Logo Daihatsu
Menu

11 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi ketika Pertama Kali Berkunjung ke Korea Selatan

Travel

2021-04-21

namsan tower

Korea Selatan adalah negara yang beberapa tahun belakangan begitu terkenal, baik untuk warga Indonesia maupun dunia, karena kemajuan budayanya, seperti lagu, film, hingga makanan. Tidak jarang, karena kepopulerannya tersebut banyak tempat wisata di Korea Selatan yang diburu oleh wisatawan untuk dikunjungi.

Nah, jika Sahabat termasuk ke dalam salah satu pecinta Korea Selatan, beberapa daftar tempat wisata di Korea Selatan berikut bisa dijadikan referensi untuk berlibur nih. Tidak hanya menawarkan pemandangan, beberapa juga memberikan edukasi seputar sejarah Korea Selatan.

Ada beberapa tempat wisata yang bahkan membuat nostalgia karena sering digunakan untuk adegan drama Korea yang sangat digandrungi loh. Yuk, langsung simak saja!

1. Namsan Tower

Namsan Tower tentu saja tidak asing lagi di telinga Sahabat, bukan? Sesuai namanya, tempat ini merupakan tower setinggi 237 meter yang dulunya digunakan sebagai pemancar radio. Namsan Tower juga dikenal dengan sebutan N Seoul Tower karena memang letaknya di jantung Kota Seoul, ibu kota negara Korea Selatan.

Tower ini merupakan tempat wisata di Korea Selatan yang selalu ramai oleh pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Namsan Tower bahkan sering menjadi setting film bahkan drama Korea Selatan karena memiliki julukan tempat romantis untuk dikunjungi bersama pasangan.

Jika Sahabat ke sini, bisa coba naik hingga atas tower loh seperti halnya ketika berkunjung ke Monas. Namun, jika memang takut ketinggian, Sahabat bisa hanya berjalan-jalan di taman dekat Namsan Tower. Sama-sama romantis, kok.

2. Gwongeumseong Fortress

Gwongeumseong Fortress merupakan tempat wisata Korea Selatan yang berada di atas ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Berada di ketinggian seperti ini tentu saja memberikan pemandangan yang cantik dong, Sahabat. Sebab, dari Gwangseongseong Fortress, Sahabat bisa melihat hamparan tebing, hutan, hingga bukit yang cantik nan luas.

Ciri khas dari Gwongeumseong Fortress ini adalah cable car-nya. Ya, betul sekali, Sahabat bisa menaiki cable car sehingga bisa merasakan kenangan menyenangkan sekaligus menegangkan. Namun, bagi yang trauma akan ketinggian, jangan coba-coba ya.

3. Sinheungsa Temple

Korea Selatan tentu saja terkenal dengan segala budayanya dong, mulai dari musik, tarian, hingga sejarah. Nah, rasanya sangat kurang pas jika berlibur ke Korea Selatan tanpa mengunjungi tempat wisata sejarah.

Salah satu tempat wisata sejarah yang bisa Sahabat datangi adalah Shinheungsa Temple nih. Kawasan kuil yang sudah berusia lebih dari 1.000 tahun ini ini berada di Gunung Sorak. Sahabat bisa berfoto bersama patung Buddha yang berukuran begitu tinggi dan besar, yaitu 14,6 meter yang biasanya disebut sebagai Tongil Daebul atau The Great Bronze Buddha.

4. Everland Theme Park

Jika Indonesia memiliki kawasan Ancol sebagai salah satu theme park yang begitu terkenal untuk dikunjungi, Korea Selatan juga punya loh, Sahabat. Namanya adalah Everland Theme Park. Kawasan taman bermain ini merupakan yang terbesar di Negeri Gingseng ini sehingga pasti akan menjadi momen berharga untuk mengunjunginya.

Everland Theme Park pertama dibuka untuk umum pada 1976 loh, sudah cukup berumur ya. Dan, di tahun 2007 menyandar predikat salah satu taman hiburan terbaik di dunia dari 10 taman bermain yang ada di seluruh negara. Wah, sudah terbayang serunya bermain di sini bersama sahabat, pasangan, hingga keluarga belum?

5. Seongsan Sunrise Peak

Mari kita intip pulau paling terkenal di Korea Selatang karena sering sekali disebut dan menjadi latar tempat di beberapa adegan drama. Yaps, apalagi kalau bukan Pulau Jeju!

Nah, jika Sahabat memutuskan untuk menjadikan Pulau Jeju sebagai salah satu destinasi wisata ketika berkunjung ke Korea Selatan, jangan lupa untuk mengunjungi Seongsan Sunrise Peak ya.

Kawasan terbuka ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang harus dilindungi loh, Sahabat.

6. Starfield Coex Mal

Tahu apalagi yang membuat penasaran dan wajib sekali dikunjungi ketika berkunjung ke Korea Selatan? Bagi penggemar buku, pasti akan menjawab perpustakaan! Ya, betul sekali! Korea Selatan memang menjadi salah satu negara yang konsen terhadap perkembangan literasinya tinggi.

