Logo Daihatsu
Menu

10 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bintan

Travel

2020-11-12

tempat wisata di bintan

Bintan merupakan pulau terbesar yang dimiliki oleh Kepulauan Riau. Di pulau ini terdapat ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Tanjung Pinang. Letaknya yang strategis, Bintan berbatasan dengan Singapura dan Malaysia sehingga dahulu banyak pedagang dari dan ke China yang singgah di Bintan.

Memiliki pemandangan yang indah dengan kuliner dan kerajinan tangan yang menarik, Bintan menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk beberapa tahun terakhir. Nah, tersebab oleh Pulau Bintan yang berbatasan dengan dua negara, ada aturan yang khusus dikeluarkan oleh Bank Indonesia loh, Sahabat. Peraturan bernomor 17/11/DKSP yang dikeluarkan tanggal 1 Juni 2015 berisi tentang kewajiban penggunaan mata uang Indonesia selama bertransaksi di Bintan. Jadi, tidak ada tuh yang mencampur pembayaran dengan uang Ringgit atau Dolar Singapura ya, Sahabat.

Saking banyaknya destinasi wisata di Bintan, banyak wisatawan yang menetap dalam waktu lama untuk mencicipi daerah-daerah indah tersebut. Nah, jika Sahabat ingin berwisata ke Bintan, tetapi bingung akan ke mana saja, yuk simak penjelasan tentang sepuluh destinasi wisata Bintan berikut.

Pulau Penyengat

Pulau Penyengat wajib masuk ke daftar destinasi wisata kamu ketika berlibur ke Bintan. Penyengat berlokasi di pusat kota Bintan, yaitu Tanjung Pinang. Riau yang memang kental dengan adat Melayu seperti direpresentasikan oleh pulau ini karena di Penyengat terdapat Masjid Raya Sultan Riau, salah satu peninggalan kebudayaan Melayu.

Masjid kuno peninggalan Kesultanan Johor ini berdiri megah di Tanjung Pinang. Bangunan yang kontras dengan sekelilingnya akan langsung wisatawan lihat karena memang terlihat gagah. Corak bangunan yang khas kesultanan Melayu tersebut didominasi oleh warna emas dengan gerbang besar yang estetik.

Vihara Patung Seribu Wajah

Di Bintan terdapat peninggalan bercorak Buddha yang begitu terkenal karena keunikannya. Ialah Vihara Patung Seribu Wajah. Terletak di KM 14 Kijang Kota, Tanjungpinang, vihara ini memiliki nama lain Ksitigarbha Bodhisattva.

Vihara Patung Seribu Wajah memang diperuntukkan untuk beribadah masyarakat beragama Buddha, tetapi lokasi ini juga dibuka untuk umum dengan biaya masuk sebesar Rp5.000. Terdapat sekitar 500 patung dengan ekspresi dan ukuran yang berbeda satu sama lain loh, Sahabat. Konon, donatur vihara dari Yayasan Ling Shan, masih terus mencari donatur untuk membangun patung-patung baru. Wah, bisa-bisa jumlahnya benar seribu nih! Keren sekali.

Pantai Trikora

Sekilas melihat Pantai Trikora membuat ingatan tentang Belitung muncul. Hal tersebut dikarenakan pantai ini sedikit mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi yang terletak di Pulau Tanjung dengan bebatuan granitnya.

Pantai Trikora tampak teduh karena banyak pepohonan hijaunya. Di dekat pantai juga berjejer pondok-pondok kecil yang bisa disewa wisatawan untuk berteduh atau menyantap makanan.

Pantai Senggiling

Pantai Senggiling bisa dikunjungi dengan cara menempuh perjalanan selama 1.5 jam melalui Tanjung Pinang. Terletak di Teluk Sebong, Pantai Senggiling memang memiliki rute tempuh yang cukup lama dan sulit sehingga nama pantai ini kurang dikenal wisatawan dibanding Pantai Trikora. Namun, pemandangan pantai ini sangat indah. Pantai berpasir putih ini menjadi salah satu destinasi yang wajib Sahabat kunjungi ketika berlibur di Bintan.

Danau Biru

Danau Biru merupakan danau yang muncul dari aktivitas penambangan pasir. Dataran yang pasirnya dikeruk tersebut menimbulkan cekungan dan akhirnya terbentuklah danau dengan air yang bersih. Danau ini termasuk destinasi wisata baru di Bintan karena baru diresmikan oleh pemerintah tahun 2017 lalu.

Wisatawan bisa bersantai di tepi danau dengan melakukan tamasya sambil bercengkrama dengan saudara, pasangan, atau teman. Banyak terdapat penjual makanan di dekat danau. Fasilitas seperti tempat ibadah hingga toilet umum juga tersedia sehingga pengunjung merasa nyaman. Jika bosan, wisatawan bisa menyewa rakit, kano, hingga ATV untuk berkeliling danau.

