Press Release

Fitur Daihatsu CVT, Bikin Halus saat Pindah Percepatan

19 Maret 2021
Fitur Daihatsu CVT

JAKARTA (15/3): Sahabat, kenalan yuk dengan fitur transmisi CVT Dari Daihatsu. Continuously Variable Transmission atau yang lebih dikenal dengan CVT, merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced atau canggih dibanding transmisi otomatis (A/T) konvensional.

Walaupun sama-sama bertransmisi otomatis dan tidak perlu menginjak kopling, transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi. 

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT  bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Di negara asal Daihatsu di Jepang, sebagian besar model Daihatsu sudah menggunakan teknologi CVT ini. Sebut saja Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon. Khusus untuk Daihatsu Rocky yang diluncurkan pada November 2019 lalu di Jepang, saat ini bahkan sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT. 

Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah. Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Press Release Lainnya
Daihatsu Indonesia Masters Jadi Ajang Ukir Prestasi Pebulutangkis Dunia
Daihatsu Indonesia Masters Jadi Ajang Ukir Prestasi Pebulutangkis Dunia
Daihatsu kembali menjadi sponsor utama DAIHATSU INDONESIA MASTERS yaitu Turnamen bulutangkis internasional bergengsi dengan level Super 500 BWF World Tour Circuit.
Daihatsu Beri Apresiasi Pelaku Usaha Pembeli Gran Max ke 800 Ribu di Indonesia
Daihatsu Beri Apresiasi Pelaku Usaha Pembeli Gran Max ke 800 Ribu di Indonesia
Mengambil momentum GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) yang berlangsung pada 22 November–1 Desember 2024 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Daihatsu berikan apresiasi kepada pelaku usaha pembeli Gran Max ke 800 ribu di Indonesia.
Daihatsu Rayakan Kebahagiaan Lewat Apresiasi Pembeli LCGC ke 700 Ribu di GJAW
Daihatsu Rayakan Kebahagiaan Lewat Apresiasi Pembeli LCGC ke 700 Ribu di GJAW
Daihatsu rayakan kebahagiaan dengan memberikan apresiasi kepada pembeli mobil Low Cost Green Car (LCGC) ke 700 ribu di Indonesia lewat momentum GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW).
Daihatsu Bawa Tema Bahagia Sejak Pertama di GJAW 2024
Daihatsu Bawa Tema Bahagia Sejak Pertama di GJAW 2024
Daihatsu ramaikan pameran otomotif GJAW yang bertema Bahagia Sejak Pertama dengan semangat Daihatsu ingin menjadi bagian dari kebahagiaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keluarga dan para pelaku usaha.
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami