10 Tips Manajemen Waktu Agar Tetap Produktif
Belajar manajemen waktu memang tidak mudah dan terkesan sulit. Tapi, dengan mengatur waktu dengan baik, kamu akan lebih produktif loh Sahabat. Bisa saja kamu membuat karya atau menyelesaikan pekerjaan lainnya dengan tepat waktu.
Selain itu, manajemen waktu yang baik tidak akan membuat Sahabat lelah atau mudah sakit dan kamu juga bisa melakukan hal lainnya yang bisa membuat kamu lebih produktif atau tidak malas. Nah, buat Sahabat yang sulit mengatur waktu, coba deh ikuti tips berikut ini!
1. Fokus 1 Hal
Tips manajemen waktu agar tetap produktif yang pertama adalah dengan fokus pada 1 hal. Jika kamu memiliki banyak pekerjaan, cobalah untuk menyelesaikannya satu persatu. Jangan sampai kamu mengerjakannya sekaligus.
Multitasking memang bagus tapi kalau kamu tidak bisa memanfaatkan waktu, kamu akan merasa depresi dan yang ada malah pekerjaan kamu terbengkalai. Jadi, fokus ya pada satu hal dan jika sudah selesai kamu bisa mengerjakan yang lain.
2. Rencanakan Tugas
Tips manajemen waktu yang kedua adalah dengan merencanakan tugas. Yups, dengan adanya rencana, pasti Sahabat juga akan mudah membagikan waktu. Jadi, pekerjaan yang harus diselesaikan tersusun rapi dan tentunya tepat waktu. Selain itu, adanya rencana akan membuat kamu lebih produktif.
3. Gunakan Deadline
Tips manajemen waktu agar lebih produktif yang ketiga adalah dengan menggunakan sistem deadline. Sebelumnya kamu sudah merencanakan waktu nih, jadi jangan lupa juga untuk menggunakan sistem deadline agar pekerjaan kamu selesai di waktu yang tepat dan tentunya kamu tidak akan membuang-buang waktu.
4. Tepat Waktu
Tips manajemen waktu yang keempat adalah tepat waktu. Yups, ini penting banget loh Sahabat. Jika kamu ingin menjadi orang yang produktif, Sahabat harus selalu tepat waktu baik saat ada pertemuan, menyelesaikan pekerjaan, maupun kegiatan lainnya. Menjadi orang yang tepat waktu pun sudah bisa dikatakan mampu memanajemen waktu dengan benar.
5. Jangan Memaksa
Tips manajemen waktu agar kamu lebih produktif yang kelima adalah dengan tidak terlalu memaksa. Yups, jika kamu mempunyai rencana tapi pekerjaan kamu belum selesai, tidak apa-apa untuk ditinggalkan.
Karena, kamu masih punya waktu lain untuk menyelesaikannya. Bisa juga Sahabat menunda pertemuan untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu. Jangan sampai ketika kamu bertemu malah mengerjakan pekerjaan yang belum selesai tadi.
6. Berolahraga
Tips manajemen waktu yang baik keenam adalah dengan berolahraga. Ini juga sangat penting loh Sahabat. Karena, tujuannya agar kamu tetap bugar dan tidak mudah sakit. Walaupun kamu tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, kamu bisa melakukan olahraga kecil saja di tempat kamu berada. Supaya otot dan pikiran kamu tidak tegang dan tidak mudah stress.
7. Mintalah Bantuan
Tips manajemen waktu yang baik ketujuh adalah dengan meminta bantuan. Jika kamu memiliki pekerjaan yang banyak tapi waktu yang diberikan terlalu sempit, nggak ada salahnya kalau kamu meminta bantuan orang lain. Jangan sampai kamu memaksakan diri ya Sahabat. Karena, bisa saja hasilnya malah tidak maksimal.
8. Berani Menolak
Tips manajemen waktu agar lebih produktif kedelapan adalah dengan berani menolak. Pasti banyak orang yang sedang mengajak kamu untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Jika kamu merasa itu tidak membuat kamu produktif, tidak apa-apa untuk menolaknya. Tapi, gunakan bahasa yang baik ya Sahabat untuk menolaknya.
9. Berikan Batasan
Tips manajemen waktu yang baik kesembilan adalah dengan memberikan batasan. Tips ini tidak jauh berbeda dengan fokus pada 1 hal, maupun gunakan deadline. Jadi, kamu memberikan batasan untuk menyelesaikan pekerjaan. Maksudnya, jika kamu merasa suntuk dan berselancar di media sosial, kamu juga jangan terlalu larut. Beri batasan waktu ketika kamu sedang berleha-leha ya Sahabat.
10. Kurangi Hal-hal Negatif
Tips manajemen waktu agar lebih produktif yang kesepuluh adalah dengan mengurangi hal-hal negatif. Poin ini juga tidak jauh berbeda dengan berani menolak ketika teman kamu melakukan hal-hal yang kurang penting. Nah, kamu juga harus mengurangi hal-hal yang tidak ada manfaatnya seperti terlalu lama menonton YouTube, membuka Instagram dan lain sebagainya.
Jadi, pada intinya Sahabat harus memberikan batasan untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengurangi hal-hal yang tidak penting.
Baca juga : Tips Hidup Sehat dalam Segala Kondisi