Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
11 Tips Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi, Hemat & Aman!
13 Februari 2023
11 Tips Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi, Hemat & Aman!

Mudik merupakan budaya yang tidak dipisahkan bagi masyarakat Indonesia. Alasan utamanya adalah rindu akan kampung halaman. Ketika musim mudik tiba, tidak sedikit jalanan yang lumpuh akibat macet. Kondisi ini sangat menguras banyak waktu, dan tenaga. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui persiapan mudik dengan mobil pribadi yang aman dan hemat. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut ini.

11 Tips Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi dengan Hemat dan Aman

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa persiapan ketika mudik dengan mobil pribadi. Berikut persiapan lengkapnya :

1. Persiapkan kondisi fisik agar tetap prima

Ketika Anda hendak mudik, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah kondisi fisik Anda. Mengemudikan mobil pribadi perlu kondisi fisik yang prima, agar konsentrasi tidak terganggu. Pastikan Anda beristirahat dengan cukup serta mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi sebelum mengendarai mobil. Jika dirasa kurang enak badan, Anda bisa mengundur waktu mudik Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Pastikan kondisi mobil juga prima

Tidak hanya kondisi fisik saja yang harus prima, mobil yang akan Anda setir juga harus prima. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan dan perawatan mobil secara keseluruhan sebelum mudik di dealer resmi Daihatsu. Hal tersebut agar performa mesin prima, dan mengurangi risiko terjadi kecelakaan.

3. Bijak dalam membawa barang bawaan dan penumpang

Persiapan mudik dengan mobil pribadi selanjutnya adalah Anda harus bijak barang bawaan apa saja yang perlu Anda bawa. Selain itu, Anda juga perlu membatasi jumlah penumpang Anda. Pastikan Anda tidak mengangkut penumpang dan barang bawaan Anda melebihi kapasitas maksimal mobil yang sudah ditentukan oleh pabrikan.

4. Membawa uang tunai

Meski zaman sekarang serba digital, alangkah baiknya Anda tetap membawa uang tunai. Seperti diketahui, tidak semua tempat memiliki pembayaran secara digital, contohnya ketika parkir umum, pergi ke WC umum, ataupun kuliner di warung.

5. Menjaga daya baterai dan menyiapkan kuota internet

Di zaman digital seperti sekarang, Anda bisa menggunakan peta digital untuk memudahkan rute perjalanan. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga daya baterai Anda agar ponsel tidak mati tiba-tiba. Untuk menyiasati kondisi tersebut, Anda bisa menyiapkan power bank sebagai pengisi daya darurat. Selain itu, Anda perlu menyiapkan kuota internet.

6. Menyiapkan bekal

Menyiapkan bekal makanan dan minuman saat mudik dapat menghemat biaya pengeluaran. Karena biasanya makanan dan minuman yang dijual di luar memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu, menyiapkan bekal dapat mencegah rasa lapar dan dehidrasi ketika menyetir mobil dengan jarak jauh. 

7. Mempelajari rute

Sebelum mudik, Anda juga perlu mempelajari rute tujuan perjalanan Anda, Hal ini perlu Anda lakukan, agar perjalanan Anda lancar dan tidak terjebak macet. Atau salah informasi terhadap peraturan ganjil genap.

8. Menyiapkan anggaran

Menyiapkan anggaran mudik jauh-jauh hari sangat diperlukan apalagi jika membawa mobil pribadi. Anggaran untuk mudik dengan mobil pribadi terbilang lebih besar, karena Anda perlu mempersiapkan kondisi fisik, mobil, bekal, dan tempat penginapan apabila perjalanannya terlalu jauh.

9. Memastikan kondisi bahan bakar selalu penuh

Persiapan mudik dengan mobil pribadi berikutnya yaitu, Anda harus memastikan tangki mobil Anda terisi penuh. Kondisi tersebut mengantisipasi kehabisan bahan bakar ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh dan macet.

10. Menyiapkan tempat penginapan

Ketika perjalanan mudik Anda terlalu jauh, Anda perlu tempat penginapan untuk beristirahat. Hal ini juga dapat menghindari Anda dari tindak kejahatan pencurian barang seperti di rest area.

11. Membawa semua perlengkapan anak

Jika Anda mudik dengan si kecil, Anda perlu membawa semua perlengkapan anak Anda seperti diapers, tissue, botol minuman, makanan, mainan dan sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai persiapan mudik dengan mobil pribadi yang wajib Anda tahu. Dengan melihat tipd diatas, Anda bisa mudik dengan aman tanpa khawatir.  Semoga bisa bermanfaat, ya! 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku