Logo Daihatsu
Menu

Wisata Belitung: Indah dan Tak Menguras Kantong

Travel

2020-11-10

wisata belitung

Belitung merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Bangka Belitung. Kabupaten ini termasuk wilayah kepulauan dan berbatasan dengan selat dan laut, yaitu Laut Natuna dan Laut China Selatan di sebelah utara, Selat Karimata di sebelah timur, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa, dan Selat Bangka di sebelah barat. Karena wilayah kepulauan dan diapit perairan asin, destinasi wisata Kabupaten Belitung kebanyakan berupa pantai. Pantai yang dimiliki Belitung tentu saja tidak kalah indah dibanding pantai di Bali dan Yogyakarta, yaitu berpasir putih dengan air laut biru yang cantik.

Selain pantai, Belitung juga terkenal dengan batu granit, memiliki hutan lindung yang dilindungi pemerintah, hingga dataran tinggi berupa Gunung Tajam.

Belitung memiliki lima kecamatan, yaitu Membalong, Tanjung Pandan, Badau, Sijuk, dan Selat Nasik. Kesemuanya memiliki situs wisata tersendiri yang digemari oleh wisatawan untuk dikunjungi.

Itinerary Singkat ke Belitung

Menuju ke Belitung tidak seribet menuju ke negara-negara di Eropa yang harus jauh-jauh harus mengurus visa dengan biaya mahal. Terlebih, bagi Sahabat yang gemar melakukan perjalanan sendiri tanpa dibantu pihak travel juga tidak perlu kebingungan.

Belitung memiliki bandara yang terletak di Tanjung Pandan, bernama Bandara HAS Hanandjoeddin. Sahabat yang sedang budgeting, tetapi ingin mengunjungi Belitung, tinggal booking tiket pesawat dari jauh hari. Cari tiket pesawat yang paling murah, terlebih ketika sedang masa promo, biasanya beberapa aplikasi penyedia tiket transportasi umum akan memberitahu pelanggannya tentang promo tiket pesawat murah. Jadi, biaya transportasi ke Belitung tergantung jarak dari domisili ya, Sahabat.

Kunjungi Belitung ketika musim kemarau mengingat wilayah tersebut adalah kepulau dengan banyak destinasi pantai yang cantik sehingga rencana jalan-jalan tidak diinterupsi oleh hujan.

Persiapkan pula tempat menginap. Pilih yang paling tidak menguras kantong. Namun, beberapa penginapan dengan fasilitas baik juga bisa diinapi dengan biaya sekitar Rp200.000 hingga Rp400.000 tergantung besar dan berapa orang yang menempati. Jadi, biasanya, ketika bepergian dengan teman atau keluarga dan bisa sharing penginapan akan lebih berhemat.

Jika hanya mengunjungi Belitung hanya berdua dengan teman atau pasangan, bisa nih menyewa motor supaya lebih bebas ke mana-mana. Biasanya, biaya sewa motor sekitar Rp100.000, bisa langsung diambil di tempat penyewaan atau minta diantar ke penginapan yang tentu membutuhkan biaya tambahan ya. Oh ya, jangan lupakan uang bensin yang besarnya tergantung berapa jauh dan lama kendaraan digunakan.

Destinasi Wisata Tak Menguras Kantong

Apa lagi wisata Belitung jika bukan pantai? Memiliki banyak destinasi wisata berupa pantai, biasanya para wisatawan akan ditawari untuk menyewa kapal sehingga bisa menyambangi beberapa pantai sekaligus mendapat panduan. Biaya sewa kapal adalah Rp400.000 dengan penumpang hingga dua belas orang. Jadi, biaya tersebut bisa dibagi dengan teman, keluarga, atau wisatawan lain ya sehingga jika dihitung per orang hanya membayar tidak lebih dari Rp40.000.

Perjalanan mengunjungi beberapa pantai tersebut biasanya akan mencapai hingga tiga pulau kecil di wilayah Kepulauan Belitung. Yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Tanjung. Di pulau tersebut terdapat Pantai Tanjung Tinggi yang terkenal karena film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota dan bisa ditempuh hanya dalam waktu setengah jam saja.

Usai dari Pulau Tanjung lanjut ke Pulau Lengkuas. Di pulau ini disediakan aktivitas snorkeling. Jadi, wisatawan yang ingin melihat keindahan bawah laut Belitung bisa mencoba menyelam. Penyewaan alat snorkeling hanya Rp25.000. Bagi yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir sebab disediakan pelampung juga.

Lelah dengan pemandangan pantai, bisa mengunjungi Danau Kaolin. Danau ini adalah danau tambang dengan tanah putih sehingga pemandangannya cantik, yaitu perpaduan biru air dan putih tanah. Masuk ke Danau Kaolin gratis loh, Sahabat!

Oh iya, ada satu tempat wisata yang juga terkenal karena Laskar Pelangi juga, Sahabat. Destinasi wisata tersebut adalah Museum Kata.

