Logo Daihatsu
Menu

10 Taman Bermain Anak untuk Menambah Wawasan Si Kecil

Family

2020-11-27

taman bermain anak

Hari libur bukan berarti hanya bersantai-santai di rumah saja lho. Tidak ada salahnya Sahabat mengajak anak-anak berlibur. Selain bisa menghilangkan penat, berlibur juga mampu mengembalikan gairah semangat untuk kembali beraktivitas.

Namun Sahabat tidak perlu pusing memikirkan dana untuk berlibur. Pasalnya, untuk bisa menemukan tempat wisata Sahabat tidak perlu jauh-jauh pergi ke alam bebas ataupun travelling ke luar kota. Bahkan tanpa kita sadari, ada banyak sekali taman bermain anak yang bisa dikunjungi di daerah kita.

Taman Bermain Anak di Bandung 

Jika Sahabat berdomisili di Bandung dan masih kesulitan dalam menentukan tempat wisata yang cocok menyenangkan bagi anak dan pastinya murah meriah. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat yang bisa dicoba.

1. Taman Lalu Lintas

Pernah mendengar taman bermain lalu lintas? Jika belum, Sahabat harus cepat-cepat berkunjung ke sini. Taman lalu lintas sendiri merupakan salah satu taman bermain yang sangat mengedukasi, pasalnya di taman bermain ini banyak sekali dipasang berbagai jenis miniatur rambu lalu lintas.

Asyiknya lagi, ketika berkunjung ke sini Sahabat bisa memperkenalkan berbagai jenis rambu-rambu lalu lintas tersebut kepada anak-anak. Selain itu, berbagai wahana permainan juga disediakan sehingga anak tidak bosan. Wah sangat cocok sekali bagi mereka yang bercita-cita sebagai polisi lalu lintas ya!

2. Kebun Binatang Bandung

Apakah anak Sahabat termasuk pecinta hewan? Jika ya, maka mengajaknya ke kebun binatang Bandung merupakan pilihan yang tepat. Di sini, anak-anak dikenalkan dan diajari berbagai informasi menarik tentang berbagai fauna yang terdapat Kebun Binatang Bandung.

Letaknya yang berada di tengah kota menjadikan kebun binatang ini sangat strategis untuk dikunjungi. Di sini anak dapat belajar mengenal berbagai jenis flora dan fauna langka. Selain itu, kebun binatang ini juga menghadirkan playground dan juga wisata air yang bisa dikunjungi. Tertarik untuk berkunjung?

3. Jendela Alam

Ingin memperkenalkan rasa cinta alam dan lingkungan pada anak? Di sini nih tempatnya. Menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti beternak dan berkebun, tentunya akan menambah ilmu dan juga wawasan pada anak.

Asyiknya lagi, di tempat ini anak-anak akan diajari bagaimana cara yang benar dalam bercocok tanam dengan menggunakan metode aquaponik dan hidroponik. Selain tanaman, anak-anak juga bisa diajak untuk berinteraksi dengan hewan seperti memberikan makanan kepada para hewan tersebut.

Jika sudah selesai bermain dengan hewan, maka Sahabat bisa mengajaknya mengunjungi wisata air yang juga disediakan di tempat ini seperti waterboom mini dan juga water ball. Menarik dan bermanfaat sekali tentunya.

4. Bandung Science Center

Bagaimana jika anak Sahabat termasuk kedalam pecinta sains yang sangat menyukai berbagai eksperimen dan percobaan berbau fisika dan kimia? Hmm.. jangan bingung memilih tempat wisata ya. Di Bandung, Anda bisa mengajak buah hati tercinta ke taman bermain Bandung Science Center.

Bandung Science Center sudah dilengkapi dengan berbagai ruangan yang dilengkapi dengan perlengkapan eksperimen. Tempat ini tentunya sangat menarik terutama bagi anak untuk membuktikan berbagai teori dan juga percobaan yang berhubungan dengan fisika, kimia, dan biologi. Wah sangat mengedukasi sekali ya!

5. Crayon’s Craft & Co

Sebenarnya jika Sahabat berkunjung ke tempat ini, maka hal pertama yang terlihat adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam bahan kerajinan tangan. Namun keunikan dari toko ini yaitu adanya layanan tutorial pembuatan kerajinan secara gratis pada setiap pembelian bahan kerajinan hingga Rp.100.000.

Kelas ini pun tentunya dapat menjadi solusi wisata yang sangat mengedukasi terutama bagi anak-anak yang tertarik pada berbagai jenis barang seni. Dengan mengajaknya berkunjung ke Crayon’s Craft & Co tentu bisa mengasah keterampilan anak terutama dalam membuat berbagai barang kerajinan. Tertarik untuk berkunjung?

6. Komunitas Hong

Pusing melihat anak yang kecanduan bermain game dan gadget setiap hari? Maka inilah saatnya untuk membawanya berkunjung ke komunitas Hong. Apa sih komunitas Hong? Komunitas Hong  termasuk kedalam tempat wisata di Bandung yang sangat unik. Pasalnya di tempat ini Sahabat akan melihat berbagai jenis permainan tradisional dari berbagai daerah.

