Logo Daihatsu
Menu

Waspada! 5 Hal Penyebab Mobil Terbakar Yang Patut Dihindari

Otomotif

2021-01-12

penyebab mobil terbakar

Mobil yang terbakar dengan sendirinya tentu menjadi permasalahan yang bisa membahayakan jiwa. Sebagian dari Anda mungkin hanya mengira jika mobil hanya dapat terbakar akibat terdapat komponen yang rusak. Faktanya,ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan dalam ulasan berikut.

1. Mesin Mobil Yang Terlalu Panas

Akibat penggunaan mobil dalam jangka waktu lama, mesin akan mengalami peningkatan suhu dan menjadikannya overheating. 

Mesin yang bekerja terlalu keras juga dapat menyebabkan kendaraan terbakar. Pasalnya, kondisi mesin yang memanas dapat meningkatkan suhu pada oli yang akhirnya menyebabkan kebocoran dan memicu api.

Menurut sebuah penelitian pakar otomotif, kerusakan radiator dan katup mesin menjadi pemicu mesin cepat panas. Jika kondisi tersebut terjadi secara berkesinambungan maka tak menutup kemungkinan berpotensi menyebabkan kebakaran mobil. 

Sebagai langkah pencegahan, selalu periksa bagian dashboard mobil. Jika dashboard memanas, maka segera matikan mobil.

Baca Juga: 6 Langkah Awal Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat

2. Oli atau Bahan Bakar Bocor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi mesin yang panas dapat menjadi penyebab mobil terbakar. Perlu Anda ketahui, oli dan bahan bakar merupakan salah satu struktur dalam mobil yang berisiko bocor. 

Khususnya jika mobil sedang digunakan, bagian dari ruang penyimpanan oli dan bahan bakar akan mudah memanas.

Tak hanya oli dan bahan bakar, cairan lain seperti solar, cairan pendingin mobil, power steering, dan transmisi juga dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya mobil. 

Cara ampuh untuk mencegah kebakaran mobil akibat kebocoran bahan bakar, adalah dengan rutin melakukan perawatan terhadap sirkulasi oli dan bahan bakar.

3. Kerusakan Aliran Listrik

Pada dasarnya, mobil memiliki aliran listrik yang mudah mengalami kerusakan. Salah satu hal yang menjadi penyebab rusaknya sistem kelistrikan adalah kondisi oli mobil yang bermasalah. 

Kondisi demikian dapat memunculkan timbunan gas hidrogen yang ada pada bagian mesin mobil terdalam. Gas inilah yang dapat memicu mobil terbakar.

Perlu Anda ketahui, sistem kelistrikan mobil tersebar hampir ke seluruh bagian mobil. Jadi, apabila satu bagian listrik mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan kebakaran mobil. 

Untuk menghindari hal tersebut, upayakan selalu melakukan perawatan mobil terutama pada bagian kelistrikan yang ada pada kendaraan roda empat tersebut.

4. Minimnya Perawatan Kendaraan

Selain kesalahan dari penggunaan kendaraan, mobil juga dapat terbakar akibat perawatan yang tidak maksimal. Apabila mobil digunakan secara terus menerus, tentunya Anda harus rajin merawat mobil tersebut agar kondisinya tetap prima. Mobil yang tidak dirawat dengan baik akan memunculkan risiko kebakaran mesin yang sangat membahayakan.

5. Cacat Kendaraan

Desain kendaraan yang cacat ternyata juga bisa menyebabkan kebakaran mobil. Hal tersebut terjadi karena adanya kelalaian dalam produksi mobil yang menjadikannya berbahaya. 

Jika ditelaah secara mendasar, mobil yang cacat tak selalu menjadi penyebab mobil terbakar. Namun jika bagian cacat dibiarkan, tentu akan mengganggu kenyamanan pengemudi.

Pada dasarnya, mobil membutuhkan perawatan yang tepat untuk menghindari kerusakkan seperti terbakar. Setelah memahami beberapa faktor yang menyebabkan kendaraan terbakar, kini Anda bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran mobil. Lakukan perawatan pada bagian bagian yang berpotensi memercikan api, agar terhindar dari kebakaran.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Aki Mobil Berapa Ampere? Ini Cara Mengukurnya

2022-08-11

Sebenarnya untuk mengetahui aki mobil berapa ampere tidaklah sulit. Meski demikian, setiap aki mobil memiliki besaran ampere yang berbeda, ada yang 35 Ampere, 40 Ampere, 45 Ampere,

thumbnail

Ketahui Jenis Kunci Ban Mobil, Fungsi dan Gambarnya

2023-08-02

Keberadaan dari kunci ban mobil ternyata mempunyai jenis dan fungsi berbeda-beda lho. Tetapi perlu diingat bahwa keberadaan dari kunci ban itulah mempunyai peranan s

thumbnail

Airbag Mobil, Meningkatkan Proteksi Berkendara

2020-12-08

Airbag mobil ialah perangkat keselamatan yang biasanya diterapkan di bagian setir. Seperti yang sudah diketahui bahwa penawaran berbagai jenis mobil kian meningkat. Kons