Museum Kata didirikan oleh Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi. Museum tersebut termasuk museum literasi pertama di Indonesia. Berbiaya masuk Rp50.000, pengunjung bisa menikmati setiap detail mengenai Laskar Pelangi. Di sana juga terdapat cerita pendek yang khusus ditulis Andrea Hirata untuk Museum Kata loh. Jadi, bagi wisatawan yang mengidolakan si Ayah, wajib ke Museum Kata ya!

Makanan Enak dan Murah

Selayaknya tempat wisata pada umumnya, biasanya harga makanan akan lebih mahal, kan? Namun, di Belitung masih cukup terjangkau.

Jika Sahabat berkunjung ke pantai, pasti akan menemukan penjual air kelapa muda. Kelapa muda tersebut tidak terlalu mahal karena bisa ditukar dengan uang sebesar Rp15.000 saja. Makanan-makanan enaknya seperti olahan seafood juga tidak begitu menguras kantong.  Mie bangka, salah satu makanan khas di Bangka Belitung, harganya sekitar Rp20.000-an dan mengenyangkan! Lumayan kan untuk mengganjal perut?

Buah Tangan: Boleh Dibeli, Tetapi Jangan Kalap

Berlibur ke suatu tempat memang terasa kosong jika tidak membawakan oleh-oleh. Jika pergi ke Belitung, tentu yang wajib dibeli adalah makanan khasnya! Namun, liburan dengan sistem budgeting, memang tidak akan boros? Tentu saja tidak. Dengan catatan, membelinya tidak kalap!

Belitung penghasil jeruk kunci terbaik. Saking banyaknya tanaman jeruk kunci, masyarakat Belitung juga memproduksi sirup jeruk kunci. Biasanya, dikemas dalam botol kecil dengan harga per satuan adalah Rp35.000.

Sebagian besar, masyarakat Belitung bermata pencaharian sebagai nelayan sehingga tangkapan ikan di kabupaten tersebut melimpah. Oleh karena itu, banyak olahan makanan khas yang terbuat dari ikan dan makanan laut lainnya seperti udang, kepiting, dan cumi. Salah satunya adalah ketam isi. Ketam berarti kepiting. Pembuatannya adalah dengan merebus kepiting dan isinya dikeluarkan yang kemudian dicampur tepung dan dibumbui kemudian digoreng. Makanan ini bisa disimpan hingga tiga hari diluar lemari pendingin sehingga bisa dijadikan buah tangan. Harganya adalah Rp100.000 per bungkus, berisi 10 ketam isi.

Membeli oleh-oleh khas Belitung, jangan lupakan kemplang dan bakso ikan! Kemplang adalah kerupuk berbentuk bulat lebar dan pipih. Rasanya yang renyah dengan aroma ikan tenggiri biasanya dibungkus dalam plastik dengan isi 10 hingga 30 buah dengan harga paling murah Rp15.000.

Bakso ikan dijual dalam kemasan plastik. Ada yang tersedia basah maupun goreng. Harga bakso ikan per bungkusnya adalah Rp50.000 hingga Rp70.000 tergantung kemasan dan isi.

Harga oleh-oleh makanan khas Belitung tidak terlalu mahal bukan? Untuk wisatawan yang sedang berhemat, tentu saja tidak masalah membawakan buah tangan untuk keluarga atau teman. Yang harus diingat adalah jangan berlebihan dalam membeli.

Jika melihat rincian harga dan biaya yang dikeluarkan, baik untuk makan, transportasi, penginapan, hingga oleh-oleh, berlibur ke Belitung tidak membutuhkan pengeluaran yang terlalu menguras kantong, bukan? Kalau begini, lebih baik menjajal semua destinasi wisata di dalam negeri deh dibanding mencicip liburan ke luar negeri!

Selamat menabung! Selamat berlibur!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kebun Raya Bedugul: Eka Karya Setelah Indonesia Merdeka

2020-11-26

Bali merupakan tempat wisata yang masuk ke daftar wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Pulau Dewata ini memang memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari pantai hingga danau.

thumbnail

5 Tempat Tes Swab di Jogja, Lakukan Reservasi dan Tetap Jaga Diri di Tempat Tes

2021-01-07

Melakukan tes swab adalah hal yang paling dicari oleh banyak orang belakangan ini. Karena permintaan meningkat, beberapa tempat pelayanan menjadi cepat penuh. Begitu pul

thumbnail

5 Jenis Cuaca di Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

2021-01-31

Bumi memiliki berbagai cuaca yang kerap terjadi lantaran pergerakan yang dilakukan oleh matahari dan juga bulan. Namun, antara sa

thumbnail

5 Persiapan Wisata ke Air Terjun Telun Berasap untuk Berlibur dengan Keluarga

2021-01-21

Daya tarik wisata alam di Indonesia tidak hanya pantai dan pegunungan saja, loh. Ada banyak daya tarik wisata alam yang bisa sahabat temukan untuk berlibur bersama teman