TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Apa Itu Bushing? Kenali 4 Tanda Kerusakan pada Mobilmu!

Sahabat tahu nggak apa itu bushing pada mobil? Sebagian pengguna mobil sering kali mengabaikan keberadaannya. Padahal, bushingmerupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi penting, loh, Sahabat. Bushing memiliki bentuk menyerupai tabung besi dan diisi oleh karet. Bushing memiliki batas masa pakai. Jika bushing pada mobilmu masa pakainya sudah habis atau bahkan rusak sebelum masa pakainya habis, biasanya akan berpengaruh pada bagian handling. Hal tersebut akan mempengaruhi kenyamanan serta keamanan kamu dalam berkendara.

Ada dua jenis bushing yang dikenal luas di masyarakat, yaitu bushing stabilizer dan bushing swing arm. Bushing stabilizer berfungsi sebagai penyebimbang antara suspensi kiri dan kanan. Sedangkan, bushing arm berfungsi sebagai peredam adanya getaran yang berasal dari getaran mesin atau getaran akibat pergerakan kendaraan. Kerusakan yang terjadi pada bushing biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, misalnya beban berat yang diterima, panasnya suhu mesin, beban tambahan, atau guncangan keras saat mobil melewati jalanan rusak.

Ciri terjadinya kerusakan pada bushing mobil biasanya terasa saat kamu melaju dengan kecepatan tinggi. Handling akan terasa oleng jika melewati permukaan jalanan yang rusak. Menyeramkan, bukan? Nah, berikut adalah cara mengenali gejala-gejala rusaknya bushing pada mobil kamu. Hal itu untuk mencegah kemungkinan kerusakan mendadak yang akan mengganggu aktivitas kamu dalam berkendara. Simak, ya, Sahabat.

Suara yang Menganggu

Mobil dengan komponen dan perfoma yang bagus akan terbebas dari suara-suara yang menganggu. Nah, jika terjadi kerusakan pada bushing, biasanya kamu akan mendengar bunyi gesekan atau sejenis bunyi-bunyi yang menganggu saat melewati jalanan yang rusak atau berlubang. Suara yang menganggu itu biasanya akan jelas terdengar dari dalam kabin.

Baca Juga: Ada Bunyi Menganggu di Kolong Mobil? Kenali Sumbernya!

Kondisi Karet Bushing yang Retak

Tanda bahwa bushing mobilmu rusak juga dapat terlihat dari karetnya. Karet bushing yang retak menandakan bushing pada mobilmu sudah saatnya diganti dengan yang baru. Kerusakan pada karet bushing ditandai dengan adanya bunyi beradu disertai bunyi decitan pada bagian bawah jok depan. Retaknya karet bushing tersebut disebabkan oleh kerja bushing yang terlalu berat. Bisa juga disebabkan oleh seringnya melewati jalanan yang rusak. Penyebab lainnya bisa saja disebabkan oleh karet strut-bar yang sudah pecah. Jika hal tersebut terjadi, itu berarti sudah waktunya kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Rasakan

Nah, cara ini bisa jadi merupakan cara yang paling efektif untuk mengetahui kerusakan pada bushing mobilmu. Caranya, rasakan dengan mengendalikan mobil di atas jalanan yang berlubang atau bergelombang. Bushing yang rusak akan mengubah sedikit arah mobil meskipun lingkar kemudi sedang tidak digerakkan.

Oleng atau Tidak Seimbang

Bushing arm yang rusak akan menyebabkan mobil terasa melayang, sedikit oleng, atau tidak seimbang. Gejala kerusakan yang keempat ini merupakan tanda yang paling berbahaya, kemungkinan kecelakaan bisa terjadi. Jika kamu sudah merasakannya, kamu harus segera memperbaiki kerusakan pada bushing mobilmu sesegera mungkin.

Baca Juga: 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman

Nah itulah cara mengenali gejala rusaknya bushing pada mobilmu. Jika kamu sudah mengetahui adanya gejala-gejala kerusakan pada bushing mobilmu, jangan didiamkan, ya, Sahabat. Segera ganti dengan yang baru sebelum berdampak fatal. Kenyamanan dalam berkendara juga ditentukan oleh keamanan di setiap komponen mobil kan? Jika bushing mobilmu sudah menunjukkan gejala-gejala di atas, itu berarti kondisi mobil kamu sedang tidak aman. Jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada dirimu, ya, Sahabat.

2018-10-31 11:14:06