Logo Daihatsu
Menu

11 Tempat Wisata di NTT Ini Punya Pesona Menakjubkan

Travel

2021-01-18

tempat wisata di NTT

Pesona alam NTT (Nusa Tenggara Timur) sebagai destinasi wisata belakangan lagi naik daun. Kalau diulik lagi, rupanya masih banyak tempat wisata lain di NTT yang tak kalah menakjubkan dari Labuan Bajo. 

Seperti kita tahu, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang didominasi oleh tiga kepulauan besar, seperti pulau Flores, Sumba dan Timor bagian barat. Daya tarik wisatanya ya tak lepas dari pesona pantai, perbukitan sampai alam yang menakjubkan. 

Tak heran jika berkunjung ke NTT, Sahabat bakal menemukan sesuatu yang beda dan tidak bisa dijumpai di daerah lainnya. Penasaran apa saja tempat wisata menarik di NTT? Berikut sudah kami rangkum 11 tempat wisata di NTT yang punya pesona menakjubkan. 

1. Taman Nasional Komodo 

Destinasi satu ini jadi yang paling populer di NTT. Daya tarik wisatanya tak cuma alamnya saja yang unik, tapi ada flora dan fauna endemik seperti komodo yang habitat aslinya tetap dilestarikan sampai sekarang. Meski terbilang sebagai hewan buas dan langka, namun wisatawan yang datang bisa berkunjung ke kawasan ini dan tentu saja harus didampingi dengan para ranger atau pemandu wisata. 

Lokasi: Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Jam operasional: Objek wisata ini buka sepanjang hari 24 jam. Namun, kalau mau menyaksikan kehidupan komodo di habitat aslinya, lebih baik saat hari terang.

Harga Tiket Masuk (HTM): Mulai dari Rp5.000 - Rp150.000. 

2. Gunung Kelimutu 

Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang letaknya ada di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Gunungnya memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1.639 mdpl, tapi untuk mencapai puncaknya harus siap dengan kondisi fisik yang prima karena medannya terjal dengan kemiringan hampir mendatar dan berbatu. Cocok untuk Sahabat yang suka tantangan. 

Lokasi: Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT. 

Jam operasional: 24 jam 

Harga Tiket Masuk (HTM): Mulai dari Rp7.500/orang untuk wisatawan domestik. 

3. Pantai Merah (Pink Beach) 

Hamparan pasir berwarna merah muda menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai Merah atau biasa disebut dengan Pink Beach. Warna pasirnya mencolok banget, apalagi kalau datang saat pagi atau sore hari sambil menikmati sunset. 

Lokasi: Taman Nasional Komodo, Jalan Kasimo, Kecamatan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Jam operasional: 24 jam 

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp5.000 (termasuk keseluruhan wisata di dalam Taman Nasional Komodo). 

4. Taman Nasional Kelimutu 

Taman Nasional Kelimutu memiliki pesona alam menakjubkan. Terdiri dari hamparan bukit, pegunungan hingga keindahan Danau Tiga Warna. Di Taman Nasional Kelimutu terdapat sebuah tempat bernama Arboretum. Arboretum sendiri adalah sebuah hutan dengan luas 4,5 hektare yang berfungsi sebagai kawasan koleksi ragam flora dan fauna.

Keragaman flora yang tersimpan di sini setidaknya ada sekitar 100 spesies dalam 36 family dan ada jenis endemik Kelimutu, yaitu turuwara (Rhondodenron renschianum) dan uta onga (Begonia kelimutuensis). Kemudian satwa endemik lain adalah burung garugiwa, tikus lawo, deke, wawi ndua, srigunting dan masih banyak lagi. 

Lokasi: Detusoko, Ende, NTT 

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 05.00-18.00 WITA. 

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp5.000 (Wisatawan domestik) dan Rp150.000 (wisatawan asing). 

5. Pulau Kalong 

Pulau kecil dengan hutan lebat dan dikelilingi birunya air laut ini merupakan rumah bagi ribuan kelelawar besar. Waktu yang tepat untuk melihat kelelawar terbang di sekitar pulau adalah saat sore hari. Kalau siang, mereka hanya bertengger di ranting-ranting pohon. 

Namun jangan sesekali coba masuk ke pulau ini. Sebab masih ada beberapa hewan berbahaya lain seperti ular piton yang menjadi tuan rumah di Pulau Kalong. Hal inilah yang membuat Pulau Kalong tak pernah dijamah manusia dan habitatnya harus dilestarikan. 

Lokasi: Kepulauan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. 

Jam operasional: Maksimal sampai pukul 17.00 WITA agar bisa melihat aktivitas kelelawar dari atas kapal boat. 

Harga Tiket Masuk: Gratis, hanya melintas saja atau melihat dari atas kapal saja. 

6. Danau Kelimutu 

Keindahan Danau Kelimutu bisa dinikmati di kawasan Gunung Kelimutu yang berada di ketinggian 1.631 mdpl. Danau Tiga Warna yang menjadi destinasi wisata ikonik yang ada di kawasan ini. Mengapa ikonik? Karena danau tersebut punya keunikan bisa berubah warna, kadang biru, merah sampai hijau toska. 