Tidak hanya itu saja, anak-anak juga dapat ikut berpartisipasi dalam berbagai permainan ini. Jika Sahabat ingin bernostalgia dengan permainan semasa kecil serta ingin memperkenalkan kepada anak tentang permainan tersebut. Maka tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi Sahabat sekeluarga.

7. Maya Hirai School of Origami

Berbeda lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Mengunjungi tempat ini dijamin akan membuat Sahabat terkagum-kagum dengan berbagai barang seni yang berasal dari origami. Origami sendiri merupakan salah satu teknik melipat kertas yang biasa dilakukan oleh orang Jepang untuk menciptakan berbagai barang-barang seni dan miniatur yang indah.

Di sini, anak bisa belajar melipat kertas origami menjadi berbagai jenis benda ataupun hewan favoritnya. Selain bisa meningkatkan kecerdasan motorik serta kreativitas, anak juga akan merasa puas dan senang karena bisa membuat berbagai macam benda dari hasil kreasinya sendiri. 

Bila anak tertarik dan ingin mencoba berlatih di rumah, jangan bingung ya bun. Sahabat bisa membeli buku dan juga video tutorial origami yang juga disediakan disini. Wah bakal semakin asyik membuat origami nih!

8. Taman Kupu Cihanjuang

Kupu-kupu termasuk kedalam salah satu jenis serangga yang cantik. Kebanyakan anak perempuan sangat menyukai hewan yang satu ini. Daripada mengajaknya ke mall, bagaimana jika Sahabat beralih ke Taman Kupu Cihanjuang?

Taman bermain anak yang satu ini termasuk kedalam jenis taman yang memelihara banyak sekali kupu-kupu, termasuk juga kupu-kupu dengan spesies yang langka. 

Selain dapat melihat berbagai jenis kupu-kupu yang cantik, Sahabat sekeluarga juga akan dipandu dengan infrastruktur profesional yang siap sedia menjelaskan berbagai informasi menarik terkait kupu-kupu yang berada di Taman Kupu Cihanjuang ini.

Selain mengasyikkan, wawasan anak tentunya akan semakin bertambah ya dibandingkan dengan mengajaknya jalan-jalan ke mall.

9. Museum Geologi Bandung

Anak laki-laki biasanya sangat suka bercerita dan membayangkan tentang dinosaurus. Lalu mengapa tidak coba untuk mengajaknya melihat fosil dinosaurus secara langsung?

Di Bandung, Sahabat bisa menemukan berbagai fosil hewan purba yang terawat. Letaknya yaitu di museum geologi Bandung. Salah satu fosil dinosaurus terkenal yang berada di museum ini yaitu fosil T-rex.

Tiket masuknya juga tergolong murah, cukup membayar Rp.3000 maka Sahabat bisa mengunjungi berbagai fosil yang sudah diawetkan disini.

10. Observatorium Bosscha

Jika anak sangat menyukai pemandangan langit di malam hari, maka ajaklah sekali-kali mengunjungi observatorium Bosscha. Berlokasi di Lembang, tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk mengenalkan berbagai hal terkait dunia astronomi kepada anak. Disini anak bisa belajar terkait rasi bintang serta hal-hal menarik lainnya. Namun jangan lupa, Sahabat harus mendaftar dulu sebelum bisa memasuki observatorium ini.

Wah, ternyata banyak sekali ya tempat-tempat menarik yang juga menambah wawasan dan ilmu anak-anak. Sahabat juga tidak perlu khawatir jika mengajak anak untuk berlibur ke salah satu tempat tadi. Pasalnya, tempat-tempat tersebut telah terjaga keamanan, kenyamanan, dan juga kebersihannya sehingga sangat aman dan nyaman bagi anak tentunya.

Baca juga : Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kartu Identitas Anak - Cara Membuat, Syarat, dan Manfaatnya

2020-11-20

Kartu identitas di semua negara menjadi hal yang penting. Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga seharusnya memiliki kartu identitas. Ada beberapa alasan mengapa anak kecil pun harus punya kartu i

thumbnail

Kebiasaan Orang Sunda

2021-04-14

Setiap suku pasti punya kebiasaan yang susah sekali dihilangkan. Hal itu melekat pada setiap orang yang dilahirkan dari suku tersebut dan diajarkan secara tidak langsung

thumbnail

Kumpulan Orang Sukses Tanpa Kuliah

2020-12-16

Orang sukses tanpa kuliah adalah orang yang sering kali menjadi panutan banyak orang, terutama orang-orang yang memang kurang beruntung tidak bisa kuliah namun memiliki

thumbnail

Kumpulan Aplikasi Keuangan Keluarga

2020-11-20

Mengatur keuangan keluarga memang dibutuhkan oleh siapapun. Siapa yang tidak tahu cara m