Logo Daihatsu

Kumpulan Cerita Liburan Sekolah yang Menarik
09 Juni 2020
cerita liburan sekolah

Liburan sekolah menjadi salah satu momen siswa yang tidak terlupakan dan selalu dinanti-nanti. Setelah sudah mulai jenuh dan lelah dengan rutinitas sekolah, Sahabat tentu menanti-nanti hari membahagiakan ini dan tentunya akan menjadi cerita liburan sekolah yang tak terlupakan. Apalagi, hari libur sekolah umumnya akan diselenggarakan setelah ujian akhir, tentu hal ini akan semakin menyenangkan harimu.

Ketika kembali ke sekolah, Sahabat biasanya akan diminta untuk menuliskan pengalaman selama berlibur dalam bentuk cerita liburan sekolah. Tugas dalam bentuk mengarang ini biasanya akan meminta kamu untuk menuliskan kegiatan apa saja yang telah kamu jalani selama liburan. Tentunya Sahabat akan memilih kegiatan yang paling berkesan untuk Sahabat tuliskan dan Sahabat bacakan di hadapan teman-temanmu. Jika Sahabat masih bingung bagaimana meramu pengalaman tersebut dalam bentuk cerita, berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan panduanmu dalam menulis.

Contoh Cerita Liburan Sekolah dengan Membantu Ibu di Rumah

Liburan di rumah juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan layak ditulis sebagai karangan tugas sekolah. Tidak perlu yang rumit-rumit, berikut contoh yang bisa Sahabat tulis:

Liburan semester akhir tahun lalu kebetulan saya dan keluarga tidak bepergian kemana-mana. Sehingga, selama dua minggu itu saya melakukan kegiatan di rumah maupun sekitar rumah dengan bermain bersama teman-teman kompleks. Meski tidak kemana-mana, namun momen liburan yang lalu cukup menyenangkan untuk saya. Selain dapat bermain bersama teman-teman sekitar, saya setiap hari membantu ibu saya di rumah. Setiap pagi setelah bangun tidur saya membantu ibu saya menyirami tanaman dan menyapu halaman. Setelahnya, saya membantu ibu mencuci beberapa piring dan peralatan di dapur.

Dari semua kegiatan itu, yang paling menyenangkan untuk saya adalah saat membuat kue. Di akhir tahun, ibu saya membuat beberapa jenis kue karena akan ada saudara yang datang dari jauh. Saya pun membantu ibu seharian di dapur menyiapkan adonan. Saya membantu ibu mencetak kue-kue kering menjadi bentuk-bentuk hati yang lucu.

Ketika memanggang pertama kali, ternyata saya lupa menaruh kacang mete di atas adonan. Jadilah cetakan pertama kue tidak diberi kacang mete. Ibu pun menasehati saya agar jangan lupa lagi. Akhirnya, kue cetakan pertama yang tidak ada kacang metenya saya yang menghabiskan sembari memanggang kue selanjutnya. Kuenya sangat enak, saya sangat suka membantu membuat kue bersama ibu karena saya bisa sekalian mencicipi kue-kue yang baru dipanggang.

Itulah contoh cerita liburan sekolah yang bisa Sahabat tulis untuk tugas Bahasa Indonesia di sekolah. Kamu tinggal mengubah isi ceritanya sesuai pengalamanmu selama liburan.

Contoh Cerita Liburan Sekolah dengan Pergi ke Rumah Bude

Liburan semester tahun ini berbeda dengan semester lainnya. Pasalnya, aku dan sekeluarga pergi berlibur ke Pulau Jawa. Tepatnya ke Bantul, Yogyakarta. Aku diajak oleh orang tuaku untuk mengunjungi rumah bude dan pakdeku di kota ini. Sangat deg-degan rasanya soalnya ini pertama kalinya aku menaiki pesawat untuk pergi ke luar pulau.

Setibanya kami di bandara Adi Sucipto Yogyakarta, kami sudah ditunggu oleh keluarga dari bude. Bude tersenyum sangat manis dan memeluk aku. Katanya aku sudah tumbuh dan bertambah tinggi. Selanjutnya, aku sekeluarga naik mobil yang sudah disewa oleh bude ke rumahnya. Ternyata, rumah bude sangat jauh dari pusat kota. Aku sampai tertidur di perjalanan karena lelah.

