Logo Daihatsu
Menu

10 Manfaat Olahraga Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Tips & Trick

2020-11-21

manfaat olahraga secara rutin

Olahraga bukan hanya perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Rutinitas olahraga juga tidak terbatas pada aktivitas olahraga yang berat. Meskipun hanya olahraga ringan, manfaatnya akan tetap terasa oleh tubuh.

Manfaat olahraga secara rutin merupakan keuntungan yang bisa didapatkan oleh tubuh saat seseorang melakukan aktivitas olahraga teratur. Saat dilakukan secara teratur, olahraga akan memberikan manfaat bagi seluruh kalangan usia dengan beragam kondisi kesehatan. Yuk, simak manfaat yang bisa didapatkan tubuh saat melakukan olahraga dengan rutin.

1. Mencegah Penyakit

Olahraga membantu fungsi jantung untuk dapat memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Terlepas dari kondisi kesehatan atau berat badan saat ini, olahraga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Jika sudah dilakukan secara teratur, potensi penyakit kronis seperti jantung, stroke, diabetes, dan kanker dapat dicegah.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

2. Memperkuat Tulang dan Otot

Semakin bertambahnya usia, massa dan fungsi otot bisa berkurang. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan otot. Oleh karena itu, aktivitas fisik sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mencegah osteoporosis. Menariknya, latihan berat seperti lari, basket, dan sepak bola ternyata mampu meningkatkan kepadatan tulang.

3. Merangsang Hormon Bahagia

Olahraga ringan seperti joging juga memberikan manfaat positif bagi tubuh, loh! Aktivitas fisik yang dilakukan di luar ruangan mampu merangsang hormon bahagia yaitu serotonin. Suasana hati akan lebih baik dan mungkin juga lebih percaya diri dengan penampilan tubuh yang prima. Jadi, lakukan rutinitas olahraga secara rutin untuk menjaga suasana hati.

4. Mengoptimalkan Energi dalam Tubuh

Apakah seseorang akan merasa lelah setelah berolahraga? Tidak, kok. Olahraga malah bisa mengurangi kelesuan karena oksigen terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Hal ini dipicu oleh fungsi jantung yang optimal sehingga energi bisa bertambah. Aktivitas sehari-hari pun bisa semakin produktif.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain energi yang meningkat, olahraga juga mampu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Saat sudah waktunya beristirahat, seseorang akan lebih mudah terlelap. Baik olahraga aerobik maupun latihan ketahanan tubuh sama-sama bisa membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

6. Membuat Jantung Lebih Sehat

Kinerja jantung yang terlatih dari rutinitas olahraga sehari-hari juga mampu mengoptimalkan kesehatan jantung. Denyut jantung yang meningkat bermanfaat untuk membawa oksiden agar dapat diedarkan ke seluruh sel tubuh. Karena itulah, olahraga sudah disarankan sejak kecil untuk mencegah risiko penyakit jantung koroner.

7. Meningkatkan Kinerja Kognitif Otak

Melansir dari klikdokter.com, fungsi kecerdasan otak juga akan meningkat dengan berolahraga. Seseorang bisa berkonsentrasi dan mengatur fokus dengan baik saat bekerja sama di dalam tim. Kemampuan kerja sama dan perencanaan otak juga bisa ikut terasah lebih tajam saat melakukan olahraga permainan.

8. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Olahraga teratur dapat meningkatkan performa seksual yang lebih baik. Rutinitas olahraga mampu memperkuat sistem kardiovaskular, sirkulasi darah, kekuatan otot, dan fleksibilitas tubuh. Hal ini mampu meningkatkan gairah seiring dengan meningkatnyan frekuensi aktivitas seksual.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh pertahanan antioksidan tubuh. Radikal bebas pada sel seharusnya mampu diperbaiki oleh antioksidan. Jika tidak, struktur internal sel akan rusak dan memperburuk sel kulit tubuh. Oleh karena itu, lakukan olahraga teratur untuk dapat menjaga produksi antioksidan alami yang bisa melindungi sel tubuh.

10. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Penyakit Kronis

Penderita penyakit kronis biasanya disarankan untuk berisitrahat dan menghentikan aktivitas. Melansir dari artikel healthline.com, rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit kronis malah bisa berkurang dengan berolahraga. Dengan begitu, aktivitas fisik yang dilakukan seseorang juga mampu memperbaiki kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

Nah, itulah beberapa manfaat olahraga rutin untuk kesehatan tubuh. Baik kesehatan fisik maupun mental akan tetap terjaga agar tetap sehat dan optimal. Jadi, biasakan diri untuk berolahraga dengan rutin, ya!

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Sejarah Kerajaan Kutai, Kerajaan Tertua di Indonesia

2021-03-31

Pengenalan Kerajaan Kutai sebagai kerajaan pertama di Indonesia banyak dibuktikan dengan peninggalan prasasti yang telah banyak ditemukan oleh para ilmuan. Meski demikia

thumbnail

4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil

2020-10-15

Udah pada tau belum nih waktu yang tepat untuk mengganti rem mobil kamu guys? Rem memang komponen utama yang sangat penting lho, karena ini juga menyangkut tentang kesel

thumbnail

Kriteria dan Cara Membuat Bibit Jahe Merah yang Baik

2021-02-23

Jahe merah merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak manfaatnya. Sahabat bisa mendapatkan banyak manfaat saat mengkonsumsi jahe. Biasanya, jahe dijadikan sebagai c

thumbnail

Mobil Baru atau Bekas, Mana yang Lebih Ekonomis?

2020-09-10

Pilih mobil bekas atau mobil baru? Apa saja yang harus Anda pertimbangkan supaya tidak rugi? Mungkin beberapa pertanyaan tadi menjadi dilema untuk Anda yang akan membeli