Lokasi: Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Jam operasional: 05.00-18.00 WITA.

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp5.000

7. Pantai Nihiwatu 

Pantai dengan pasir putih sepanjang 2,5 km ini termasuk dalam satu dari sepuluh pantai terbaik di Asia. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung untuk menikmati pesona ombak dan pantainya yang menakjubkan. Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Nihiwatu ini adalah berkuda, berjemur, snorkeling, menyelam, hingga memancing. 

Lokasi: Waikabubak, Sumba Barat, NTT 

Jam operasional: 24 jam 

Harga Tiket Masuk: Khusus bagi tamu resort yang menginap. 

8. Weekuri Lagoon (Danau Weekuri) 

Danau Weekuri termasuk dalam 11 tempat wisata di NTT yang punya pesona menakjubkan. Danau ini merupakan danau air asin yang eksotis. 

Panorama tebing-tebing batu, pepohonan besar, serta air danau yang jernih hijau toska mampu memberi pengalaman luar biasa bagi siapapun yang datang. 

Lokasi: Desa Kalena rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. 

Jam operasional: 08.00-17.00 WITA. 

Harga Tiket Masuk: Belum ada keterangan resmi alias gratis. Namun ada beberapa biaya yang harus dibayar ketika datang ke Danau Weekuri, seperti pemandu wisata sampai tiket parkir yang berkisar Rp50-100 ribu. 

9. Gunung Inerie 

Gunung Inerie memang tidak begitu terlalu tinggi dibandingkan gunung lainnya. Ketinggian hanya mencapai 2.245 mdpl, namun keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Gunungnya cantik, kalau dari kejauhan bentuknya segitiga sempurna. Gunung ini juga cocok untuk pendaki yang mau menikmati pendakian dengan suasana asri. Di kaki gunungnya juga terdapat desa adat Bena yang terkenal. 

Lokasi: Pulau Flores, Kabupaten Ngada, Bajawa, NTT. 

Jam operasional: 24 jam 

Harga Tiket Masuk: Gratis 

10. Rangko Cave 

Rangko Cave atau Gua Rangko tempatnya cukup terpencil, sehingga masih belum banyak wisatawan yang datang. Gua ini memiliki keindahan alami kolam yang air berwarna biru. Stalagtit dan stalagmit yang menggantung di dalam gua juga terbentuk alami. 

Gua Rangko juga termasuk gua yang aman untuk berenang. Pengunjung tak perlu khawatir akan adanya binatang aneh, karena gua ini tidak jadi sarang kelelawar. 

Lokasi: Desa Rango, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat. 

Jam operasional: Setiap hari 24 jam, namun waktu terbaik adalah jam 12.00-14.00 WITA, yang mana sinar matahari dapat membuat stalagtit dan stalagmit memantulkan cahaya matahari dan pesona makin cantik! 

Harga Tiket Masuk: Rp15.000.

11. Pantai Oetune 

Hamparan gumuk pasir seluas 100 meter persegi yang terbentuk, membuat pengunjung seperti berada di kawasan Timur Tengah. Di Pantai ini, Sahabat juga bisa menemukan pohon kasuru atau kasuari hingga lontar yang berjajar dan bisa tumbuh hingga puluhan tahun. 

Selain itu, Pantai Oetune juga memiliki ombak pecah yang unik. Tak ayal tempat wisata ini kerap dijadikan latar foto prewedding. 

Lokasi: Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. 

Jam operasional: 24 jam. 

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp3.000,

Demikian ulasan mengenai 11 tempat wisata di NTT yang punya pesona menakjubkan. Jangan lupa untuk selalu bawa kamera dan siapkan paket data ya buat mengabadikan momen liburan seru ketika berkunjung ke destinasi wisata yang sudah disebutkan di atas. 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Candi Borobudur : Sejarah dan Hal Terkait Tentangnya

2020-11-05

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Candi Borobudur terletak di Magelang yang jika ditempuh dari Yogyakarta akan memakan waktu sekitar satu seteng

thumbnail

Ini Panduan Untuk Sahabat yang Tertarik ke Taman Safari!

2021-05-24

Bagi Sahabat yang berencana berlibur bareng keluarga, Taman Safari adalah salah satu yang layak jadi pilihan. Disana, Sahabat dan keluarga bisa piknik sambil melihat atr

thumbnail

Tak Boleh Dilewatkan, Berikut 25 Makanan Khas Lampung yang Super Lezat

2021-01-31

Berbincang mengenai hidangan tradisional nusantara memang tak pernah ada habisnya. Pastinya di setiap daerah terdapat makanan khas, salah satunya di Lampung. 

thumbnail

Hawai Waterpark Malang – Wahana Terbaik dan Tiket Masuk

2020-10-28

Malang menjadi daerah favorit di Jawa Timur untuk menghabiskan waktu berlibur. Malang bisa diibaratkan Puncak Bogor-nya Jawa Timur. Memilih Malang menjadi tempat destina