Sekitar satu jam di perjalanan dan akhirnya kami sampai di rumah bude yang ternyata terletak di dekat hamparan sawah. Sawahnya sangat hijau dan luas. Ini pertama kalinya aku merasakan suasana pedesaan yang sangat asri seperti ini. Rasanya sangat nyaman dan menenangkan.

Keesokan harinya, aku diajak untuk mengayuh sepeda oleh bude ke pantai dekat rumah. ternyata, letak rumah bude sangat dekat dengan pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta. Kami pun mengayuh sepeda dengan santai sepanjang perjalanan. Tapi, ternyata sedikit melelahkan juga karena ada beberapa jalanan tanjakan yang harus dilalui.

Meski lelah, namun semuanya terbayar setelah kami sampai di pantai. Hamparan pasir pantai berwarna abu-abu dan lautan biru menyambut kami. Belum lagi terdapat banyak pohon cemara di tepi pantai. Sangat cantik dan rindang. Aku pun duduk di bawah pohon cemara. Sayangnya, kami tidak bisa jalan begitu dekat ke pantai karena letak pantai di selatan pulau Jawa ini memiliki ombak yang sangat tinggi.

Kami makan bakso dan minum air kelapa di tepi pantai. Aku pun bermain beberapa wahana permainan yang disediakan di tepi pantai. Sangat menyenangkan. Aku berlibur di Yogyakarta selama satu minggu. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan. Di hari terakhir, aku dan keluarga kemudian diantar bude kembali ke bandara. Aku pun mengucapkan terimakasih kepada bude.

Contoh Cerita Liburan Sekolah Berkunjung ke Kebun Binatang

Semasa liburan sekolah kemarin, saya dan keluarga pergi berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka. Saya sangat menyukai hewan karena itu saya sangat senang ketika ayah mengajak saya ke kebun binatang esok harinya.

Esok paginya, saya sudah siap-siap untuk pergi. Ibu pun menyiapkan bekal dan cemilan untuk disantap di sana jika lapar. Kami berangkat sejak pagi supaya sesampainya di sana belum terlalu panas dan masih sedikit sepi. Dari rumah, kira-kira perlu waktu sekitar  1 jam perjalanan karena banyak sekali menemui lampu merah.

Sesampainya di depan kebun binatang, ayah pergi ke loket untuk membeli dua tiket masuk. Kemudian kami pun masuk ke dalam kebun binatang. Di sana, saya melihat banyak jenis hewan yang ada di dalam kandang. Saya juga melihat akuarium besar berisi ikan-ikan unik berukuran jumbo. Belum lagi di kandang yang terletak di bawah juga ada beberapa hewan buas seperti buaya. Rasanya seram sekali tapi menyenangkan.

Saya juga melihat badak yang sedang membuka mulutnya. Mulut badak tersebut sangat besar. Para pengunjung pun dilarang untuk berada terlalu dekat dengan pagar kandang. Meski setiap pagar telah menggunakan pagar besi kuat, namun tentunya demi keselamatan para pengunjung harus berada pada jarak yang aman.

Ketika hari mulai siang, udara pun semakin panas dan matahari mulai terik. Saya dan ayah kemudian beristirahat sambil menikmati cemilan yang dibuatkan ibu. Kami pulang sekitar pukul 1 siang. Rasanya sangat menyenangkan. Saya ingin kembali berkunjung ke kebun binatang berikutnya.

Selain contoh karangan cerita liburan sekolah singkat di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis karangan yang bisa kamu buat seperti cerita liburan ke pantai dan cerita liburan sekolah saat Lebaran sebagai tugas sekolah Bahasa Indonesia. Tidak perlu menuliskan pengalaman yang rumit-rumit, pengalaman bermain layangan bersama teman dan bersepeda setiap pagi pun dapat Sahabat tuliskan.

Hal yang perlu Sahabat perhatikan dalam menuliskan cerita karangan adalah penulisan dan ejaan kamu. Pastikan tulisan kamu mengikut panduan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) karena ini merupakan tugas Bahasa Indonesia. Selain itu, jika merasa tulisan Sahabat kurang panjang, kamu pun dapat menyisipkan tambahan cerita di dalam tugas karangan Sahabat.

Baca juga : Cara Belajar Membaca Anak TK yang Bisa Diterapkan Oleh Orang Tua

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku