benar.

Patuhi rambu lalu lintas. Jangan sampai mengganggu pengguna jalan lain, terutama pejalan kaki. Pakai pelindung diri seperti helm khusus sepeda hingga pelindung siku dan lutut agar tetap aman!


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kuliah Sambil Kerja Bukanlah Hal Mudah, Tapi Kamu Bisa Jalani dengan 7 Tips Ini

2020-12-08

Pada artikel ini akan diungkap tips tentang kuliah sambil kerja dan bagaimana dampaknya terhadap mahasiswa. Saat ini, banyak sekali mahasiswa yang mengambil pekerjaan sa

thumbnail

Pentingnya Edukasi Anak dalam Berbagai Hal

2020-11-27

Orang tua tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan finansial buah hati, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi anak sedari dini

thumbnail

5 Bentuk Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Oleh Suami

2020-11-10

Membangun rumah tangga yang bahagia dapat direalisasikan dengan saling memenuhi kewajiban terhadap

thumbnail

Kumpulan Orang Sukses Tanpa Kuliah

2020-12-16

Orang sukses tanpa kuliah adalah orang yang sering kali menjadi panutan banyak orang, terutama orang-orang yang memang kurang beruntung tidak bisa kuliah namun memiliki