Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
10 Tips Manajemen Waktu Agar Tetap Produktif
06 November 2018
manajemen waktu

Belajar manajemen waktu memang tidak mudah dan terkesan sulit. Tapi, dengan mengatur waktu dengan baik, kamu akan lebih produktif loh Sahabat. Bisa saja kamu membuat karya atau menyelesaikan pekerjaan lainnya dengan tepat waktu.

Selain itu, manajemen waktu yang baik tidak akan membuat Sahabat lelah atau mudah sakit dan kamu juga bisa melakukan hal lainnya yang bisa membuat kamu lebih produktif atau tidak malas. Nah, buat Sahabat yang sulit mengatur waktu, coba deh ikuti tips berikut ini!

1. Fokus 1 Hal

Tips manajemen waktu agar tetap produktif yang pertama adalah dengan fokus pada 1 hal. Jika kamu memiliki banyak pekerjaan, cobalah untuk menyelesaikannya satu persatu. Jangan sampai kamu mengerjakannya sekaligus.

Multitasking memang bagus tapi kalau kamu tidak bisa memanfaatkan waktu, kamu akan merasa depresi dan yang ada malah pekerjaan kamu terbengkalai. Jadi, fokus ya pada satu hal dan jika sudah selesai kamu bisa mengerjakan yang lain.

2. Rencanakan Tugas

Tips manajemen waktu yang kedua adalah dengan merencanakan tugas. Yups, dengan adanya rencana, pasti Sahabat juga akan mudah membagikan waktu. Jadi, pekerjaan yang harus diselesaikan tersusun rapi dan tentunya tepat waktu. Selain itu, adanya rencana akan membuat kamu lebih produktif.

3. Gunakan Deadline

Tips manajemen waktu agar lebih produktif yang ketiga adalah dengan menggunakan sistem deadline. Sebelumnya kamu sudah merencanakan waktu nih, jadi jangan lupa juga untuk menggunakan sistem deadline agar pekerjaan kamu selesai di waktu yang tepat dan tentunya kamu tidak akan membuang-buang waktu.

4. Tepat Waktu

Tips manajemen waktu yang keempat adalah tepat waktu. Yups, ini penting banget loh Sahabat. Jika kamu ingin menjadi orang yang produktif, Sahabat harus selalu tepat waktu baik saat ada pertemuan, menyelesaikan pekerjaan, maupun kegiatan lainnya. Menjadi orang yang tepat waktu pun sudah bisa dikatakan mampu memanajemen waktu dengan benar.

5. Jangan Memaksa

Tips manajemen waktu agar kamu lebih produktif yang kelima adalah dengan tidak terlalu memaksa. Yups, jika kamu mempunyai rencana tapi pekerjaan kamu belum selesai, tidak apa-apa untuk ditinggalkan.

Karena, kamu masih punya waktu lain untuk menyelesaikannya. Bisa juga Sahabat menunda pertemuan untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu. Jangan sampai ketika kamu bertemu malah mengerjakan pekerjaan yang belum selesai tadi.

6. Berolahraga

Tips manajemen waktu yang baik keenam adalah dengan berolahraga. Ini juga sangat penting loh Sahabat. Karena, tujuannya agar kamu tetap bugar dan tidak mudah sakit. Walaupun kamu tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, kamu bisa melakukan olahraga kecil saja di tempat kamu berada. Supaya otot dan pikiran kamu tidak tegang dan tidak mudah stress.

7. Mintalah Bantuan

Tips manajemen waktu yang baik ketujuh adalah dengan meminta bantuan. Jika kamu memiliki pekerjaan yang banyak tapi waktu yang diberikan terlalu sempit, nggak ada salahnya kalau kamu meminta bantuan orang lain. Jangan sampai kamu memaksakan diri ya Sahabat. Karena, bisa saja hasilnya malah tidak maksimal.

8. Berani Menolak

Tips manajemen waktu agar lebih produktif kedelapan adalah dengan berani menolak. Pasti banyak orang yang sedang mengajak kamu untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Jika kamu merasa itu tidak membuat kamu produktif, tidak apa-apa untuk menolaknya. Tapi, gunakan bahasa yang baik ya Sahabat untuk menolaknya.

9. Berikan Batasan

Tips manajemen waktu yang baik kesembilan adalah dengan memberikan batasan. Tips ini tidak jauh berbeda dengan fokus pada 1 hal, maupun gunakan deadline. Jadi, kamu memberikan batasan untuk menyelesaikan pekerjaan. Maksudnya, jika kamu merasa suntuk dan berselancar di media sosial, kamu juga jangan terlalu larut. Beri batasan waktu ketika kamu sedang berleha-leha ya Sahabat.

10. Kurangi Hal-hal Negatif

Tips manajemen waktu agar lebih produktif yang kesepuluh adalah dengan mengurangi hal-hal negatif. Poin ini juga tidak jauh berbeda dengan berani menolak ketika teman kamu melakukan hal-hal yang kurang penting. Nah, kamu juga harus mengurangi hal-hal yang tidak ada manfaatnya seperti terlalu lama menonton YouTube, membuka Instagram dan lain sebagainya.

Jadi, pada intinya Sahabat harus memberikan batasan untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengurangi hal-hal yang tidak penting. 

Baca juga : Tips Hidup Sehat dalam Segala Kondisi 

Tips Sahabat Lainnya
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor