Yuk Intip 5 Trik Sukses Mendapatkan Pekerjaan di Job Fair Ini

Bursa kerja atau yang biasa disebut Job Fair merupakan sebuah acara yang paling ditunggu oleh para pencari kerja terutama bagi mereka para fresh graduate yang memang belum memiliki pengalaman dalam dunia kerja. Acara-acara seperti ini biasanya dinaungi oleh situs yang menyediakan informasi lowongan kerja atau sejumlah instansi perusahaan tertentu.
Tapi dengan terbatasnya waktu penyelenggaraan seringkali membuat para pencari kerja tidak dapat mengoptimalkan rangkaian acara tersebut dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. Ditambah lagi dengan banyaknya calon kandidat lain yang lebih berkualitas juga berlomba - lomba untuk mencari pekerjaan. Meskipun begitu tak menutup kemungkinan jika bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian asal anda tahu triknya. Buat anda yang memang akan mengikuti acara Job Fair, anda bisa simak 5 tips berikut agar bisa sukses mengikuti acara Job Fair.
1. Sebelum mengikuti Job Fair, manfaatkan jaringan internet dan gali informasi sebanyak-banyaknya tentang acara Job Fair dan perusahaan yang terlibat didalamnya.

Persiapkan diri dengan menggali informasi secara online tentang perusahaan yang terlibat dalam acara Job Fair tersebut. Setelah mereview semua perusahaan peserta, buat daftar pilihan teratas dan kunjungi booth mereka pertama kali begitu anda masuk arena job fair. Sebaiknya anda datangi booth perusahaan impian di awal acara. Dan siapkan kondisi tubuh agar fit karena acara ini cukup melelahkan baik bagi pencari kerja maupun tim perekrut.
2. Buatlah CV semenarik mungkin untuk memikat perusahaan impian dan persiapkan salinan CV dan Resume yang cukup untuk melamar di perusahaan cadangan.

CV merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh perusahaan jadi buatlah CV dengan gaya penulisan yang menarik dan jelaskan skill dan kualitas Anda didalamnya. Selain itu pastikan anda memiliki salinan CV yang cukup banyak, baik berupa softcopy maupun hardcopy untuk perusahaan yang akan anda tuju maupun perusahaan cadangan. Karena banyak kasus peserta Job Fair lupa membawa salinan CV dan resume mereka.
3. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman digunakan saat harus berjalan berdesakan namun tetap terkesan profesional dan rapih agar menjadi pertimbangan perusahaan yang anda tuju.

Pakaian juga menjadi poin penting dalam melamar pekerjaan, karena tim perekrut akan menilai profesionalitas seseorang dari segi pakaian. Jadi usahakan anda memberi kesan pertama yang positif dari pakaian yang anda kenakan. Tapi bukan berarti anda harus mengenakan setelan blazer atau jas lengkap dan sepatu bertumit tinggi, bagi cowok cukup dengan kemeja rapih, celana bahan dan sepatu sedangkan yang wanita bisa mengenakan setelan blouse yang manis dan cantik dengan warna netral dan tak mecolok dan sepatu yang nyaman digunakan saat berjalan mengelilingi booth Job Fair.
4. Kesempatan besar diterima kerja bisa anda dapatkan jika anda mempersipakan diri untuk tampil prima dan rasa cukup percaya diri saat menghadapi wawancara langsung dari perusahaan yang dituju.

Dalam acara job fair, tidak sedikit perusahaan yang akan langsung melaksanakan proses wawancara, hal ini merupakan kesempatan besar bagi anda untuk memberikan keyakinan kepada pihak perusahaan kalau Anda memang pantas untuk bergabung di perusahaan tersebut. Anda harus tampil dengan rasa percaya diri yang cukup, karena hal tersebut merupakan salah satu kunci sukses dalam menghadapi proses wawancara kerja.
5. Job Fair adalah salah satu kesempatan yang bisa mempertemukan Anda dengan pekerjaan impian, oleh karenanya jangan ragu untuk bertanya langsung pada perusahaan yang anda tuju pada saat menyerahkan CV.

Selain menyerahkan berkas lamaran pada stand perusahaan yang anda tuju, ada baiknya jika anda juga mengajukan beberapa pertanyaan penting seputar deskripsi lowongan pekerjaan yang memang dibuka oleh perusahaan tersebut. Agar anda bisa tahu lebih dalam seluk beluk perusahaan tersebut, dan seandainya nanti anda berjodoh dengan perusahaan mereka, sedikit banyak anda sudah mengerti dan memahami bagaimana budaya dan etos kerja mereka.