Nah, salah satu perpustakaan paling terkenal di Korea Selatan, bahkan sering masuk ke dalam daftar perpustakaan besar dan cantik di dunia, adalah Starfield Coex Mal. Perpustakaan yang berada di gedung mal bawah tanah terbesar di Korea Selatan ini, memiliki ribuan koleksi buku yang ditata dengan sangat cantik dan rapi dengan instagramable sekali tampilannya.

7. Arc & Book, Seoul

Selain Starfield Coex Mal untuk dijadikan surga destinasi bagi para pecinta buku, Sahabat juga harus banget nih mengunjungi Arc & Book. Bukan perpustakaan, melainkan toko buku.

Arc & Book yang berada di pusat Kota Seoul ini tentu saja menjadi destinasi wisata yang tidak boleh terlewat dong jika belum puas dengan Starfield. Gayanya yang vantage membuat toko buku yang berada di basement Buyong Eulji Building ini sangat keren dan tidak layak untuk dilewatkan.

8. Bukchon Hanok Village

Saking terkenalnya budaya Korea Selatan melalui musik K-Pop hingga tayangan dramanya, baju tradisional Korea Selatan yang biasa disebut sebagai hanbok juga digemari banyak orang untuk dikenakan. Nah, jika Sahabat ingin berjalan-jalan sambil mengenakan hanbok, coba deh mampir ke Bukchon Hanok Village.

Sahabat bisa menyewa hanbok dan mengenakannya sambil berjalan-jalan mengelilingi perumahan yang masih berdesain tradisional. Wah, seru sekali, kan?

9. Myeongdong Street

Indonesia memiliki Jalan Malioboro di Yogyakarta dan Jepang memiliki Jalan Shibuya di Tokyo yang sangat terkenal untuk dikunjungi padahal sebenarnya hanya berupa jalan. Nah, di Korea Selatan juga ada nih kawasan jalan yang begitu terkenal sehingga lama-lama menjadi destinasi wisata.

Jalan tersebut bernama Myeongdong. Di sini, kamu bisa belanja pernak-pernik dan kosmetik terkenal Korea dengan harga yang lebih murah dibanding di Indonesia loh, Sahabat. Selain kosmetik, di jalan Myeongdong juga banyak berderet penjual camilan khas Korea Selatan.

10. Gwanghwamun Square

Mau berkunjung ke tempat wisata sejarah dengan tampilan instagramable sehingga bisa mempercantik unggahan di media sosial kamu? Jawabannya ya Gwanghwamun Square! Tidak menguras kantong lagi karena tidak dipungut biaya untuk masuk.

Selain berselfie ria bersama sahabat, pasangan, atau keluarga, di Gwanghwamun Square juga sering diadakan pertunjukan seni loh, Sahabat. Ada museumnya juga yang bernama The Story of King Sejong Exhibition Hall yang terletak di bawah patung King Sejong untuk mengenang salah satu Raja Korea Selatan itu.

11. Gyeongbok Palace

Dinasti Joseon. Pasti tidak asing lagi kan dengan nama salah satu dinasti yang pernah memerintah di Korea Selatan itu karena sering disebut dalam film dan drama Korea? Nah, untuk lebih paham dinasti itu, Sahabat bisa loh mengunjungi Gyeongbok Palace yang terletak di utara Kota Seoul.

Sahabat juga bisa menyewa hanbok sehingga bisa berkeliling sambil mengenakan baju tradisional tersebut. Wah, sudah serasa penduduk asli deh. Seru!

Itulah 11 tempat wisata Korea Selatan yang wajib banget nih untuk Sahabat kunjungi ketika pertama kali pergi ke Negeri Gingseng tersebut. Namun, tetap harus berhati-hati ya! Mungkin, sekarang Korea Selatan terus naik daun, tetapi tidak memungkiri juga jika negara tersebut memiliki tingkat kejahatan yang cukup rawan.

Yang terpenting, jangan memaksakan diri untuk berlibur ke Korea Selatan. Terlebih keadaan masih belum membaik terkait pandemi. Tetap dalam protokol kesehatan yang aman ya, Sahabat!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tak Hanya Baturraden, ini Deretan Tempat Wisata di Purwokerto yang Tidak Kalah Hits

2020-10-28

Jika berbicara tentang Purwokerto maka bayangan Sahabat mungkin akan langsung tertuju pada bahasanya yang sering dianggap lucu. Padahal, jika mau mencari info lebih lanj

thumbnail

Patut Bangga! Berikut Daftar 50 Makanan Khas Indonesia Yang Dikenal Dunia

2021-01-31

Indonesia diberkahi dengan keragaman suku dan budaya yang juga menghasilkan kuliner unik dan lezat. Hal ini terbukti dengan dafta

thumbnail

Rute ke Bromo dengan Mobil Pribadi

2020-10-28

Bromo adalah salah satu kawasan wisata alam di Jawa Timur yang banyak dipilih baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasan wisata alam yang juga menyajikan wisa

thumbnail

6 Tempat Wisata di Bekasi Wajib Kamu Kunjungi!

2020-10-28

Bekasi merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat dengan luas wilayah 210 kilometer persegi. Hampir setengah lahan yang ada di sana sudah digunakan untuk industri dan pem