Bukit Pasir Busung

Bukit Pasir Busung terdapat di Desa Busung. Sama halnya seperti Danau Biru, destinasi wisata ini juga terbentuk akibat dari aktivitas penambangan pasir. Bedanya, aktivitas penambangan tidak lagi aktif di Bukit Pasir Busung.

Bukti ini memiliki pemandangan selayaknya gurun pasir di Timur Tengah sana. Pemandangan ini menjadi unik sebab Bintan terkenal dengan wisata pantainya yang biru. Bukit ini bisa dikunjungi dengan menempuh perjalanan selama satu jam dari pusat kota.

Untuk memperoleh pemandangan yang cantik, sebaiknya wisatawan datang ketika musim kemarau. Berkunjung ketika sore hari karena udara dan matahari tidak terlalu terik. Dengan mencari pose yang bagus, pasti Sahabat akan memperoleh foto selayaknya di gurun pasir.

Crystal Lagoon

Crystal Lagoon seakan menjadi harta karun tak terduga bagi Bintan. Bagaimana tidak? Kolam renang yang terdapat di Teluk Sebong Lagoi ini didapuk sebagai kolam renang terbesar se-Asia Tenggara dengan luas kolam renang 600 hektar. Air kolam renang merupakan air laut yang sudah disaring.

Wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp100.000. Bagi yang gemar berenang, Crystal Lagoon tentu menjadi destinasi yang sangat menyenangkan. Namun, bagi yang bosan berenang, di sini juga tersedia penyewaan beberapa permainan air seperti frisbee dengan harga sewa sebesar Rp20.000 per jam hingga jetovator yang bisa di sewa per 30 menit dengan harga Rp2.100.000.

White Sands Island

White Sands Island juga dikenal dengan sebutan Pulau Beralas Pasir yang merupakan objek wisata Bintan yang terletak di Teluk Bakau. Berkunjung ke pulau ini seperti berkunjung ke pulau pribadi karena di sini sangat sepi karena memang tidak berpenghuni.

Memberi pemandangan pasir putih dengan perairan laut yang bening, pulau ini sangat wajib dikunjungi ketika datang ke Bintan. Selain bisa bersantai dengan tenang, wisatawan juga bisa menikmati snorkeling untuk melihat biota laut di sana, berolahraga voli, hingga melakukan camping.

Hutan Mangrove

Bintan tidak hanya kaya dengan wisata lautnya. Di pulau ini juga terdapat hutan mangrove yang menyejukkan mata.

Hutan yang terletak di Sebong Lagoi ini ternyata merupakan hutan tembakau terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara loh. Wisatawan bisa menikmati hutan dengan melakukan perjalanan berkeliling hutan menggunakan kapal yang banyak disewakan di sana. Sepanjang perjalanan berkeliling hutan, wisatawan akan disuguhi kehadiran aneka hewan hutan, seperti monyet, burung, hingga ular. Tenang saja, ada pemandung yang akan menjelaskan tentang hutan sehingga wisatawan mendapat banyak pengetahuan selama berkeliling.

Air Terjun Gunung Bintan

Selain memiliki hutan bakau yang indah, Bintang juga memiliki destinasi wisata berupa air terjun loh, Sahabat. Letaknya di Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan. Namanya Air Terjun Gunung Bintan. Wisatawan bisa masuk ke sini dengan membayar tiket seharga Rp10.000. Untuk menuju lokasi, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 300 meter dari lokasi parkir kendaraan.

Wah, ternyata, Bintan memang banyak menyimpan kekayaan destinasi wisata ya, Sahabat. Mulai dari kolam renang hingga hutan bakau mendapat titel sebagai destinasi wisata terbesar se-Asia Tenggara dan membuat bangga Indonesia. Tak heran, Bintan mendapat banyak kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, jangan lupa, selama menikmati wisata juga jaga destinasi tersebut agar tetap asri dan terawat ya!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tak Hanya Baturraden, ini Deretan Tempat Wisata di Purwokerto yang Tidak Kalah Hits

2020-10-28

Jika berbicara tentang Purwokerto maka bayangan Sahabat mungkin akan langsung tertuju pada bahasanya yang sering dianggap lucu. Padahal, jika mau mencari info lebih lanj

thumbnail

Jakarta-Semarang Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaik

2023-08-03

Berbicara destinasi wisata indah, tidak melulu terdapat di luar negeri. Sebab, bisa Anda temukan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti kota Semarang. Seperti dik

thumbnail

12 Tempat Wisata Di Lembang yang Tidak Akan Membuat Bosan

2020-10-28

Mendengar nama Lembang semua orang akan langsung ingat pada bolu susunya yang enak. Di sepanjang jalan kita akan dengan mudah menemukan pedagang yang menawarkan bolu sus

thumbnail

5 Tips Liburan ke Bali Ala Backpacker, Murah dan Nagih!

2020-11-20

Bali masih menjadi primadona bagi para wisatawan. Meskipun banyak kota yang menyajikan destinasi wisata pantai yang tak kalah cantik seperti Yogyakarta, Belitung, hingga Karimunjawa, tetapi Bali se